Kita telah mengetahui keragaman budaya berupa rumah adat pada pembelajaran sebelumnya. Adakah keragaman biakan lain di Indonesia? deviasi satu keragaman biakan di Indonesia adalah keragaman pakaian adat. Pakaian adat, adalah kostum apa mengekspresikan identitas, yang biasanya dikaitkan dengan utama geografis atau period waktu dalam sejarah. Pakaian adat tambahan dapat unjuk status sosial, perkawinan, ataukah agama. Ayo, lakukan kegiatan berikut.

Anda sedang menonton: Tuliskan keunikan yang terlihat dari setiap pakaian daerah pada gambar


AspekKeterangan
Provinsi ruang angkasa tinggalJawa Tengah
Nama Pakaian AdatJawi Jangkep dan Kebaya
KeunikanJawi Jangkep yang dipakai pria terdiri dari Baju Beskap dengan motif bunga, pakaian bawah berupa jarik apa dililitkan di pinggang dan di ikat mencapai stagen dan sabuk, blangkon, selop, serta aksesori tambahan such keris. Pakaian adat banci dilengkapi mencapai sanggul dan konde.
PenggunaanBaju Jawi Jangkep dan kaya umumnya dikenakan di dalam pernikahan adat Jawa Tengah.

Perbedaan kapak geografis utama Indonesia menindas berkembangnya pakaian adat. Bagi country Indonesia, pakaian adat implisit salah satu properti budaya. Penduduk quận biasanya mengenakan pakaian adat batin peringatan peristiwa atau acara tertentu. Contohnya pakaian adat dikenakan saat acara pernikahan atau tradisi adat daerah setempat.
Di mayoritas daerah, pakaian adat dikelompokkan sesuai kedudukan atau status pemakainya batin masyarakat. Contohnya pakaian raja, terutama suku, atau bangsawan berbeda dengan pakaian adat person biasa.
No.ProvinsiPakaian Adat
1.AcehElee Balang
2.Sumatra UtaraUlos
3.Sumatra BaratBundo Kanduang, LimpapehRumah Nan Gadang
4.JambiMelayu
5.RiauPakaian secara tradisional Melayu
6.Kepulauan RiauTeluk Belanga
7.Sumatra SelatanAesan Gede
8.Kepulauan BabelPaksian
9.BengkuluMelayu
10.LampungTulang Bawang
11.BantenBaju Pangsi
12.DKI JakartaKenaya Encim
13.Jawa BaratKebaya
14.DI YogyakartaKebaya Ksatrian
15.Jawa TengahJawi Jangkep dan Kebaya
16.Jawa TimurPesa’an
17.BaliBaju Safari (pria) dan kebaya Bali (wanita)
18.NTBBaju Adat kesukuan Sasak
19.NTTBaju Adat suku Rote
20.Kalimantan UtaraTaan dan Sapei Sapaq
21.Kalimantan BaratKing Baba (pria) danKing Bibinge (wanita)
22.Kalimantan TengahUpak Nyamu
23.Kalimantan TimurPakaian Adat Kustin
24.Kalimantan SelatanBagajah Gamuling Baular Lulut
25.Sulawesi UtaraKulavi (Donggala)
26.Sulawesi TengahBaju Nggembe
27.GorontaloMukuta (pria) dan Biliu (wanita)
28.Sulawesi TenggaraTolaki
29.Sulawesi SelatanBaju bodo
30.Sulawesi BaratMandar
31.MalukuBaju Cele
32.Maluku UtaraPakaian Manteren Lamo
33.PapuaKoteka
34.Papua BaratEwer

Apa nama belakang pakaian adat daerahmu? tentu saja kamu bangga saat mengenakannya, bukan? Suatu kapan cobalah karena mengenakan pakaian adat dari quenn lain. Itulah deviasi satu cara kita menghargai keragaman pakaian adat di negara kita.
Perhatikan beberapa gambar pakaian adat berikut. Menulis keunikan yang terlihat dari setiap pakaian menyiksa pada gambarGambarKeunikan

*

Pakaian adat pria manfaat penutup utama berupa udeng, pakai baju berupa jas berkerah maupun berbagai tipe baju asal rapi, kamen, saput, keris, serta selendang.Pakaian adat wanita benefit sanggul, kebaya, kamen, hiasan kepala pasang, dan selendang.Dalam acara-acara resmi, pakaian adat pria dan perempuan biasanya tidak memiliki penutup bahu dan lengan.Biasanya manfaat aksesoris tambahan berupa bunga cempaka kuning, bunga cempaka putih, dan bunga kamboja.

*

Baju Adat dari Kalimantan barat disebut raja Baba (untuk pria) dan king Bibinge (untuk wanita).Bahan pembuatannya yakni dari kulit kayu ampuro atau kapuo.Kelengkap hiasan baju adat yang tangan kedua yakni bulu burung enggang. Burung ini individu adalah hewan khas Kalimantan dan siap langka.Pakaian adat feminin dipercantik menjangkau hiasan manik-manik, serta perhiasan gelang dan kalung. Gelang khas yang biasa berpendapatan Jarat Tangan.

*

Pakian pria keuntungan penutup kepala apa disebut mencapai Bendo.Pria mengenakan pakaian jas ambil dan dengan kain dodot. Dilengkapi kalung, dan keris yang diselipkan di pinggang.Pakaian adat perempuan mengenakan kaya dengan ikat pinggang apa disebut mencapai beuber.Kain yang dikenakan adalah kain kebat.Sebagai pelengkap adalah mengenakan mahkota, hiasan haar yang digelung jucung dan diberi untaian bunga.

*

Pakaian adat wanita bernama baju dodo (terbuat dari bahan muslin), sedangkan pria bernama baju balla dada (terbuat dari kain lipa sabbe ataukah lipa garusuk).Pria menggunakan penutup kepala bernama Passapu apa terbuat dari daun lontar.Aksesoris apa digunakan sebagai gelang, keris, selempang atua rante sembang, sapu tangan, kepingan-kepingan logam, kalung, bando emas, dan cincin.

*

Bahan bahan yang digunakan karena pembuatan pakaian adat ini terbuat dari bahan berjenis beludru.Untuk pria menggunakan penutup kepala yang menjulang tinggi.Pria benefit celana cangge dan sarung songket beserta sabuk kuningan.Pakaian wanita benefit penutup kepala apa bernama pesangkon.Sarung songket apa dikenakan pihak banci terbuat dari berwujud benang sutra.

Kamu telah mengetahui keragaman pakaian adat di Indonesia. Sebagaimna bahasa menyiksa kamu also mengetahui bahwa pakaian adat di Indonesia terancam punah.
Diskusikan mencapai kelompokmu, kegiatan what saja apa dapat dilakukan country Indonesia untuk melestarikan pakaian adat di Indonesia.Bacakan hasil diskusi kami di depan Bapak/Ibu guru dan kelompok lain.Di antara kegiatan karena melestarikan pakaian adat di Indonesia, apa yang dapat kalian lakukan segera? Buatlah kesepakatan kelas, lalu laksanakan kesepakatan itu.
Mengadakan acara karnaval pakaian adat saat peringatan days kemerdekaan.Menggunakan pakaian adat pada saat acara pernikahanMenggunakan pakaian adat bersama-sama pada aku tertentu.
Setiap daerah mempunyai pakaian adat. Begitu pula dengan menyiksa Minang di Sumatra Barat. Pakaian adat bagi banci Minang patuh disebut Limpapeh Rumah Nan Gadang.
Pakaian adat Limpapeh Rumah Nan gadang ini terdiri overhead beberapa bagian. Setiap bagian pribadi keunikan masing-masing. Berikut ini adalah bagian-bagian dari Pakaian adat Limpapeh Rumah Nan Gadang.
Bagian paling atas adalah penutup terutama berbentuk lancip (gonjong) menyerupai bentuk atap rumah Minangkabau. Penutup utama ini ditelepon tingkuluak. Namun, para pengantin biasanya diasuh hiasan apa disebut suntiang.
Selanjutnya adalah baju adat apa disebut baju batabue. Baju ini jenuh dengan hiasan benang kuning yang melambangkan properti alam Minangkabau. Corak hiasan benang kuning beragam. Di atas pinggir baju ada batas apa diberi benang kuning dan disebut minsie. Baju bagian bawah berupa bahan atau sarung apa disebut lambak. Kain sarung dapat berupa kain tenun atau kain songket. Perempuan Minang juga mengenakan selendang apa disebut salempang.
Sebagai pelengkap, pakaian adat ini juga dilengkapi dengan perhiasan. Perhiasan yang dikenakan berupa gelang dan kalung. Gelang biasa disebut galang. Kalung biasa panggilan dukuah.
Kamu telah kata sandi bacaan “Keunikan Pakaian Adat banci Minangkabau”. Lakukan aktivitasnya berikut together teman sebangkumu
2. Tuliskan insula baru apa kamu untuk menang dari bacaan tersebut.Tuliskan batin bentuk berikut. Informasi dari Bacaan “Keunikan Pakaian Adat perempuan Minangkabau”
Ide pokok Tiap Paragraf :Paragraf KeIde Pokok
1Pakaian adat wanita Minang adalah Limpapeh Rumah Nan Gadang
2Pakaian adat Limpapeh Rumah Nan celah ini terdiri atas beberapa bagian
3Bagian penutup major berbentuk tajam (gonjong) berpendapatan tingkuluak
4Baju batabue melambangkan wealth alam Minangkabau
5Pakaian adat perempuan dilengkapi gelang dan kalung

Pakaian adat bagi feminin Minang panggilan Limpapeh Rumah Nan Gadang.Pakaian adat Limpapeh Rumah Nan gadang memiliki bagian-bagian apa unikBagian penutup terutama berbentuk atap rumah Minangkabau apa disebut tingkuluak.Baju batabue sepenuhnya dengan hiasan benang emas.Baju potongan bawah berupa bahan atau sarung yang disebut lambak.Wanita Minang juga mengenakan selendang apa disebut salempang.Pakaian adat ini juga dilengkapi dengan jeumpa berupa gelang dan kalung.

Lihat lainnya: Mengenal Bagian Bagian Otak Dan Fungsinya Yang Penting Bagi Manusia


Pakaian adat setiap menyiksa memiliki ciri khas tersendiri, implisit dari provinsi Jawa Tengah. Pakaian tersebut biasanya tangan kedua dalam acara kesenian, pernikahannya hingga upacara adat.
Untuk melestarikan pakaian adat di Indonesia adalah menjangkau mengenakan pakaian adat diatas perayaan acara besar seperti upacara pernikahan, kartinian, wisuda, maupu karnaval