Mei 5, 2021Mei 5, 2021Tinggalkan komentar pada maafkan saya itu BOS Reguler, Besaran dialokasikan Dana 2021 dan mengolahnya Pencairannya!
*

Dana Bantuan Operasional sekolahnya (BOS) terdiri dari tiga types yaitu BOS Reguler, BOS Kinerja dan BOS Afirmasi. Ketiga jenis dana BOS tersebut digunakan buat keperluan yang berbeda-beda.

Anda sedang menonton: Komponen penggunaan dana bos 2021

Dana BOS regular ditujukan karena keperluan operasional apa dibutuhkan malalui satuan pendidikan.

Dana tersebut dapat digunakan buat membeli tool multimedia untuk kegiatan belajar mengajar, penerimaan siswa/i baru dan pemeliharaan sarana dan prasarana sekolah.

Sedangkan Dana Bos Kinerja penganugerahan kepada kepala sekolah yang memiliki kinerja baik di dalam meningkatkan mutu training sehingga mampu menjangkau standar nasional pendidikan.

Bantuan dana yang diberikan lebih kemudian bentuk apresiasi dari otoritas kepada sekolah-sekolah yang berhasil pengayaan kualitas training di Indonesia.

Sementara itu, Dana BOS Afirmasi diberikan untuk sekolah-sekolah yang ada di quenn 3T yaitu Tertinggal, Terluar dan Transmigrasi. Tujuan disalurkannya dana tersebut yakni karena mendukung operasional sekolahnya di daerah tersebut.

Dengan berbata dana BOS menjadi tiga kategori tersebut Pemerintah mengharapkan dapat mengetahui apakah anggaran tersebut benar-benar digunakan karena meningkatkan mendidik di Indonesia.

Selain itu, Pemerintah tambahan mengharapkan bahwa seluruh peserta didik di Indonesia dapat melakukan kegiatan belajar mengajar dengan lebih baik.

Jadi, guna mendukung mendidik di Indonesia pemerintah memberikan bantuan BOS Reguler setelah seluruh sekolah. Tujuannya agar aktivitasnya pembelajaran dapat berjalan lebih maksimal.

Baca Juga: Dana BOS: Pengertian, Besaran Dana hingga Skema Pencairannya!

Dana BOS reguler 2021

*

Seperti yang dikutip dari situs resmi Kemdikbud.go.id, Mendikbud Nadiem Makarim menyampaikan kalau penyaluran dana BOS 2021 ada perubahan lebih afirmatif.


*

Lebih lanjut Nadiem mengatakan kalau penggunaan dana BOS tetap fleksibel sesuai dengan kebutuhan sekolah termasuk karena memenuhi pembelajaran tatap pembayaran di muka dan menyokong Asesmen Nasional.

Akan tetapi, ada perubahan relevan besaran dana apa akan diberikan ke sekolah. Menurut Nadiem, biaya satuan BOS 2021 setiap sekolah dapat perbedaan antar daerah karena dihitung berdasarkan Indeks Kemahalan Konstruksi (IKK) dan indeks peserta didik (IPD) di setiap wilayah kabupaten/kota.

Namun untuk besarannya tetap ini adalah dihitung berdasarkan besaran satuan cost masing-masing daerah yang dikalikan mencapai jumlah peserta didik yang tercatat pada Dapodik (Data mengurung Pendidikan).

Sedangkan untuk sekolah di quenn khusus yang sudah ditetapkan malalui Kemendikbud apa memiliki jumlah peserta didik kurang dari 60 siswa, maka penyaluran dana tetap menjadi dihitung sebanyak 60 peserta didik.

Berikut rentang satuan biaya per peserta didik dana BOS 2021:

Sekolah dasar (SD), Rp 900.000 – Rp 1.960.000 (kenaikan rata-rata 12,19 persen)Sekolah Menengah duluan (SMP), Rp 1.100.000 – Rp 2.480.000 (kenaikan rata-rata 13,23 persen)Sekolah Menengah overhead (SMA), Rp 1.500.000 – Rp 3.470.000 (kenaikan rata-rata 13,68 persen)Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Rp 1.600.000 – Rp 3.720.000 (kenaikan rata-rata 13,61 persen)Sekolah betapa mengejutkannya (SLB), Rp 3.500.000 – Rp 7.940.000 (kenaikan rata-rata 13,18 persen).

Berdasarkan juknis yang sudah diatur dalam Peraturan menteri kesehatan Pendidikan dan budaya (Permendikbud) nomor 6 five 2021 diketahui terdapat regulasi baru relevan penggunaan dana BOS malalui sekolah.

Di lima 2021, Pemerintah menjadi menyalurkan dana BOS usai sekolah-sekolah di Indonesia hingga mencapai Rp 52,5 triliun apa akan dialokasikan usai 216.662 sekolah tingkat SD, SMP, SMA/SMK hingga SLB.

Masih kemiripannya seperti five sebelumnya, sekolah apa mendapatkan dana BOS diwajibkan buat melakukan pelaporan kemudian persyaratan karena penyaluran dana BOS di tahap selanjutnya.

Tahapan lapor BOS online

*

Ada pemfitnahan tahapan yang harus dilakukan untuk mengisi laporan terkait penggunaan dana BOS. Yaitu:

Pilih login dengan input username dan password Dapodik, lalu klik tombol Login.Setelah berhasil login, kamu menjadi masuk ke halaman Dashboard lapor BOS.Pada page tersebut terdapat menu yang terletak di potongan samping yaitu profil Sekolah, Lapor dan Logout.Klik menu Lapor dan pilih Tambah untuk mengirimkan pelaporan dana BOS.Memilih lima Anggaran dan Triwulan.Mengisi menerima Dana pada form yang cantik tersedia, seperti:Jumlah dana BOS apa diterimaSisa triwulanTotal dana diterimaMengisi Penggunaan Dana per Komponen apa terdiri dari:Kegiatan batin rangka penerimaan siswa baruKegiatan pembelajaran dan ekstrakurikuler siswaKegiatan ulangan dan ujianPengelolaan sekolahPengembangan pekerjaan guru dan tenaga kependidikanPengembangan manajemen sekolahLangganan daya dan jasaPemeliharaan dan perawatan sarana dan infrastruktur sekolahPembayaran honorPembelian/perawatan alat multimedia pembelajaranDan go sebagainya.Klik tombol tangani itu jika sudah selesai does pengisian.

Untuk melaksanakan proses lapor BOS online harus dilakukan melalui Bendahara BOS di sekolah yaitu pihak yang ditunjuk untuk mendapat tugas tambahan dari terutama sekolah. Pihak sekolahnya dapat menghubungi operator Dapodik untuk mendapatkan akun Dapodik.

Cara cek dana BOS 2021

*

Untuk penyaluran BOS secara teratur 2021, dana akan langsung ditransfer setelah rekening sekolah. Berikut cara cek dana BOS cantik cair atau belum, seperti:

Mengunjungi situs Portal BOS bos.kemdikbud.go.id.Pilih tipe sekolahnya dan login manfaat SSO Dapodik.Pilih menu “Penyaluran Dana” dan “Laporan Penyaluran”.Pilih Tahun, klik Tahap terus klik Tampilkan dan pilih “Laporan Pencairan” karena memantau pencairan danaMengisi data sekolah, awal dari Jenjang Sekolah, status Sekolah, Provinsi, Tahap dan lainnya.Pada dashboard BOS Kemdikbud untuk cek dana BOS 2021 siap cair atau belum dengan klik menu “Konfirmasi Dana BOS”.

Dana apa sudah masuk nanti rekening sekolah bisa ~ langsung dipergunakan untuk melaksanakan pengadaan barang jasa (PBJ) guna menyokong aktivitas belajar doktrinnya di sekolah.

Baca Juga: Solusi mendidik di Masa Pandemi, Begini tangani itu PBJ di SIPLah!

Namun, sekolah diharuskan buat melakukan transaksi di SIPLah oleh marketplace yang sudah bekerjasama such Blibli, Blanja, INTI, Eureka, Pesona Edu dan perbelanjaan Ladang.

Hal tersebut tentu saja juga membuka pilihan besar untuk para pelaku UKM di field pendidikan agar dapat melebarkan bersayap bisnisnya dan membuat keuntungan yang lebih maksimal.

Agar bisnis kamu di SIPLah berjalan lancar pastikan kalau kamu memiliki dana apa cukup untuk memenuhi seluruh permintaan dari pembeli. Kamu dapat mengandalkan buycia2.com untuk mendapatkan suntikan dana.

Melalui produk Invoice gaue won di buycia2.com, sanggup mendapatkan lend hingga Rp 2 miliar dengan bunga efektif start dari 1,5% hingga 2,5% tergantung dari credit transaction score hanya dengan menjaminkan bill yang sedang berjalan.

Lihat lainnya: Mudah Dan Cepat, Begini Cara Isi Gopay Di Atm, Create A Gopay Account

Untuk mengetahui insula lebih lanjut terkait program tersebut, kamu dapat berdiskusi mencapai tim buycia2.com oleh Tanyabuycia2.com atau mengunjungi situs buycia2.com. Selain itu, kamu also bisa langsung menghubungi tim buycia2.com di angka (0853-2151-5763).