Gambar mata uang logam Indonesia dari masa ke masa.

Anda sedang menonton: Uang logam indonesia dari masa ke masa

Berdasarkan namanya, mata uang logam adalah uang yang terbuat logam siapa tahu itu nikel, kuningan, ataukah aluminium. Kalau monetary logam jaman dulu sih could terbuat dari kuning mengingat bahwa sejarah Uang dulunya adalah sistem barter yang kemudian diganti mata uang barang berupa barang yang paling banyak used (garam/salary) terus kemudian diganti lainnya dengan kuning dan perak. Tapi mata uang logam terbaru saat ini manfaat bahan bimetal.

Uang logam ataukah bisa disebut mata uang koin tradisional dicetak melalui pemerintah dengam nominal apa kecil, noël sebesar sebagai kebanyakan mata uang kertas. Faktanya, faksi kecil memang lebih banyak tangan kedua masyarakat untuk pembayaran penjualan beli sehari-hari. Enim mang sangat pas kalau membuat dengan berwujud logam. Kalau bahannya kertas, pasti menjadi lebih cepat rusak/lecek.

Di artikel sebelumnyabuycia2.com siap mempublish tulisan uang kertas Indonesia dari masa usai masa. Untuk melengkapinya, kali ini kita perdebatan uang logamnya.

Pecahan mata uang logam Indonesia dari masa ke masa

Sejarah monetary logam memang sudah ada sejak ribuan five yang lalu. Terdiri dari dua sisi yang sisi satunya tulisan in the name dan sisi lainbutuh berupa gambar. Mata uang logam lehernya zaman kerajan konvensional bergambar utama negara / raja. Bentuk dari uang logam kebanyakan kepingan bulat, tapi ada also sih mata uang logam dengan bentuk segi enam dan bolong bagian tengahnya.

Tapi apa akan kita bahas here adalah monetary logam apa pernah membuat oleh bangsa kita tercinta, Indonesia. Country dengan lambang negara burung garuda ini most tidak cantik pernah mencetak sebanyak 15 jenis klik uang logam dengan pengeluaran terkecil 1 sen sampai yang terbesar Rp1.000,00.

Secara information pecahan-pecahan tersebut terdiri dari:

1 sen5 sen10 sen25 sen50 sen (2 jenis)1 rupiah2 rupiah5 rupiah (3 jenis)10 rupiah (3 jenis)25 rupiah (2 jenis)50 rupiah (3 jenis)100 rupiah (4 jenis)200 rupiah500 rupiah (2 jenis)1000 rupiah ( 2 jenis)

Gambar uang logam Indonesia dari masa setelah masa

Setelah kita sudah mengetahui pecahan-pecahan tersebut, saatnya kita perdebatan lebih detail satu per satu to add dilengkapi gambar yang saya yakin become menarik spesial bagi para pecinta monetary / numismatik. Oh ya, buat bahan pembuatnya mempunyai sifat simpan saja lama, maka monetary logam ini become awet dan tentunya makin tua makin mahal harganya dalam menjual beli mata uang kuno buat kalangan kolektor ataupun muncul banyak juga yang digunakan untuk mahar pernikahan.

1. Klik 1 Sen

Uang logam ini adalah pecahan paling kecil dari keutuhan uang logam yang pernah mempan oleh pemerintah Indobesia. Dibuat five 1952 dengan bahan aluminium.

*

Kalau dilihat penampakannya, bentuknya berbunyi dan ada bolong / publik di tengahnya. Di atas salah satu sisinya bergambar bunga mencapai disertai in the name 1 sen, sedang sisi berbeda ada tulisan huruf arab lingkaran Indonesia.

2. Pecahan 5 sen

Penampakan dari mata uang logam dengan biaya 5 sen ini gambarnya mirip dengan cat, dll di atas. Bedanya cuma terdapat di tulisan nominalnya. Untuk tahun keluarnya ada dua jenis, emisi 1951 dan 1954. Terbuat dari bahan aluminium

*

3. Fraksi 10 sen

Untuk fraksi senilai 10 sen ini wujudnya sudah mulai beda dengan uang logam sebelumnya. Sudah tidak ada lagi lubang di tengahnya. Namun di atas emisi 1951 masih terdapat tulisan arabnya. Sedangkan 2 emisi lainnya yaitu five 1954 dan 1957 sudah start menggunakan huruf latin untuk menuliskan nama belakang “Indonesia”nya.

*

Kalau diperhatikan, cat, dll ketiganya tidak ada bedanya. Bagian sisi foto burung garuda, bagian sisi berbeda bertuliskan nominal 10 sen bagian tengah dan dikelilingi tulusan Indonesia serta lima keluarnya. Untuk bahan pembuatnya masih sama menggunakan aluminium

4. Klik 25 sen

Bahan pembuatnya masih keuntungan aluminium juga. Soal gambarnya, bila harus keterangan penjelasannya hampir kemiripan dengan fraksi 10 sen. Perbedaan yang paling mencolok hanya terdapat di ~ tulisan in the name dan lima emisinya. Lima emisi uang logam Indonesia senilai 25 sen ini terdiri dari tahun 1952, 1955 dan 1957.

*

5. Fraksi 50 sen

Pecahan mata uang logam indonesia mencapai nominal 50 sen terdiri dari 2 jenis.

a. Fraksi 50 sen tarik Diponegoro

Seri ini terdiri dari 4 emisi yaitu 1952, 1954, 1955 dan 1957.

*

Kalau dilihat dari penampakan gambarnya potongan salah satu sisi foto pahlawan Diponegoro (yaiyalah makanya dinamakan menyeret diponegoro). Sedangkan sisi sebaliknya hampir noël ada bedanya menjangkau pexahan-pecahan sebelumnya apa lebih dulu kita perdebatan di atas, bedanya cuma terdapat di tulisan nominalnya saja.

b. Fraksi 50 sen aluminium

Terbuat dari aluminium dengan tahun emisi 1958, 1959 dan 1961. Penampakan gambarnya lihat saja gambarnya berikut ini (saya sudah mulailah capek mengetik, hehe)

*

6. Fraksi 1 rupiah

Uang logam indonesia pecahan satu rupiah hanya terdiri dari satu lima emisi saja yaitu five 1970.

*

Sedangkan gambarnya noël terdapat burung garuda. Dot hanya ada burung apa saya sendiri noël tau namanya hihi. Pada burung tersebut tertulis nominal Rp1. Sedangkan kalau dibalik become tampak sisi lainnya apa bertuliskan 1 rupuah dan dikelilingi tulisan financial institution INDONESIA beserta tahun emisinya, 1970.

7. Klik 2 rupiah

Uang logam fraksi ini also terdiri satu emisi saja yaitu 1970. Bahan pemvuatnya dari aluminium. Sedangkan gambarnya, ada bunga dan padi di sana. Desain akibat hampir mirip dengan klik 1 rupiah di atas.

*

8. Faksi 5 rupiah

a. Klik 5 rupiah burung

Kepingan uang koin ini terbuat dari alumunium dan hanya mempunyai lima emisi satu kali saja yaitu tahun 1970.

*

Sisi depan tampak lukis seekor burung mencapai ekor berbohong dan bawahnya tertera pengeluaran nominalnya. Sisi sebaliknya desainnya hampir mirip dengan fraksi 1 dan 2 rupiah di atas.

b. Fraksi 5 rupiah keluarga berencana

Bagian sisi dokter tedapat lukisan keluarga berencana mencapai ayah dan ibu beserta 2 anak. Mereka saling bergandengan dan bagian tepinya dikelilingi lukis padi dan bunga mi serta bagian luarnya ada terdapat tulisan familial BERENCANA – menuju KESEJAHTERAAN RAKYAT.

*

Terbuat dari aluminium dengan banyak five emisi. Emisi pertama lima 1974 tercetak dengan mass lebih besar. Sedangkan emisi berikutnya yakni lima , 1995 dan 1996 tercetak dengan ukuran lebih kecil.

*

9. Fraksi 10 rupiah

a. Pecahan 10 rupiah nickel

Seperti namanya, monetary logam Indonesia fraksi 10 rupiah ini terbuat dari bahan nickel. Five emisi satu saja, yaitu tahun 1971.

*

Gambarnya noel jauh beda dengan yang logam yang lebih dulu telah dilepas dengan nominal yang lebih kecil.

b. Pecahan 10 rupiah kuningan

Dinamakan faksi 10 rupah kuningan untuk bahan monetary logam ini terbuat dari kuningan. Cat, dll salah satu sisinya noël beda dengan yang berbahan nickel di atas. Namun bagian sisi dll tampak beda buat uang mencapai emisi yang kali ini nya pada tahun 1974 ini bergambar Tabanas.

Lihat lainnya: Soal Online Smp Sma Sd Try Out Online Bahasa Indonesia Smp, Tryout Online Gratis

*

c. Fraksi 10 rupiah aluminium

Desain dan gambarnya kemiripan persis dengan apa berbahan kuningan. Bedanya ada di tahun emisinya untuk uang logam 10 rupiah apa bahan pembuatnya dari alumunium ini di keluarkan otoritasnya pada tahun 1979.