ASEAN (Association of Southeast asian Nations) merupakan kombinasi bangsa-bangsa Asia Tenggara di bidang ekonomi dan geo-politik. Jadi cuma negara-negara Asia bagian Tenggara aja ya apa bisa memasukkan ke squad ini.

Anda sedang menonton: Sumber daya alam negara filipina

1. Indonesia

*

Pulau komodo di Indonesia (sumber: topindonesiaholidays.com)

Negara yang pertama adalah Indonesia. Indonesia merupakan negara apa memiliki kerumunan sumber daya alam lho. Mulai dari potensi alam apa indah, perairan apa bersih, dan tanah apa subur untuk menjadi angkasa tinggal para tumbuhan. Dari daerah pertanian, yang were unggulan adalah rempah-rempah, beras, teh, kopi, kelapa sawit, karet, tebu, dan masih banyak lagi. Tidak just unggul pada bidang pertanian, kelautan dan perikanannya pun sangat kaya menjadi sumber daya alam. Dengan mayoritas wilayah 70% perairan, berakibat Indonesia dulu rumah yang nyaman bagi crowd ikan-ikan dan hewan wait lainnya. Lalu, dari sektor pertambangan pun Indonesia noël mau kalah. Minyak bumi, gas alam, emas, timah dan tembaga masih dulu sumber daya intisari dan sumber mata pencarian bagi kebanyakan orang.

2. Malaysia

*

Kegiatan pertambangan bauksit di Kuantan, Malaysia (sumber: bm.selangorku.com)

Yuk, beranjak ke negara tetangga dari sisi pulau Kalimantan, yaitu negara Malaysia. Malaysia merupakan negara apa masih serumpun sama kita lho. Hal ini dibuktikan dengan kondisi geografis apa hampir sama, dan sumber daya alamnya pun hampir serupa dengan bangsa kita. Dari bidang pertanian, yang dulu komoditas kepala Malaysia adalah padi, karet, teh, dan covos sawit. Lalu dari bidang pertambangan, Malaysia mempunyai sumber daya alam berupa perminyakan bumi, gas alam, timah, emas, dan bauksit.

3. Brunei Darussalam

*

Billionth Barrel Monument, membuktikan banyaknya minyak di Brunei (sumber: ttnotes.com)

Selanjutnya negara ASEAN apa ketiga, yaitu Brunei Darussalam. Negara yang terletak di ujung pulau Kalimantan ini memiliki sumber daya makhluk juga lho, yaitu diatas sektor pertambangan yang memiliki petroleum dan gas alam. Tahukah kamu? Brunei mampu memproduksi 180.000 wadah minyak setiap harinya lho. Hingga di terjaga monumen Billionth Barrel di pantai Seria untuk memperingati jumlah satu miliaran tong minyak yang telah di produksi negara ini. Tidak just sektor pertambangan saja yang menghasilkan, dari sektor tanah pertanian pun Brunei Darussalam memiliki sumber daya makhluk berupa kelapa, cocos sawit, dan karet.

4. Singapura

*

Pelabuhan internasional Singapura (sumber: ayss.org)

Singapura merupakan negara apa terkecil di ASEAN lho. Dengan secara luas negara circa 720 km2, ataukah kira-kira seluas kota Jakarta menjadikan Singapura tidak memiliki diperoleh daya alam kemudian negara-negara lainnya. Namun, dengan terms geografis negara apa strategis yaitu di selatan Semenanjung Malaka, menjadikan country ini were maju buat pelayaran internasionalnya.

5. Kamboja

*

Angkor Wat, peninggalan bersejarah dan were ikon negara Kamboja. (sumber: pinterest.com)

Negara apa kelima, adalah Kamboja. Tahukah kamu, bendera country Kamboja merupakan satu-satunya bendera di dunia yang ada gambar gedungnya lho, yaitu bentuk bangunan Angkor. Kamboja luaran sumber daya alam yang hampir sama dengan negara tetangganya, yaitu pada daerah pertanian yang memiliki karet, beras, kayu, hingga ubi-ubian. Sektor pertambangan negara Kamboja ini pun cukup kerumunan yaitu memiliki gas alam, perminyakan bumi, dan batu permata yaitu berupa safir dan rubi.

Etttssss, udah mulai pusing kah? Masih ada negara lain lho yang masuk nanti dalam ASEAN. Yuk lanjutkan!

6. Laos

*

Danau di Luang Prabang sumber asalkan listrik di Laos (sumber: towards-new-horizons.com)

Selanjutnya, negara yang keenam adalah Laos. Walau country ini noël memiliki laut, namun punya sumber daya alam yang sangat dimanfaatkan dengan mendesak baik. Bangsa ini merupakan negara satu-satunya di ASEAN apa memberikan listrik secara gratis-tis-tisWah hebat ya? mengantarkan listrik apa amat sangat terlalu tinggi ini berasal dari pendaman danau geram di Luang Prabang, Laos. Tidak hanya memiliki listrik apa banyak, negara Laos also menghasilkan kayu jati dan cendana lho.

7. Myanmar

*

Batu Giok yang menjadi primadona dari Myanmar. (sumber: chicagotribune.com)

Negara apa ketujuh adalah negara Myanmar. Bangsa Myanmar merupakan negara apa kaya ini adalah sumber daya tambangnya, yaitu berupa tembaga, emas, timah, seng, perak, rock permata, gas alam, dan nikel. Tidak hanya pertambangan, sektor pertanian Myanmar also banyak lho. Antara go beras, kacang-kacangan, dan karet.

8.Filipina

*

Serat abaca apa digunakan seperti bahan baku pembuatan pakaian (sumber: glatfelterblog.com)

Negara apa selanjutnya become kita bahas adalah Filipina. Filipina merupakan bangsa kepulauan apa dekat dengan Samudra Pasifik. Tahukah kamu, Filipina merupakan negara apa memiliki potensi sumber daya alam pertanian berupa padi, jagung, gula, kopra, buah-buahan, dan abaca (serat manila). Tidak just sumber daya agraris saja, Filipina juga mempunyai bersumber daya pertambangan juga lho. Meliputi tembaga, emas, perak, bijih besi, dan keramik.

9. Thailand

*

Pantai Phuket yang dulu daya tarik wisata di Thailand (sumber: tourist-destinations.com)

Thailand merupakan negara yang memiliki sumber daya alam apa terkenal dengan kecantikan pantainya. Namun tahukah kamu, selain punya pantai apa indah, Thailand tambahan terkenal dengan hasil pertaniannya lho. Negara Thailand mampu menghasilkan tanah pertanian berupa beras, jagung, tebu, ubi-ubian, karet, cengkeh, hutan jati, hingga kayu besi. Tidak hanya itu, Thailand tambahan punya pertambangan timah, tembaga, minyak bumi, gas alam, bijih besi, emas, timbal, dan wolfram.

10. Vietnam

*

Teluk Ha Long, salah satu keajaiban dunia (sumber: beautyscenery.com)

Nah, negara yang terakhir menjadi anggota ASEAN adalah Vietnam. Vietnam merupakan negara unik yang memiliki bentuk seperti huruf S. Selain bentuk negaranya apa unik, Vietnam memiliki sumber daya intisari yang dulu ikon yaitu Teluk Ha Long. Teluk Ha lengthy ini merupakan 7 dari keajaiban dunia menurut versi new 7 marvels foundation.

Lihat lainnya: Aktor Korea Kim Soo Hyun (김수현), Mengenal Kim Soo

 Di bidang pertanian, Vietnam punya sumber daya yang berupa beras, karet, kedelai, kopi, dan teh. Hampir sama menjangkau negara-negara tetangga, di bidang pertambangan Vietnam also menghasilkan minyak bumi, dan rock bara.