Fenomenal adalah kata apa tepat untuk menggambarkan karyawan Al- Irsyad di kawasan perumahan town Baru Parahyangan, Padalarang, Bandung, Jawa west ini. Masjid tanpa kubah tersebut dibangun oleh arsitek muda Ridwan Kamil.

Anda sedang menonton: Masjid ridwan kamil kota baru parahyangan

Bentuk karyawan sekilas hanya seperti kubus besar laiknya bentuk bangunan Kabah di Arab Saudi. Menurut sang arsitek batin berbagai media, kubah hanya bagian dari identitas budaya, sehingga dia lebih memilih buat menampilkan identitas keislaman malalui kalimat syahadat raksasa. Kalimat ini ditampilkannya malalui susunan bata pembentuk dinding masjid.

Dengan konsep ini, dari luar terlihat garis-garis warna hitam di sekujur dinding masjid. Jika dicermati, kisi-kisi dinding dengan susunan bata bolong ini form dua kalimat syahadat batin huruf Arab. Teknik ini menjadikan tubuh bangunan layaknya sebuah artian kaligrafi tiga dimensi dengan massa yang mendesak besar.

Selain itu, kisi-kisi tersebut berfungsi sebagai penerangan apa bersifat saling dan sangat artistik. Siang hari, cahaya bawaan matahari ini adalah menembus usai ruang dalam. Di ~ momen ini, cahaya tersebut terlihat kemudian sebuah elemen digital yang membentuk dua kalimat syahadat. Pada malam hari cahaya dari di dalam masjid menjadi memancar keluar, form kaligrafi syahadat apa berpendar.

*

Masuk setelah ruang utama masjid, sejauh mata memandang lampu ruang kubus berkarpet merah hitam memanjang. Noël terlihat detail dekorasi layaknya masjid diatas umumnya. Di bagian atap terdapat 99 kotak persegi yang merupakan shine penerang. Uniknya, benar di ujung setiap kotak terdapat guratan yang form satu asma Allah. Jika gelap mulailah menyelimuti, sebuah keindahan pun terhampar. Sembilan puluh sembilan kotak persegi itu ini adalah memancarkan 99 Asma’ul Husna.

Mihrab juga berbeda dengan karyawan lainnya. Mihrab berbentuk lorong persegi itu melarang di bagian dokter dan secepatnya menghadap pegunungan yang sangat indah. Mihrab dan mimbar diletakkan menjorok di atas sebuah kolam. Sebuah rock bulat ukiran lafaz Allah Swt. Diposisikan benar di markas besar mihrab yang terbuka. Rock ini merupakan simbol untuk mencegah people lewat di dore imam.

*

Panorama pegunungan tersebut memperlihatkan superioritas pengenangan alam. Siapa pun apa tengah bermunajat nanti hadapan-Nya dan lanskapnya pemandangan tersebut become merasa sangat kecil sehingga diharapkan umat ​​manusia agar selalu rendah hati.

Pada lima 2010 nationwide Frame membangun Association memilih masjid Al-Irsyad seperti salah satu dari lima besar “Building that The tahun 2010” kategori arsitektur religius. Treatise bangunannya apa ramah lingkungan pun menjadikan karyawan ini diganjar diberikan FuturArc environment-friendly Leadership award 2011 malalui Building building and construction Information (BCI) Asia.Tidak dapat dimungkiri, masjid ini adalah satu mahakarya artian bangunan kontemporer apa mendobrak pakem- pakem tradisi bentuk masjid.

Lihat lainnya: 9 Pasangan " We Got Married Guest List, Wishimkorean

Berbagai diberikan kelas dunia apa telah disematkan padanya berunjuk bahwa karyawan ini noel dibangun untuk sekadar ke tahap beda.

*