Di Indonesia organisasi Islam Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah sangatlah terkenal. Pendiri dari organisasi Nahdlatul Ulama ialah Kyai Haji Hasyim Asy’ari sedangkan pendiri memegang Muhammadiyah ialah Ahmad Dahlan. Namun tahukah kami bahwa guru pendiri kedua organisasi Islam tersebut, orang apa sama, yaitu Syekh Ahmad Khatib as Sambas. Tak hanya itu, kedua pendiri memegang Islam terbesar di Indonesia memiliki peran apa luar biasa karena perjuangan Indonesia. Penasaran nggak sih biografi guru mereka Syekh Ahmad Khatib together Sambasi. Untuk kita penasaran silakan simak terus dibawah ini Yukk…


*
*

Biografi Syekh Ahmad Khatib as Sambasi

Nama belakang Syekh Ahmad as Sambasi ialah Sambasi apa berarti adalah putra dari sambas atau Kalimantan. Beliau merupakan seorang fasih tarekat dan ditanggapi sebuah tarekat qodariyah qodiriyah naqsabandiyah apa banyak kita jumpai dan tersebar di negara air. Ahmad chatib lahir di Kalimantan. Buat tanggal lahirnya noel ada kepastian dan tidak terlacak secara pastinya. Kehidupan beliau atau masa hidupnya lebih kawanan beliau habiskan di Mekah hingga akhir wafatnya yaitu pada lima 1878 Masehi. Selama hidupnya Syekh Ahmad Khatib as Sambasi mendeklarasikan hidupnya, mengabdikan hidupnya untuk mendedikasikan ilmu agama apa dikuasainya, beliau menjadi seorang guru hingga menjelang di atas hayatnya.

Anda sedang menonton: Pendiri organisasi islam di indonesia


Ada sebuah pendapat menarik dari cerdik Hurgronje. Menurutnya Syekh nawawi al-bantani tetap demo sikapnya yang netral terhadap manuver thoriqoh, namun Syekh nawawi al-bantani firmicutes mengakui sebagai pengikut ataukah murid seorang guru terlalu tinggi Syekh Ahmad Khatib as-Sambasi.


Karya dari Syekh Ahmad Khatib as Sambasi

Seperti para ulama berbeda Syekh Ahmad Khatib as Sambasi tambahan memiliki sebuah karya apa sangat terkenal. Karya tersebut sangatlah tersubur dan also membawa pengaruh tahan lama terhadap praktik sufisme di daratan negara Melayu. Karya tersebut adalah kitab Fath Al Arifin yang artinya kemenangan orang-orang miliki makrifat. Kitab tersebut berisi circa panduan praktis cara berzikir dan berdoa serta pengalaman sebuah inskripsi tertentu tidak punya putus. Menurut pendapat beliau Syekh Ahmad Khatib together Sambasi chapter itu merupakan bagian major dari sebuah aktivitas tarekat.

Pengaruh luasbutuh Syekh Ahmad Khatib as Sambasi

Dikutip dari buku Madrasah Tsanawiyah Kelas 9 booker sejarah budaya Islam mengatakan bahwa Syekh Ahmad Khatib together Sambasi mempunyai pengaruh yang luas. Murid-murid beliau berasal dari berbagai belahan penjuru dunia. Such halnya Syekh nawawi Al Bantani. Murid beliau berbeda ialah Haji Muhammad Syahdan Haji Fadil dari Malaysia. Terdapat 2 mahasiswanya Syekh Ahmad Khatib together Sambasi yang memiliki pengaruh besar yakni mendirikan organisasi besar Islam di Indonesia, yaitu Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama. Dia Kyai Haji Ahmad Dahlan dan Kyai Haji Hasyim Asy’ari.

Pengaruh dari tarekat yang dikembangkan melalui 2 muridnya dari Malaysia Haji Muhammad Syahdan Haji Fadil di Johor kesuksesan menghimpun kurang lebih 14.000 pengikut yaitu sekitar five 1940 an.

Lihat lainnya: ✔ Contoh Soal Fiqih Kelas 2 Semester 1 Dan Kunci Jawaban Revisi 2021


Nah itulah guru dari pendiri pegang Islam terbesar di Indonesia Syekh Ahmad Khatib together Sambasi.