*



Anda sedang menonton: Tanah suci mekah dan madinah

*
*

*
*

Ibadah haji were impian bagi seluruh umat muslim di dunia. Ini dikarenakan ibadah haji tak hanya sekadar ibadah biasa, tapi also sekaligus napak tilas dan perjalanan religi kehidupan nabi di ~ zaman dahulu. Saat anda naik haji, akan ada crowd sekali angkasa suci dan religius apa dikunjungi di Mekkah dan Madinah. Destinasi di Mekkah dan Madinah ini meskipun bukan menjadi bagian dari rangkaian ibadah haji, namun sering dikunjungi malalui jamaah buat ingin merasakan di mana kehidupan umat muslim dan para nabi pada zaman dahulu. Maafkan saya sajakah tempat religi di Mekkah dan Madinah tersebut? 

Masjidil Haram

*
 

Tempat yang were tujuan major orang beribadah haji ini berada di pusat kota Mekkah. Karyawan Haram were tempat penasaran bagi umat muslim untuk keberadaan Ka’bah di dalamnya, apa sekaligus dulu kiblat umat muslim dunia saat beribadah. Di masjid Haram, orang apa beribadah haji akan melakukan tawaf dan sa’i yang menjadi rangkaian di dalam ibadah. Masjidil haram tak just ramai saat monsoon haji saja. Warga sekitar tambahan sering salat di karyawan terbesar di world ini. Bahkan karena mengakomodasi pembayaran di muka jamaah haji tiap tahunnya, Masjidil itu haram terus melakukan perluasan agar kegiatan beribadah memanggang semakin nyaman. 

Bir Ali dan Tan’im

Bir Ali dan Tan’im adalah dua tempat yang terpisah di Mekkah dan Madinah. Biliar Ali berada di Madinah dan menjadi salah satu syarat umrah yang utama. Sedangkan Tan’im berada di Mekkah dan were sunnah umrah. Dua ruang angkasa ini akan their kunjungi saat melakukan salah satu routine haji, yaitu Miqat. Di biliar Ali ada sebuah masjid apa dibangun dekat dengan ruang angkasa berteduh nabi Muhammad SAW diatas zaman dahulu. Ruang angkasa ini dinamakan bilyar Ali, untuk dalam bahasa Arab, bir berarti sumur. Dan memang benar dulunya banyak sumur yang digali melalui salah satu sahabat nabi di ruang angkasa ini. 

Masjid Nabawi

*

Masjid apa berada di pusat town Madinah ini merupakan penyimpangan satu ruang angkasa suci yang kaya ini adalah wisata religi, untuk menjadi bangunan yang dibangun langsung oleh Nabi Muhammad SAW. Karyawan Nabawi menjadi salah satu masjid terbesar yang ada di duniayang dulunya menjadi tempat tinggal Nabi Muhammad experienced sesaat nanti hijrah nanti Madinah, dan juga dijadikan such tempat berkumpul para sahabat Nabi karena sekolah agama. Muncul bangunan karyawan tersebut cantik mengalami perluasan berkali-kali, hingga lampu lebih megah kemudian saat ini. 

Arafah

Padang Arafah dulu puncak dalam ibadah haji sekaligus tempat bertemu bagi seluruh jamaah dari seluruh dunia. Arafah dulu tempat wukuf apa dilakukan setiap tanggal 9 Dzulhijah. Padang Arafah yang berada di sebelah tenggara Masjidil haram di Mekkah ini were tempat perjumpaan Adam dan Hawa di masa lampau. Wukuf di Arafah pribadi filosofi, bahwa hanya kepada Allah-lah manusia akan kembali. Wukuf also saat bagaimana Allah memberikan sebesar-besarnya pengampunan untuk umat manusia.  

Mina

Mina adalah lembah padang pasir yang terletak di sebelah timur Mekkah. Di sini akan banyak ditemukan tenda-tenda para jamaah haji, sehingga lakukan dijuluki kota tenda. Tenda-tenda tersebut memang tidak just berdiri saat monsoon haji saja, namun sepanjang waktu. Mina juga menjadi angkasa pelaksanaan aktivitas lempar jumrah yang dulu salah satu ritual batin haji. Mina merupakan tempat persinggahan para jamaah haji di ~ tanggal 8 Dzulhijah, sehari sebelum does wukuf di Arafah diatas tanggal 9. Setelah does wukuf, jamaah haji akan back ke Mina dan baru melakukan lempar jumrah. Salah satu destinasi Mekkah dan Madinah saat ibadah haji ini sekaligus were tempat pembantaian hewan kurban. Di Mina, ada masjidil Khaif yang dulu tempat Nabi Muhammad saw salat dan melakukan khotbah saat pelaksaan ibadah haji.

Muzdalifah

Tempat terbuka tengah Mekkah dan Mina ini menjadi tempat bermalam jamaah haji ke bertolak dari Arafah. Muzdalifah dulu tempat jamaah mengumpulkan batu dan kerikil untuk pelaksanaan lempar jumroh keesokan harinya. Bermalam (ini di Mina ataukah Muzdalifah?) were kewajiban dalam rangkaian pelaksanaan haji, karena untuk meneladani maafkan saya yang Nabi Muhammad saw pernah lakukan. Bahkan bagi jamaah yang noël bermalam di Muzdalifah akan dikenakan bagus atau dam apa harus dibayarkan. Namun, ada pengecualian bagi orang basi dan wanita apa memang tidak kuat untuk berada di Muzdalifah, mereka boleh bertahan sampai lewat markas besar malam saja. 

Maqom Ibrahim

Ibadah haji tambahan bisa memungkinkan Anda buat mengunjungi Maqom Ibrahim. Angkasa ini bukanlah sebuah makam, melainkan posisi bagaimana itu? nabi Ibrahim AS berdiri dan membangun Ka’bah pantas dengan perintah Allah SWT. Bangunan ini berbentuk layaknya rock prasasti kotak dengan dua publik di di atas dan berada di sisi sebelah timur dari Ka’bah. Menyindirnya ada batu tempat nabi Ibrahim as berpijak dan dikatakan katanya, batu tersebut diturunkan mengikat dengan Hajar Aswad. 

Raudhoh

Tempat apa biasa disebut mencapai taman surga ini merupakan salah satu tempat berdoa yang paling mustajab. Pasalnya, Raudhoh adalah tempat bagaimana Rasulullah SAW menerima wahyu, beribadah, dan sekaligus memerintah salat para sahabat nabi. Tempat mulia ini berada di di dalam Masjid Nabawi di Madinah dan sangat luar biasa indahnya. Tidak hanya napak tilas bagaimana kehidupan nabi di ~ zaman dahulu, Anda also bisa sekaligus mengunjungi makam nabi apa memang berada di satu kompleks apa sama. 

Shofa dan Marwa

Umat muslim tentunya sudah sering mendengar circa bagaimana perjuangan Siti Hajar untuk berlari bolak balik dari Shofa nanti Marwa demi mencari air untuk anaknya, Nabi Ismail AS, yang pada saat akun itu masih mendesak kecil. Hal inilah yang kemudian dijadikan salah satu ritual dalam rangkaian ibadah haji maupun umrah, melakukan sai atau berlari-lari kecil di dua bukit ini. Sai were rangkaian dalam ibadah haji ataupun umrah, karena memiliki filosofi bahwa hendaknya human selalu berusaha dan pantang menyerah saat ingin mencapai keinginan. 

Mata air Zamzam

*

Suatu hal yang umum bagi para jamaah haji apa baru saja selesai menunaikan ibadah di tanah suci adalah membawa air Zamzam sebagai oleh-oleh keluarga di tanah air. Orang muslim pasti cantik sangat paham dan mengenal keistimewaan air apa memiliki kerumunan khasiat dan keberkahan ini. Begitu juga dengan historia munculnya waiting Zamzam diatas zaman nabi Ibrahim AS. Sumur mata waiting Zamzam ini kini berada di Masjidil itu haram di Mekkah.

Lihat lainnya: Tempat Wisata Jakarta Dan Sekitarnya Rekomended

Meski dulunya berupa sumur biasa, kini seiring mencapai banyaknya jamaah haji yang setelah tanah suci, mata waiting Zamzam cantik mengalami perombakan dan perluasan area, hingga crowd disediakan lembut air curam agar jamaah bisa mengambil wait Zamzam mencapai lebih leluasa. 

Dengan melihat kawanan tempat religius yang akan dari mereka kunjungi saat ibadah haji di Mekkah dan Madinah, tentunya membuat keinginan berhaji semakin tinggi. Ayo langsung realisasikan niat haji dari mereka bersama sepasang serta familic tercinta, itu dimulai dari menyiapkan dana untuk keberangkatan dari sekarang.