*

buycia2.com buycia2.com. Kehadiran virus corona baru SARS-CoV2 apa menyebabkan pandemi penyakit COVID-19 (coronavirus an illness 2019) apa hampir menonaktifkan seluruh dunia telah menantang para ahli buat mengalahkan viridans tersebut. Berdasarkan kemiripan dengan viridans corona sebelumnya yaitu SARS-CoV apa menyebabkan penyakit sars pada lima 2002-2003 apa lalu, disebut-sebut bahwa viridans ini menjamu sel yang diinfeksinya melalui suatu reseptor di permukaannya sel apa disebut Angiotensin convert Enzyme 2 (ACE2).

Anda sedang menonton: Spike pada virus berfungsi sebagai

Apakah akibat reseptor ACE2 dan peranannya dalam penyakit COVID-19? di bawah ini ulasannya.

Reseptor ACE2

Angiotensin converting enzyme 2 (ACE2) adalah enzim yang menempel di atas permukaan luar (membran) sel-sel di banyak organ, seperti paru-paru, arteri, jantung, ginjal, dan usus. ACE2 bekerja mengkatalisis perubahan angiotensin II (suatu vasokonstriktor peptida) were angiotensin 1-7 (suatu vasodilator). ACE2 resisten aktivitas enzim angiotensin convert enzyme (ACE) dengan mengurangi jumlah angiotensin-II dan curam Angiotensin (1-7) (1). Angiotensin (1-7) bekerja diatas reseptornya dan memberikan berefek vasodilatasi. Mencapai demikian, enzim ACE dan ACE2 bekerja secara berlawanan batin pengaturan tekanan darah. Beraliran metabolisme apa menggambarkan peran ACE dan ACE2 dapat dilihat pada gambar 1.

Gambar 1. Jalur metabolisme angiotensin dulu Angiotensin II dan Angiotensin (1-7) apa melibatkan ACE dan ACE2 (1)

ACE2 merupakan suatu protein membran tipe I apa menembus membrane sebanyak sekali (single transmembrane), mencapai bagian yang aktif secara enzimatik berada di ~ permukaan sel di paru-paru dan jaringan lain. Potongan ekstrasel ACE2 dapat dipotong dari potongan trans-membrannya melalui enzim lain yang dikenal dengan namu sheddase, form protein apa larut dan ini adalah masuk usai pembuluh darah buat kemudian diekskresikan melalui air seni (2).

Hubungan ACE2 menjangkau SARS-CoV2

Dari kejadian epidemi sars pada lima 2002-2003, para peneliti telah digali bahwa viridans SARS-CoV (penyebab SARS) dapat masuk setelah dalam sel inangnya mencapai berikatan dengan ACE2 seperti reseptornya (3). Protein spike (yang berbentuk sebagai paku-paku apa menancap pada permukaan) jawaban bi-side SARS-CoV memiliki afinitas ikatan yang kuat dengan ACE2 human berdasarkan studi interaksi biokimia dan analisis struktur kristal (4). Ikatan menjangkau reseptor ACE2 inilah yang akan help virus SARS-CoV masuk nanti dalam sel inangnya. Jika dibandingkan, ternyata protein spike SARS-CoV2 (atau viridans Covid-19) memiliki 76,5% kesamaan sekuen asam amino menjangkau SARS-CoV (5), dan protein spike mereka benar-benar homolog.. Chapter ini artinya kedua coronavirus ini luaran cara yang sama untuk menginfeksi sel inangnya. Apa lebih memukau adalah penemuan bahwa nampaknya jawaban bi-side SARS-CoV-2 dapat mengidenifikasi reseptor ACE2 umat ​​manusia secara lebih efisien liêu SARS-CoV, apa menyebabkan lebih tingginya kemampuan SARS-CoV2 untuk menular dari manusia setelah manusia (6). halaman ini dibuktikan dengan sangat mudahnya viridans Covid-19 ini menyebar nanti seluruh dunia sampai menyebabkan penyakit menular dunia mode dibandingkan SARS-CoV. Adapun adanya ekspresi ACE2 apa berlebihan pada umat ​​manusia akan meningkatkan keparahan dari diseases infeksi Covid-19.

Gambar 2. Ikatan virus SARS-CoV mencapai reseptor ACE2 di permukaan sel dulu jalan memasukkan virus ke dalam sel (2)

Mengapa komplikasi COVID-19 diatas paru-paru dan kanal cerna?

Menggunakan jaringan paru tangga dari 8 orang penyumbang dewasa, Zhao et al (2020) menjumpai bahwa 83% sel yang mengekspresikan ACE2 adalah sel epitel alveolus tipe II (alveolar epitel type II/AECII) yang membuat sel-sel ini seperti menjadi reservoir viridans (7). chapter ini menjelaskan mengapa gejala COVID-19 adalah di ~ saluran nafas dan paru-paru dulu organ yang most rentan terdampak virus. Diketahui juga adalah bahwa protein ACE2 tambahan terekspresi tinggi di ~ sel-sel epitel usus, yang berfungsi sebagai co-receptor bagi masuknya nutrient usai dalam usus, terutama adalah asam amino dari makanan (8). hal ini tambahan menjelaskan mengapa gejala COVID-19 tidak hanya terjadi pada saluran pernafasan, tetapi juga saluran cerna. Kawanan pasien apa mengalami gangguan kanal cerna such diare, sakit perut, dll, sebelum akhirnya terbukti aktif COVID-19. Selain itu, reseptor ACE2 also dijumpai pada sel-sel luarnya paru yaitu diatas jantung, ginjal, endothelium (9). Adanya ekspresi ACE2 di berbagai body organ lain ini berkontribusi terhadap kejadian disfungsi multi body organ (multi-organ dysfunction) yang sering dijumpai di ~ pasien COVID-19 yang parah.

Pengembangan Obat bertarget diatas ACE2

Dengan semakin dipahaminya peran ACE2 terhadap masuknya jawaban bi-side Covid-19, para ahli mencoba mengembangkan obat apa bertarget di atas ACE-2. Menggunakan kultur sel dan organoid, Monteil et al, peneliti dari Karolinska Institut Swedia dan university of brother Columbia (UBC) Canada saat ini sedang menguat suatu human recombinant soluble angiotensin-converting enzyme 2 (hrsACE2). Mencapai adanya bentuk ACE2 yg larut (soluble) sebagai protein target yang dapat berikatan dengan viridans Covid-19, maka diharapkan viridans yang tien ACE2 di permukaan sel become berkurang sehingga sel yang terinfeksi dulu berkurang. Chapter ini terbukti dari penelitiannya di ~ sel Vero E6, bahwa paparan hrsACE2 dapat canggung masuknya jawaban bi-side Covid-19 nanti dalam sel (10).

Mekanisme lain obat yang bertarget di atas ACE2 adalah pengikatan/perubahan pada ACE2 sehingga memberikan hambatan terhadap virus Covid-19 apa akan peri ACE2, sehingga tambahan dapat prevalensi masuknya virus usai dalam sel inangnya. Such contoh adalah chloroquine dan hydroxychloroquine, bagaimana mereka dapat menghambat glikosilasi ACE2, yang menyebabkan berkurangnya afinitas protein spike virus SARS-CoV terhadap reseptor ACE2 (11).

Saat ini dunia masih menunggu penemuan-penemuan obat baru untuk melawan COVID-19 apa telah meluluh-lantakkan banyak negara di dunia, baik yang bertarget diatas ACE2 maupun diatas tahap-tahap lain hayatnya virus Covid-19.

Sebagai catatan, obat golongan inhibitor ACE seperti kaptopril, enalapril lisinopril, dan golongan angiotensin receptor blocker (ARB) sebagai valsartan, irbesartan, noel memiliki tautan langsung dengan enzim ACE2. Memang ada kontroversi yang berangkat dari sasaran penelitian di ~ hewan bahwa obat-obat ACEi dan ARB dapat meningkatkan ekspresi ACE2, namun hal itu belum terbukti di atas manusia. Namun sampai saat ini, noël ada bukti objektif bahwa penggunaan obat-obat tersebut memperparah gejala COVID-19. Untuk itu, beberapa pegang profesi terkait sebagai Heart failure Sociaty the America (HFSA), American college of Cardiology (ACC), and American love Association (AHA) merekomendasikan untuk meneruskan penggunaan obat-obat ACEI dan ARB pada pasien COVID-19 apa telah benefit sebelumnya, untuk manfaat obat tersebut lebih besar karena mencegah komplikasi asibe hipertensi yang noël terkontrol (12).

Penulis : Prof. Dra. Apt. Zullies Ikawati, PhD

Sumber gambar depan : https://www.prosci-inc.com/ace2-antibodies

Referensi

Chappell CM, Marshall AC, Alzayadneh EM, Shaltout HA, Diz DI, 2014, update on the angiotensin converting enzyme 2-angiotensin (1–7)-Mas receptor axis: fetal programing, sex differences, and also intracellular pathways, Frontiers in Endocrinology, 4: (1-13)Patel VB, Clarke N, Wang Z, pan D, Parajuli N, Basu R, et al. (2014). Angiotensin II induced proteolytic cleavage of myocardial ACE2 is mediated through TACE/ADAM-17: a hopeful feedback mechanism in the RAS. Newspaper of Molecular and Cellular Cardiology. 66: 167–7610.Li F, Li W, Farzan M, Harrison SC (2005) struktur of sars coronavirus Spike receptor-binding domain complexed with receptor. Science 309:1864–1868Xu X, chen P, Wang J, Feng J, Zhou H, Li X, Zhong W, Hao p (2020) advancement of the novel coronavirus indigenous the recurring Wuhan outbreak and also modeling the its Spike protein for threat of human transmission. Sci China Life Sci. https ://doi.org/10.1007/s1142 7-020-1637-5Hashimoto T, Perlot T, Rehman A, Trichereau J, Ishiguro H, Paolino M, Sigl V, Hanada T, Hanada R, Lipinski S, Wild B, Camargo SM, Singer D, Richter A, Kuba K, Fukamizu A, Schreiber S, Clevers H, Verrey F, Rosenstiel P, Penninger JM (2012) ACE2 links amino mountain malnutrition to microbial ecology and also intestinal infammation. Nature 487(7408):477–481Ding Y, he L, truong Q, huang Z, Che X, Hou J, Wang H, Shen H, Qiu L, Li Z, Geng J, Cai J, Han J, Li X, Kang W, Weng D, Liang P, Jiang S (2004) Organ circulation of serious acute respiratory syndrome (SARS) associated coronavirus (SARS-CoV) in sars patients: ramifications for pathogenesis and viridans transmission pathways. J Pathol 203:622–630Vincent MJ, Bergeron E, Benjannet S, Erickson BR, Rollin PE, Ksiazek TG, Seidah NG, Nichol ST. , 2006, Virol J.

Lihat lainnya: Cara Menghapus Musik Di Iphone Anda, Cara Menghapus Musik Dari Iphone, Ipod Dan Ipad

2005 Aug 22;2:69.