Rukun iman yang dulu pedoman bagi seorang muslim adalah mempercayai menjadi adanya aku akhir atau kiamat. Termasuk believed adanya hari-hari sesudah terjadinya kiamat seperti bangkitnya manusia dari alam kubur hingga keputusan untuk masuk surga atau neraka.

Anda sedang menonton: Nama-nama neraka dan penghuninya

Jika kita seperti manusia selalu menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya menjadi mendapat ganjaran berupa surga, dan sebaliknyamaka nerakalah angkasa kembalinya. Seperti seorang Muslim, untuk kita wajib untuk mengetahui nama-nama neraka dan penghuninya kemudian pengingat agar kita selalu berhati-hati di dalam bersikap dan berperilaku. Apa sajakah nama-nama neraka tersebut? Mari kita simak bersama-sama.


1. Neraka Hawiyah


*
Pexels/Bob Clark

Yang pertama, neraka Hawiyah adalah tempat yang diperuntukkan such ganjaran bagi orang apa ringan timbangan amalnya, apa dalam artis adalah mereka apa mengerjakan jenis bercampur dengan vice selama hidup di dunia. Umat Muslim yang perilakunya noel sesuai menjangkau ajaran Islam di dalam kesehariannya dan tersirat di antaranya adalah, temukan rezeki mencapai cara yang noël halal dan batil serta memakan harta riba akan laid di di dalam neraka Hawiyah sebagaimana terdapat di dalam Firman Allah suratnya Al-Qaari"ah ayat 8-11 apa berbunyi.

وَأَمَّا مَنْ خَفَّتْ مَوَازِينُهُ فَأُمُّهُ هَاوِيَةٌوَمَا أَدْرَاكَ مَا هِيَهْنَارٌ حَامِيَةٌ

Artinya: "Dan adapun orang apa ringan timbangan (amal kebaikannya), maka angkasa kembalinya adalah Neraka Hawiyah. Dan tahukah kamu apakah Neraka Hawiyah itu? (yaitu) api yang sangat panas (QS. Al-Qaari"ah: 8-11)


2. Neraka Jahim


*
Unsplash/Andy Watkins

Selanjutnya ada neraka Jahim such tempat apa disediakan Allah buat menyiksa orang-orang musyrik atau apa menyekutukan Allah dan dosanya sangat besar dan tidak akan pengampunan oleh-Nya. Halaman ini termaktub batin Firman Allah surat As-Syu"araa ayat 91-92 yang berbunyi.

وَبُرِّزَتِ الۡجَحِيۡمُ لِلۡغٰوِيۡنَۙ

وَقِيۡلَ لَهُمۡ اَيۡنَمَا كُنۡتُمۡ تَعۡبُدُوۡنَۙ

Artinya: "Dan diperlihatkan dengan jelas neraka Jahim kepada orang-orang apa sesat dan dikatakan kepada mereka, "Di apa berhala-berhala apa dahulu kamu sembah?" (QS. As-Syu"araa: 91-92)

Neraka ini juga disebutkan batin Surat At-Takaatsur ayat 6 yang artinya bahwa neraka ini tambahan akan dulu tempat kembalinya orang-orang yang sombong dan shang pamer atas harta kekayaan yang mereka memiliki sehingga lalai dari pulih Allah.

لَتَرَوُنَّ الۡجَحِيۡمَۙ

Artinya: "Niscaya kau akan benar-benar melihat neraka Jahim" (QS. At-Takaatsur: 6)


3. Neraka Saqar


*
Pexels/Pixabay

Selanjutnya ada neraka Saqar apa disediakan Allah untuk menyiksa orang-orang munafik apa mengingkari dan mendustakan perintah Allah dan Rasul-Nya, termasuk di antaranya adalah rakyat yang tidak melaksanakan salat lima waktu yang hukumnya wajib ataukah fardu bagaimana itu? NabiShalallahu "alaihi wasallambersabda bahwa batas antara keimanan dan kekafiran adalah ditinggalkan salat lima waktu tersebut. Dahsyatnya siksa neraka Saqar individu terdapat di dalam Firman Allah batin Surat Al-Mudatsir ayat 42-44 apa berbunyi.

مَا سَلَـكَكُمۡ فِىۡ سَقَرَ

قَالُوۡا لَمۡ نَكُ مِنَ الۡمُصَلِّيۡنَۙ

وَلَمۡ نَكُ نُطۡعِمُ الۡمِسۡكِيۡنَۙ

Artinya: "Apa apa menyebabkan kamu masuk ke dalam (neraka) Saqar? Mereka menjawab, "Dahulu kalian termasuk orang-orang yang noël mengerjakan shalat dan kita (juga) noel memberi makan people miskin" (QS. Al-Mudatsir: 42-44)


4. Neraka Lazha"


*
Pixabay/ZERIG

Selanjutnya ada neraka Lazha" yang dikenal untuk apinya yang menyala-nyala dan most panas sehingga saking panasnya, kulit terutama orang-orang apa disiksa dot sampai lelehkan dan terkelupas dari tulang tengkorak mereka. Kedahsyatan siksa di neraka tersebut such yang difirmankan Allah di dalam Surat Al-Ma"arij ayat 15-18 apa artinya adalah such berikut.

"Sama sekali tidak! Sungguh, neraka (Lazha")itu api yang bergejolak apa mengelupaskan kulit kepala.Yang panggilan orang yang membelakangi dan yang berpaling (dari agama), dan orang apa mengumpulkan (harta benda) lalu menyimpannya." (QS. Al-Ma"arij: 15-18)

Selain itu, disebutkan pula bahwa neraka Lazha" diperuntukkan bagi mereka apa berpaling dan mengingkari what yang diperintahkan oleh Allah dan RasulullahShalallahu "alaihi wasallamdan orang-orang apa serakah di dalam mengumpulkan harta dan pelit terhadap sesamanya.


Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks


Baca Juga: 10 Hewan apa Pasti memasukkan Surga dalam Islam, Dijamin di dalam Al-Qur"an


5. Neraka Huthamah


*
Pixabay/947051

Neraka yang satu ini merupakan sebuah apa disediakan melalui Allah buat menyiksa orang-orang yang suka bergosip dan mengumpat atau berkata tercemar serta orang-orang apa serakah dalam mengumpulkan harta dan noël mau menginfakkan hartanya di cara Allah dan juga enggan dibayar zakat.

Panasnya api neraka Huthamah juga sangat panas melebihi api di dunia, dan mereka tambahan akan disiksa sesuai dengan perbuatan mereka selama di dunia. Misalnya orang-orang yang serakah dalam urusan harta, harta benda mereka ini adalah dilelehkan dan cairannya akan dituangkan setelah mulut mereka hingga sikap mereka hancur lebur. Kedahsyatan siksa neraka ini sebagaimana terdapat dalam Surat Al-Humazah ayat 4-9 apa berbunyi.

كَلَّا ۖ لَيُنۢبَذَنَّ فِى ٱلْحُطَمَةِ

وَمَآ أَدْرَىٰكَ مَا ٱلْحُطَمَةُ

نَارُ ٱللَّهِ ٱلْمُوقَدَةُ

ٱلَّتِى تَطَّلِعُ عَلَى ٱلْأَفْـِٔدَةِ

إِنَّهَا عَلَيْهِم مُّؤْصَدَةٌ

فِى عَمَدٍ مُّمَدَّدَةٍۭ

Artinya: "Sekali-kali tidak! Sesungguhnya dia benar-benar menjadi dilemparkan setelah (neraka) Huthamah dan tahukah kamu apakah menyertainya (neraka) Huthamah? (yaitu) api (yang disediakan) Allah apa dinyalakan, yang (membakar) sampai nanti hati. Sesungguhnya api (neraka) itu ditutup rapat-rapat atas mereka, (sedangkan mereka itu) diikat pada tiang-tiang yang panjang. (QS. Al-Humazah: 4-9)


*
ilustasi neraka (pixabay.com/intographics)

Kemudian ada apa namanya neraka Sa"ir yang isinya adalah orang-orang yang mengingkari tertinggi dan kekuasaan Allah dan mereka shang merampas atau memakan harta anak yatim padahal Allah dan Rasul-Nya memerintahkan kita such orang yang beriman karena mencintai dan mengasihi mereka. Halaman ini sebagaimana termaktub di dalam Firman Allah surat Al-Mulk ayat 5 apa berbunyi.

وَلَقَدْ زَيَّنَّا السَّمَاۤءَ الدُّنْيَا بِمَصَابِيْحَ وَجَعَلْنٰهَا رُجُوْمًا لِّلشَّيٰطِيْنِ وَاَعْتَدْنَا لَهُمْ عَذَابَ السَّعِيْرِ

Artinya: Sesungguhnya kami telah menghiasi langit apa dekat mencapai bintang-bintang dan kalian jadikan bintang-bintang menemani itu alat-alat buku copyrisher setan, dan kami sediakan bagi mereka siksa neraka apa menyala-nyala. (QS. Al Mulk: 5)


*
Pixabay/Alexas_Fotos

Kemudian ada neraka Wail yang dihuni melalui orang-orang apa curang dan culas di dalam berdagang dan berniaga yang biasanya mereka suka mengurangi takaran atau timbangan, calo barang dagangan, atau bisa juga berbohong soal kondisi barang dagangan demi mendapat keuntungan apa banyak dan melimpah seperti yang terdapat di dalam Surat Al-Muthaffifin ayat 1-3 apa berbunyi.

وَيْلٌ لِّلْمُطَفِّفِيْنَۙ الَّذِيْنَ اِذَا اكْتَالُوْا عَلَى النَّاسِ يَسْتَوْفُوْنَۖ وَاِذَا كَالُوْهُمْ اَوْ وَّزَنُوْهُمْ يُخْسِرُوْنَۗ

Artinya: "Celakalah bagi orang-orang yang curang, (yaitu) orang-orang apa apabila penerimaan takaran dari setiap orang lain mereka bertanya tentang dipenuhi. Dan apabila mereka menakar atau menimbang untuk orang lain, mereka mengurangi." (QS. Al-Muthaffifin: 1-3)

Di itu sangat bagus Allah mengazab mereka menjangkau membakar seluruh barang dagangan dan memasukkannya nanti dalam mulut mereka. Selain itu, neraka ini tambahan diperuntukkan bagi mereka apa melalaikan salat kemudian yang difirmankan malalui Allah dalam Surat Al-Ma"un ayat 4-5 yang artinya.

"Maka celakalah bagi orang-orang yang salat, yaitu mereka yang telah melalaikan salatnya." (QS. Al-Ma"un: 4-5)


*
Unsplash/Felix Weinitschke

Yang terakhir, neraka yang paling sering disebut crowd orang dan pula disebut batin Al-Qur"an adalah neraka Jahannam yang terkenal sebagai neraka yang paling dalam dan paling berat siksaannya dan penghuni dari neraka ini adalah orang-orang kafir dan musyrik apa secara terang-terangan memahami keesaan Allah dan menentang ajaran dan konsep Rasulullah Shalallahu "alaihi wasallam.Allah suku neraka ini di deviasi satu Firman-Nya dalam Surat Al-Hijr ayat 43-44 yang berbunyi.

وَاِنَّ جَهَنَّمَ لَمَوْعِدُهُمْ اَجْمَعِيْنَۙ لَهَا سَبْعَةُ اَبْوَابٍۗ لِكُلِّ بَابٍ مِّنْهُمْ جُزْءٌ مَّقْسُوْمٌ

Artinya: "Dan sebenarnya (neraka) Jahannam akun itu benar-benar tempat yang telah diancamkan kepada mereka (para vasal setan) semuanya. (Neraka) Jahannam akun itu mempunyai tujuh pintu. Setiap pintu (telah ditetapkan) buat golongan tertentu dari mereka" (QS. Al-Hijr: 43-44)

Dengan mengenal dan mengetahui delapan nama-nama neraka serta penghuninya, sebagai seorang Muslim diharapkan agar senantiasa berbuat baik. Harapan kita bisa ~ mengambil hikmah dari artikel ini agar kita semakin meningkatkan ketakwaan untuk kita kepada Allah dan dijauhkan dari siksa neraka di akhirat kelak.

Lihat lainnya: Batu Hajar Aswad Berasal Dari Mana, Sejarah Hajar Aswad Dan Asal Mulanya

Baca Juga: 7 Keutamaan Berzikir setelah Menunaikan Salat Wajib, Jalan memasukkan Surga


*
proved Writer Wimantyo Resi H.

hanya orang biasa apa ingin pemandangan dunia.


IDN waktu Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Setiap orang karya tulis apa dibuat adalah full tanggung jawab dari penulis.