buycia2.com, champa - Peristiwa Rengasdengklok terjadi diatas 16 Agustus 1945. Peristiwa ini dikenal untuk penculikan Sukarno-Hatta malalui golongan anak laki-laki dengan tujuan karena segera mandatnya proklamasi.

Anda sedang menonton: Mengapa soekarno hatta diculik oleh para pemuda ke rengasdengklok

Golongan muda tersebut diwakili melalui Wikana, Sukarni, chairul Saleh, Asmara Hadi, Subadio Sastrosatomo, Sajuti Melik, dan lainnya yang menculik Sukarno-Hata dengan dorongan pemuda karena segera memproklamasikan khanh Indonesia.


Rengasdengklok dipilih menjadi tempat penculikan Sukarno-Hatta karena tempat tersebut sudah sepenuhnya dikuasai melalui Pembela tanah Air (PETA).

Sukarno-Hatta bersepakat dengan doan pemuda sekitar pelaksanaan Proklamasi khanh Indonesia di angkasa ini.

Sebelum penculikan terjadi, adanya pertengkaran dan perdebatan perbedaan pendapat antara golongan bocah dengan Sukarno-Hatta.

Rapat ini terjadi 15 Agustus 1945 dalam Soekarno jalur Pegangsaan Timur nomor 56 Jakarta.

Penculikan terjadi karena golongan muda menganggap posisi Sukarno-Hatta mendesak mudah dipengaruhi dan terpengaruh melalui Jepang.

 


Media sosial dihebohkan mencapai dijualnya surat menikah dan cerai milik Ir Sukarno dan Inggit Garnasih. Namun kini unggahan tersebut telah dihapus dari akun yang sebelumnya mengunggah di Instagram.


2 dari 5 halaman

Rapat mengenai penculikan Sukarno-Hatta


*

Perbesar
Foto presiden pertama Indonesia di rumah Pengasingan Sukarno dan Mohammad Hatta di Rengasdengklok, Karawang, Jawa Barat, Kamis (16/8). Rumah ini menjadi tempat penyusunan teks proklamasi kanchi Indonesia. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)
Setelah adanya selisih pendapat antara golongan muda dengan Sukarno-Hatta, wikika dan Darwis menuju usai salah satu markas golongan muda di jalan Cikini 71.

Kemudian golongan muda mengadakan rapat di jalur Menteng 31 apa tempatnya lebih luar, rapat ini also diikuti oleh doan Soekarni dan PETA, di kutip dari Antara.

Karena adanya selisih pendapat tersebut, golongan anak laki-laki menganggap posisi Sukarno-Hatta sederhana dipengaruhi dan terpengaruh melalui Jepang.

"Salah satu pemuda, yaitu Johar Noor, kemudian mengusulkan buat menculik Sukarno-Hatta. Pemuda yang lain setuju. Kemudian dipilih Rengasdengklok yang were salah satu markas PET," kata sejarawan Rusdhi Hoesein, dilansir Antara.

Sutan Syahrir noël setuju dengan rencana tersebut ke mendengarnya dari Soebadio yang noel hadir rapat. Tetapi dengan keputusan cantik dibuat, Sutan tidak bisa berbuat apa-apa

 


3 dari 5 halaman

Hari penculikan Sukarno-Hatta terjadi


*

Perbesar
Sukarno dan Hatta adalah 2 nama yang tak bisa dipisahkan dari khanh negeri ini.
Pukul 04.30 di ~ 16 Agustus 1945, Sukarno-Hatta dijemput golongan anak laki-laki dari rumah masing-masing. Golongan muda membagi dua tugas untuk menjemput Soekarno dan Hatta.

Fatmawati, istri Soekarno menggambarkan para golongan muda yang menjemput suaminya dengan berpakaian seram, terlihat bawa pistol dan sebagian bawa sebilah pisau.

"Dengan gaya jagoannya, dialah (salah seorang pemuda) mencabut pisaunya menjangkau mata terbelalak berseru, "Berpakaianlah Bung.., cantik tiba waktunya. Aku mengenal penyimpangan satu tengah mereka, di antaranya Sukarni,"" ucap Fatmawati.

Golongan muda mendesak Sukarno-Hatta karena mengumumkan kanchi Indonesia. Sukarno menolak untuk mengumumkannya.

Adanya desas-desus kekalahan Jepang dari Sekutu batin Perang world ke-II apa sudah terdengar, tetapi belum ada pernyataan resmi circa kekalahan itu.

Fatmawati ikut mencapai Sukarno menggunakan mobil Fiat hitam apa meluncur setelah sebuah secara spasial yang noël diketahuinya.

Dalam gambarannya ruang angkasa tersebut seperti pos penjagaan. Diketahui lokasi tersebut berada di Jatinegara.

Saat dalam perjalanan, ketersediaan berikan padaku anak Fatmawati, guntur tertinggal. Finite mobil Fiat tersebut mengambil susu tersebut di Pegangsaan.

Sukarno-Hatta bersama familial dipindahkan ke sebuah van yang disopiri Iding. Alasannya golongan bocah memindahkan untuk sedan terlalu besar untuk melewati jalur menuju gawangnya akhir.

Ternyata menemani itu merupakan siasat Sukarni dan yang lainnya agar supir tersebut tidak tahu ini adalah dibawa kemana Sukarno-Hatta.

Sukarno-Hatta tiba di Rengasdengklok kyung pukul 07.00 disambut oleh seluruh anggota PETA. Dibawa usai rumah milik seorang pemimpin peta Djiaw Kie Siong, Rengasdengklok agar menyudahi mendeteksi pergerakan tentara Jepang jika menuju angkasa itu.

Sukarno-Hatta di bawa ke sebuah ruangan berlantai papan, tidak punya meja dan kursi. Hanya ada tikar pandan. Rupanya temat ini merupakan kamarnya tidur para pasukan PETA.

 


*

Soebardjo mendapat laporan dari sekretarisnya kota 08.00 WIB bahwa Sukarno-Hatta hilang dari Jakarta.

Setelah menemani itu Soebardjo menelpon Markas Angkatan laut Jepang buat memberitahu Laksamana bocah Tadashi Maeda bahwa Sukarno-Hatta hilang.

Soebardjo khawatir Sukarno-Hataa diculik penguasa military Jepang dan keselamatannya terancam, karena itulah Soebardjo meminta bantuan Maeda. Lalu Maeda memerintahkan Nishijima search informasi.

Nishijima mendatangi wikana dirumahnya dan bertanya circa keberadaan Sukarno-Hatta. Wikana bersinar gugup dan gelisah selama menjawab ketidaktahuannya mengenai keberadaan Sukarno-Hatta.

Dengan desakannya, wakana mengatakan gerakan kanchi harus diperjuangkan, bukan sebagai upah yang diterima dari orang lain, meskipun harus dicapai mencapai kekerasan.

Wikana menyatakan ini adalah mendatangkan Soekarno-Hatta agaknya keselamatan mereka menjamin Maeda. Maeda ini adalah mendukung proklmasi kemerdekaan Indonesia. Then Soebardjo membujuk kembali Sukarno-Hatta ke Jakarta dengan memberikan lega bahwa khanh Indonesia ini adalah segera terlaksana.

 


*

Kesepakatan yang terjadi di jakarta antara golongan perilaku yang di wakili Ahmad Soebardjo menjangkau golongan muda yang diwakili Wikana. Detik golongan tersebut sepakat proklamasi khanh akan dilaksanakan di Jakarta.

Dengan kesepakatan tersebut, Ahmad Soebardjo dijemput melalui Soebardjo untuk kembali ke Jakarta.

Soebardjo menjanjikan kepada golongan muda apa berada di Rengasdengklok bahwa Proklamasi kemerdekaan Indonesia menjadi di laksanakan di atas 17 Agustus 1945 paling lambat jam 12.00 WIB.

Lihat lainnya: √ Lupa Efin Pajak? Cara Mengaktifkan Kembali Npwp Secara Online

Dengan jaminan proklamasi khanh tersebut, Soekarno Hatta diizinkan kembali ke Jakarta. Dan didefinisikan Proklamasi khanh Indonesia diproklamirkan Sukarno dengan didampingi Hatta di atas Jumat,17 Agustus 1945.