Adalah wajib hukum bagi setiap muslim dan mukmin mengimani bahwa kelak di intisari kubur menjadi ada pertanyaan dari dua malaikat Munkar dan Nakir kepada si mayit. Kedua malaikat ini patuh kali digambarkan berwajah bengis dan menakutkan. Tak ayal, terkadang seseorang bertanya-tanya pada diri sendiri; mampukah ia kelak menjawab pertanyaan kedua malaikat kubur itu, sedang lanskap fisik keduanya saja cantik terbayang begitu menakutkan?
Lain halnya menjangkau Sayyidina Umar bin Khattab. Ketika Rasulullah menjelaskan bagaimana itu? wujud fisika menyeramkan malaikat Munkar dan Nakir sahabat apa ditakuti setan ini justru seakan hendak melawannya.

Anda sedang menonton: Kisah malaikat munkar dan nakir


Imam Jalaludin As-Suyuthi di dalam kitabnya Al-Hâwî lil Fatâwî mebuycia2.comlis sebuah riwayat dari Al-Jazuli dalam kitab Syarhur Risâlah, bahwa satu ketika Rasulullah omong kepada para sahabat istilah dari Munkar dan Nakir. Digambarkannya malaikat Munkar dan Nakir akan mendatangi seorang mayit di kuburan dalam bentuk yang begitu menyeramkan; berkulit hitam, bengis, keras, dan sifat-sifat buruk dan menakutkan lainnya. Lalu senin malaikat itu become menanyai si mayit.
Mendengar pebuycia2.comturan Rasulullah menyertainya Sayyidina Umar bertanya, “Rasul, apakah saat di kuburan nanti aku sebagaimana menampakkan ini?”
Konon, selagi Sayyidina Umar bin Khattab meninggal dunia putra beliau apa bernama Abdullah bermimpi temu dengannya. Dalam mimpi menyertainya Abdullah menanyakan ihwal ayahnya di alam kubur.
Oleh Umar pertanyaan anaknya itu dijawab, “Aku didatangi dua malaikat. Keduanya tanya kepadaku, siapa Tuhanmu, siapa nabimu? Aku jawab, Tuhanku Allah dan nabiku Muhammad. Lalu kepadanya aku tanyakan, kami berdua, siapa Tuhanmu? Mendapat pertanyaan kemudian itu senin malaikat menyertainya saling berpandangan. Penyimpangan satunya berkata, ini Umar bin Khattab. Lalu keduanya televisi meninggalkanku.”
Demikian lah Sayyidina Umar bin Khattab, ia tak hanya berani di dunia saja, tapi di alam kubur pun keberaniannya firmicutes kuat.

Lihat lainnya: Contoh Pelangaran Ham Di Indonesia Selama 2020, Contoh Kasus Pelanggaran Ham Di Indonesia


Kisah tentang orang-orang apa menjawab bertanya Munkar dan Nakir sebagaimana hadiah Umar di atas noël sedikit. Kerumunan ulama di dalam berbagai kitabnya apa meriwayatkan kisah-kisah semisal. Kemudian Yazid bin Harun apa ketika ditanya kedua malaikat istilah dari siapa tuan dan nabinya, beliau menjawab, “Pertanyaan sebagai ini diajukan kepadaku? Sementara delapan puluh lima lamanya aku mengajarkan jawabannya kepada kerumunan orang.” Lalu kedua malaikat itu tretan meninggalkannya.
As-Suyuthi dalam kitabnya di ~ menjelaskan bahwa ada segolongan orang yang kelak di alam kuburnya sama begitu banyak, begitu banyak tak saya bertanya oleh senin malaikat Munkar dan Nakir kemudian para syuhada, shidiqin, dan lainnya. Mungkinkah diri kita dulu bagian yang dikecualikan itu? Wallahu a’lam. (Yazid Muttaqin)
*

*

*

*

*

Menaker: Paramakarya Bentuk Kepedulian otoritas kepada perusahaan

pekerjaan | Jumat, 19 Nov 2021

LP Ma'arif buycia2.com: Moderasi Beragama Solusi dipahami Agama di sentral Kemajemukan negara

Nasional | Kamis, 18 Nov 2021

Menengok 100 Pesantren apa Kembangkan kemandirian Ekonomi

Balitbang Kemenag | Rabu, 17 Nov 2021

buycia2.com Care-LAZISbuycia2.com Terus Ajak Nahdliyin Sukseskan Muktamar lewat Koin digital

Nasional | Selasa, 16 Nov 2021

Meski Dukung Permendikbud 30/2021, Gusdurian dengan tegas Kawal RUU P-KS langsung Disahkan

Nasional | Selasa, 16 Nov 2021