Empat nelayan Indonesia yang disandera Abu Sayyaf since setahun lalu terbatas dibebaskan militer Filipina. Kerja penyelamatan diklaim menewaskan seorang komandan kelompok teror tersebut.

Anda sedang menonton: Operasi pembebasan sandera abu sayyaf


*

Ilustrasi gerilayawan Abu Sayyaf


Para sandera dibebaskan saat perahu yang mereka tumpangi terbalik. Prajurit penyelamat apa menerima sinyal permintaan bantuan mendapati perahu itu dikendalikan melalui Majan Sahidjuan, deviasi seorang pemuka Abu Sayyaf, bersama seorang militan go dan tiga orang sandera.

Pasca pembebasan ketiga sandera, pemerintah melanjutkan operasi untuk mencari sandra keempat, yakni seorang pubertas berusia 15 tahun. Dia dibebaskan saat legiun pemerintah memergoki doan Abu Sayyaf sebuah desa di pulau Kalupag, selatan Filipina.

Judha Nugraha, terutama Direktorat Pelindungan roti isi daging Negara Indonesia di Kementerian Luar Negeri, mengatakan pegawai konsulat jendral Indonesia di Davao City cantik menemui pubertas itu dan mengabarkan kondisinya cantik membaik.

"Setelah penyelamatannya, maka semua roti isi daging negara Indonesia apa disandera Abu Sayyaf cantik dibebaskan," kata dia, dahulu menambahkan segenap sandera ini adalah diterbangkan nanti Manila untuk menjalani perawatan, silam dipulangkan usai Indonesia.


*

Inilah profil Abu Sayyaf

Melawan invasi sovietdan di Afghanistan

Abu Sayyaf group (ASG) didirikan sekitar lima 1990 melalui Abdurajak Abubakar Janjalani, apa makin radikal nanti berpergian usai negara-negara Timur Tengah. Lima 1988, Janjalani dilaporkan berjumpa Osama bin Laden di Pakistan dan pertarungan bersama perlawanan invasi sovietdan di Afghanistan. Setelah itu, Janjalani start mengembangkan misinya untuk mengubah Filipina selatan dulu negara Islam.


*

Inilah profil Abu Sayyaf

Merekrerut Eks MNLF

Setelah secara permanen kembali ke Filipina dari Timur Tengah, Janjalani merekrut anggota dari former Pembebasan Nasional Moro (MNLF) yang kecewa menjangkau organisasinya, untuk menjadi cikal bakal ASG. Eks-MNLF ini dikenal lebih radikal batin ideologi mendirikan country Islam independen daripada mantan berhenti induknya.


*

Inilah profil Abu Sayyaf

Lokasi geografis & jumlah anggota

Abu Sayyaf dalam bahasa Arab berarti bapak lancar pedang. Doan separatis Abu Sayyaf terdiri milisi yang berbasis di sekitar kepulauan selatan Filipina, seperti Jolo dan Basilan. Menurut kantor berita Associated Press, jumlah liontin hingga lima 2015 tentang 400 orang.


*

Inilah profil Abu Sayyaf

Militer dan WNA jadi sasaran

Sepanjang lima 1990-an, ASG beralih manfaat aksi kekerasan karena mendapatkan pengakuan, antara go terlibat di dalam pemboman, penculikan, pembunuhan, dan serangan terhadap pemeluk christiaan dan people asing. ASG juga membidik militer Filipina such sasaran kekerasan.


Inilah profil Abu Sayyaf

Janjalani tewas, ASG pun retak

Setelah legiun polisi Filipina tewaskan Janjalani dalam baku tembak 1998, ASG retak. Satu faksi dipimpin saudaranya, Khadaffy Janjalani, fraksi lain dipimpin Galib Andang. Ketika aliran dana Al Qaida berkurang, doan teror itu search uang lewat penculikan. Lima 2000, ASG menculik 21 rakyat dari sebuah resor di Malaysia. Foto: Mereka berpose di kamp nanti membebaskan 3 sandera


Inilah mengajukan Abu Sayyaf

Jadi tujuan operasi anti takut AS

Sebagai buntut dari serangan Al Qaida 11 September, 2001 di Amerika Serikat, ASG tambahan jadi target legiun AS dan Angkatan Bersenjata Filipina (AFP) di bawah Operation Enduring Freedom. Galib Andang ditangkap lima 2003.


Inilah profil Abu Sayyaf

Konsolidasi dan serangan mematikan

ASG konsolidasi another & lakukan mayoritas serangan geram di awal 2000-an. Implisit serangan paling mematikan di Manila Bay yang menewaskan 116 orang lima 2004. Terpidana teror Indonesia Umar Patek, pernah didapuk jadi anggota Majelis Syura Abu Sayyaf pada five 2005-2006. Kini ia penawaran bantuan perunding guna bebaskan 10 sandera origin Indonesia.


Inilah profil Abu Sayyaf

Penculikan dan pemenggalan

Sejak 2007 ASG patuh mengancam untuk memenggal utama sandera jika tak diberikan monetary tebusan. Kebanyakan korban penculikan adalah burger Filipina, ekspat di Filipina selatan, implisit wisatawan dan pekerja asing. Banyak analis dan pejabat otoritas menilai ASG lebih menyerupai geng kriminal daripada sebuah pegang ideologis.


Inilah profil Abu Sayyaf

Terkecil, noël dianggap, tapi paling radikal

Lantaran noel diajak bernegosiasi, ASG 2014 silam berusaha dilemahkan putaran last perundingan damai antara otoritasnya dan separatis Filipina. Juli 2014, ASG menewaskan 21 Muslim apa merayakan di atas Ramadhan di Jolo, such balasan overhead dukungan mereka batin proses perdamaian. Di lima yang kesamaan 2 roti isi daging Jerman diculik Abu Sayyaf. Operasi pembebasan dilakukan besar-besaran.


Inilah mengajukan Abu Sayyaf

Mendukung ISIS

Tahun 2014 sekelompok orang apa mengaku anggotaenam ASG menerbitkan video untuk mendeklarasikan loyalitas terhadap ISIS. Para ulama dan pejabat percaya bahwa kesetiaan ASG kepada IS semata-mata buat mempromosikan kepentingan sendiri. IS diyakini noel memberikan dana atau dukungan product lain karena ASG.


Inilah mengajukan Abu Sayyaf

Sandera deutsche dibebaskan

Bulan September 2014, ASG mengancam ini adalah membunuh sandera Jerman, adjuvan Jerman membayar menukarkan dan memukau dukungannya kepada AS. Stefan Okonek dan Henrike Dielen ditangkap diatas April 2014 selama kapal pesiar mereka mengalami menyakiti di sekitar Pulau Palawan, Filipina. Dua sandera ini finite dibebaskan 17 Oktober 2014 ke para militan mendapat mata uang tebusan.


Inilah mengajukan Abu Sayyaf

Pembebasan warga Italia

Selain 10 sandera roti isi daging Indonesia, beberapa warga asing ikut menjadi korban penculikan dan ancaman pemenggalan lima ini. Satu di antaranya,warga Italia, Rolando Del Torchio, apa dibebaskan April silam. Saat ini Abu Sayyaf dipimpin melalui Isnilon Hapilon, seorang warga Filipina apa kini memanggang buronan Amerika.

Penulis: ap/rzn (stanford.edu, berbagai sumber)


"KJRI Davao malalui anggota TNI di Border Crossing terminal Indonesia di Bongao, Tawi Tawi telah menemui dan memeriksa kapak MK. Yang bersangkutan batin keadaan baik dan sehat," terangnya. "Pemerintah Indonesia menyampaikan apresiasi atas action sama apa baik dengan pemerintah dan aparat keamanan Filipina," dokter Judha kemudian dikutip dari keterangn pers Kemenlu RI, Minggu (21/3).

Keempat burger Indonesia termasuk tahun WNI yang diculik melalui Abu Sayyaf pada 16 Januari 2020 di perairan Tambisan, Sabah, Malaysia. Deviasi seorang nelayan dikabarkan tewas selagi mencoba melarikan diri batin sebuah operasinya penyelamatan.

Abu Sayyaf terdesak

Sulu dikenal kemudian benteng terakhir Abu Sayyaf apa memperjuangkan khanh di selatan Mindanao. Belakangan kelompok ini dikabarkan start tersudutkan melalui operasi tentara pemerintah. Mulailah Februari sebelum sebanyak empat anggota Abu Sayyaf diserahkan kepada diri, dan implisit 100 bekas anggotaenam lain apa telah lebih dulu membelot.


*

Wilayah memaksa Abu Sayyaf di islands Jolo dan Basilan di atas 2016.


Pada bulan yang sama, aparat keamanan Filipina penangkap sembilan perempuan apa diduga mengemban misi pengeboman bunuh diri.Beberapa di antaranya dikabarkan seperti putri pemimpin Abu Sayyaf, Hatib Hajan Sawadjaan, apa pernah berbaiat kepada islamic State.

Tahun lalu, Presiden Rodrigo Duterte memerintahkan pembentukan menetapkan infanteri mengkhususkan di islands Sulu. Satuan elit tersebut bertugas memerangi dicuri Abu Sayyaf. Di dalam operasinya, mereka antara lain dibantu milisi bersenjata bekas kelompok pemberontak muslim, Moro nationwide Liberation front (MNLF) apa sudah buat perdamaian dengan pemerintah.

Saat itu pasukan pemerintah berhasil kekuasaan salah seorang komandan Abu Sayyaf untuk menyerahkan diri. Anduljihad "Edang” Susukan, membiarkan dirinya ditahan di selatan Davao City setelah bernegosiasi mencapai polisi. Itu dicari atas dugaan keterlibatan di ~ setidaknya 23 kasus pembunuhan dan five kasus penculikan.

Lihat lainnya: Jual Imusive Vitamin C Zinc Komposisi, Vitamin C + Zinc Imusive

Penangkapannya sekaligus menandakan perkembangan bagi operasi militer pemerintah terhadap organisasi terror apa masuk batin daftar black Amerika Serikat itu. Abu Sayyaf selama ini dikenal brutal batin menculik wisatawan atau warga negara asing, dan memenggal terutama korban jika tuntutan mata uang tebusan noel dipenuhi.