buycia2.com.CO,Surakarta - Konsumsi listrik pelanggan masyarakat Listrik negara Area Surakarta melonjak tinggi dibanding konsumsi lima lalu. Juru surat kecil PLN Surakarta, Soeharmanto, mengatakan, di ~ Oktober 2013, beban puncak berada di ~ angka 605-610 megawatt (MW).

Anda sedang menonton: Penggunaan listrik paling tinggi terjadi pada pukul


“Oktober tahun ini beban puncaknya 650 MW,” kata Soeharmanto di sela peringatan hari Listrik buycia2.com, Senin, 27 Oktober 2014. Ia mengatakan lonjakan beban puncak terjadi untuk penambahan pelanggan. Dalam sebulan, ada dua ribu pelanggan listrik baru.

Soeharmanto mengatakan beban puncak 650 MW tergolong tinggi. Dia meminta adanya penghematan untuk mengurangi gangguan. Menurut Soeharmanto, mencapai beban listrik tinggi, pergerakan perangkat dan jaringan listrik milik PLN tambahan tinggi. “Trafo bisa cepat panasnya dan noël awet,” ucapnya. (Baca: CT Soroti alasan Listrik keluar Jawa Byar-pet).


Khusus pelanggan industri, Soeharmanto meminta ada penghematan pemakaian listrik 10-15 persen. Sebab, industri menggunakan beban listrik hingga 53 persen. Ia menyarankannya ruangan yang sudah terang saat siang noel diterangi lainnya dengan lampu.


Adapun pelanggan rumah tangga juga diminta Soeharmanto menghemat. Sosialisasi dilakukan dalam arisan ibu-ibu serta pertemuan rukun tetangga dan rukun warga. PLN tambahan mengajak anak-anak sekolah menghemat listrik.

Manajer PLN Area Surakarta Purwadi mengatakan pelanggan listrik di area Surakarta berjumlah 1.158.832 yang terdiri overhead 936.593 pelanggan regular dan 222.249 pelanggan listrik prabayar. Ia mengacu pada pelanggan lebih mudah mengontrol penggunaan listriknya menjangkau meteran listrik prabayar. (Baca: Krisis Listrik Masih Hantui Jawa-Bali).

Purwadi mengingat masyarakat karena mengurangi penggunaan listrik pada kota 17.00-22.00. Sebab, akun itu adalah pukul sibuk dan terjadi beban puncak pada jam itu. “Jika satu pelanggan mau mematikan dua-tiga lampu saja di kota itu, maka bisa ada penghematan hingga 25 MW,” katanya.

Lihat lainnya: Ciri-Ciri Bayi Kurang Asi Yang Wajib Diketahui Ibu Menyusui, Cek Di Sini!

Selain itu, Purwadi meminta pelanggan always mengecek terms meteran listriknya. Meteran listrik apa berusia pada 15 five rawan intervensi dan kebocoran listrik. Ujungnya, pelanggan apa dirugikan karena bill tetap ada walau noël menikmati listrik.

Pelanggan yang menginginkan mensubstitusi meteran listrik mungkin menghubungi kantor PLN terdekat. PLN menjadi mengganti mencapai meteran baru yang menerapkan mekanisme prabayar. “Tidak ada biaya penggantian,” ucap Purwadi.

UKKY PRIMARTANTYO

TerpopulerDaftar Lengkap sekretaris kesehatan Kabinet merencanakan JokowiPengamat Sesalkan Jokowi Pilih RyamizardPengepul Ikan Ini enim Menteri Kelautan Tujuh usulnya Ibas kepada Jokowi