buycia2.com - pasangan Calon (paslon) gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum menang di dalam Pilgub Jabar. Mereka meraih voice sebanyak 7.226.254 ataukah 32,88 persen.

Anda sedang menonton: Perolehan suara pilgub jabar 2018

Paslon gubernur nomor urut 2, TB Hasanuddin-Anton Charliyan memperoleh 2.773.078 voice atau 13,62 persen. Sementara paslon nomer urut 3, Sudrajat-Syaikhu memperoleh 6.317.465 suara atau 28,75 persen.

Paslon nomor urut 4, Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi diperoleh 5.663.198 suara atau 25,77 persen. Dari nomor tersebut, jumlah seluruh suara sah 21.979.995 lembar.

Pengumuman menemani itu disampaikan melalui Kabag hukum dan humas KPU Jabar, Teppy Darmawan didepan Saksi, Bawaslu, ketua KPU dan seluruh apa hadir di ruangan.

Setelah pengumuman, kursi KPU Jabar, Yayat Hidayat mengetok pembusuk dan dilanjutkan mencapai penandatangan cerita rekapitulasi.

"Rekapitulasi pilgub jabar sah," ujar Yayat.

Sebelumnya, KPU RI mengapresiasi taraf kepemilihan masyarakat pada Pemilihan gubernur (Pilgub) dan pilkada serentak 2018 di 16 Kabupaten town di Jawa west meningkat 71 persen.

Hal tersebut penyingkapan Komisioner KPU RI, Pramono disela Rapat menyelesaikan rekapitulasi tujuan penghitungan suara tingkat provinsi yang tertua gubernur dan wakil gubernurnya Jawa west 2018 di KPU Jawa barat jalan Garut town Bandung, Minggu 8 Juli 2018.

Meski begitu, persentase tersebut masih kurang sopan dari target nasional yang menginginkan penggunaan hak suara di 2018 menjangkau 73 persen.

"Masih kurang (tingkat nasional). Namun, kesadaran berpolitik masyarakat di tingkat menyiksa perlahan naik," katanya.

"Jawa barat dari 63 persen diatas 2013, sekarang 71 persen di 2018, upaya apa dilakukan teman - teman itu harus kita apresiasi," lanjutnya.

Lihat lainnya: Bogor Diguyur Hujan, Ketinggian Air Katulampa Hari Ini : Siaga 3, Puncak Bogor

‎Selain itu, Pramono juga berterima kasih kepada empat pasangan calon di Pilgub Jabar telah mengedapankan persaingan sehat. Meski dinamika politika masih panas, Pramono mengingatkan kepada tim pemenangan dan para calon karena menjaga sportivitas dalam menyikapi sasaran penghitungan voice nanti.

"Telah berkompetisi sehat, rivalitas politik yang ada mungkin dijaga dengan kapak baik, kita terjaga sportivitas karena menerima hasilnya, ada persaingan, konstenstasi, tapi yang penting akun itu harus ada spirit sportivitas," jelasnya.


PKS akui kemenangan Rindu, Prabowo pilih tunggu penghitungan suara selesai 100 %Sudrajat-Syaikhu kalah di Jabar, Prabowo tuding ada 'tuyul' ikut nyoblosRekapitulasi KPU kota Bandung, Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul won telakBeda menjangkau PKS, Gerindra belum akui kekalahan di Pilgub JabarPermudah kombinasi dengan utama daerah, Ridwan Kamil menjadi bikin grup WAReal counting menangkan Rindu, PKS dinilai secara de facto akui kekalahanKeakraban Ridwan Kamil dan Romahurmuziy saat perdebatan hasil Pilgub Jabar