Kegiatan ekonomi adalah kegiatan apa dilakukan malalui manusia untuk memperoleh barang dan jasa, karena memenuhi kebutuhan dan mencapai kemakmuran hidupnya. Deviasi satunya dengan cara mengolah sumber daya intisari dari lingkungan. Setiap kanton di Indonesia memiliki kegiatan ekonomi yang berbeda-beda, biasanya pengaturan kenampakan intisari dan sumber daya alam apa ada di sekitarnya.

Anda sedang menonton: Rangkuman materi tema 8 kelas 5


*

Pertanian, perkebunan dan pertambangan merupakan aktivitas ekonomi yang ada di dataran tinggi. Sedangkan perdagangan kawanan dijumpai di dataran rendah. Aktivitas perikanan biasa dilakukan oleh social pesisir pantai. Padi padi dan tanah pribadi dilakukan di quenn perdesaan buat tanahnya masih luas. Namun, muncul kita dapat melakukan usaha penanaman diatas lahan sempit, misalnya mencapai cara hidroponik (penanaman mencapai media air) atau vertikultur (cara defisit tanam mencapai menempatkan media tanam batin wadah yang disusun secara vertikal).
Peternakan membutuhkan lahan apa luas. Hewan-hewan yang diternakkan antara lain sapi, kambing, domba, itik, dan ayam. Selain itu, ada tambahan peternakan ulat sutra. Kepompong ulat sutra dapat untuk menghasilkan serat berwujud baku bahan sutra. Yang memanfaatkan secara langsung diperoleh daya alam di bidang usaha ekstraktif. Kita hanya mengambil sumber daya alam tanpa harus mengolahnya terlebih dahulu. Such berburu, pertambangan, dan penebangan hutan.
*

Perindustrian adalah aktivitas mengolah nyata mentah menjadi barang setengah memanggang atau barang jadi. Industri kecil biasanya dilakukan dalam dengan peralatan, modal, dan tenaga kerja di dalam jumlah lebih kecil. Contohnya perajin mebel dan pembuatan kenal dan tempe. Industri geram biasanya dilakukan di pabrik menjangkau peralatan, modal, dan tenaga kerja di dalam jumlah besar. Contohnya industri gerbong dan industry tekstil
Perdagangan adalah setiap orang hal yang berhubungan mencapai kegiatan menjual beli. Pelaku dalam kegiatan ini disebut pedagang. Kegiatan berdagang dilakukan melalui pedagang besar, pasar, toko dan warung. Contoh barang yang biasa diperjual antara lain jernih makanan, pakaian, kendaraan, alat elektronik dan kebutuhan rumah tangga. Perdagangan juga dapat dilakukan antarnegara, misalnya kegiatan ekspor dan impor. Ekspor adalah usaha mengirim dan jual barang dilepas negeri. Impor adalah usaha input dan pembelian barang dari luar negeri.
Jasa adalah kegiatan yang dilakukan seseorang dengan cara memberikan pelayanan kepada orang lain karena mendapatkan imbalan berupa uang. Jasa apa dihasilkan tidak dapat dilihat, akan tetapi dapat dirasakan. Contoh pekerjaan yang jual jasa adalah guru, pengacara, dokter, montir mobil, jasa keuangan, menginstruksikan wisata, dan sebagainya.
Sebagian terlalu tinggi usaha pertanian dikelola secara perorangan. Usaha ini pribadi modal terbatas. Petani pun kelola dan menggarapnya sendiri.
Usaha menyamai secara perorangan biasanya berskala kecil dan sedang. Contoh usaha berdagang antara lain, pedagang asongan, pedagang keliling, pedagang feet lima, pedagang di pasar, warung, dan belanja kelontong.

Lihat lainnya: Not Angka Piano Melukis Senja Budi Doremi, Not Angka Pianika Lagu Budi Doremi Melukis Senja


*

Contohnya usaha salon, fotokopi, bengkel, potong rambut, dan penjualan pulsa. Usaha tersebut menghasilkan jasa yang noel dapat dilihat, tetapi dapat dirasa manfaatnya
Sektor industri yang dikelola pribadi merupakan industri rumahan. Contoh industri rumahan antara go usaha kerajinan memanggang berupa pembuatan keramik, souvenir, tembikar, anyaman, dan mebel.
*