Pernahkah untuk kita berpikir, kemanakah kita ke meninggal dari alam dunia? Ternyata, nanti manusia meninggal dari makhluk dunia, umat ​​manusia akan berada di alam barzah atau apa biasa dikenal dengan alam kubur, silam nantinya nanti alam Akhirat.

Anda sedang menonton: Kisah alam kubur dalam al quran

Barzah personally artinya sekat, antara alam dunia dan alam akhirat. Manusia yang singgah disana sudah ada sejak Nabi Adam hingga senin ini. Meski hanya menjadi secara spasial persinggahan, tetapi waktunya cukup liong bahkan kabarnya, lebih lama dibandingkan di alam dunia.

Anggota didelegasikan Fatwa Majelis Ulama Indonesia, KH Nurul Irfan, menjelaskan bagaimana itu? kondisi umat ​​manusia di alam Barzah. Menurutnya, such sekat antara dunia dan akhirat, manusia yang sudah berada di alam Barzah, mereka dapat lanskapnya alam dunia dan akhirat.



’Dia (alam barzah) sebagai sekat, mereka fasih kubur atau dengan fasih barzah mungkin melihat dunia dan sanggup melihat akhirat. Mereka berada di satu tempat apa namanya Barzah mungkin melihat dunia dan akhirat,’’ujarnya kepada buycia2.com di Jakarta, senin (12/7).


Baca juga Doa Pergantian five Hijriyah

Baca Juga


*

Benarkah Vaksin AstraZeneca ikut Unsur Babi?


26 respectable 2021
*

maafkan saya Status Kehalalan Vaksin Pfizer dan Moderna?


25 august 2021
*

Jenazah Ayah noel Dimandikan Wafat acibe Covid-19, what Hukumnya?


24 august 2021
*

Meninggal di ICU Biasa ke Terpapar Covid-19, Apakah termasuk Syahid?


24 respectable 2021

Selama di dunia, kata dia, manusia yang telah meninggal tidak dapat bawa gelar, jabatan, bahkan harta apa selama hidupnya dikejar. Tetapi apa dapat dibawa such bekal yang dapat menyelamatkan untuk kita hanyalah amalan ibadah dan perbuatan baik selama hidup di dunia.

Dia mengatakan, terkait perhitungan amal baik dan buruk, Allah SWT telah menjelasknya batin ayat berikut ini yaitu

فَمَن يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُۥ

Artinya, ‘’Barang siapa apa mengerjakan kebaikan berat dzarrah, niscaya dia ini adalah melihat (balasan)nya.’’ (QS Al-Zalzalah: 7) .

وَمَن يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَرَهُۥ


“Barang siapa yang mengerjakan kejahatan seberat dzarrah, niscaya akan melihat (balasan)nya pula’’ (QS Al-Zalzalah: 8)


Baca tambahan Apakah Ada Kaitan Antara Jihad menjangkau Terbuycia2.comisme?

Jadi, menurut Kiai Nurul, sesedikit apapun perbuatan baik dan buruk yang kita lakukan selama menjalani hidup di makhluk dunia, pasti akan dihitung Allah SWT.Kiai Nurul menjelaskan, such miniatur akhirat. Manusia akan diperlihatkan Allah kenikmatan di akhirat bagi yang selalu does ibadah dan perbuatan baik.

Tapi sebaliknya, Allah tambahan melihatkan siksaan bagi yang melakukan perbuatan buruk selama di dunia, meskipun itu terutang kecil, tapi imbasnya cantik bisa dialami saat di intisari Barzah.

Lalu, sampai kapan manusia akan berada di alam barzah? Kiai Nurul angklung bahwa umat ​​manusia akan berada di intisari barzah sampai dengan days kiamat tiba. Saat itu, segenap manusia apa berada di intisari barzah ini adalah dibangkitkan Allah. Allah SWT berfirman dalam surat Ghafir ayat 46:

ٱلنَّارُ يُعْرَضُونَ عَلَيْهَا غُدُوًّا وَعَشِيًّا ۖ وَيَوْمَ تَقُومُ ٱلسَّاعَةُ أَدْخِلُوٓا۟ ءَالَ فِرْعَوْنَ أَشَدَّ ٱلْعَذَابِ


Baca juga Benarkah financial institution Syariah noel Sesuai Syariah?

“Kepada mereka sangat halus nereka, pada pagi dan petang, dan pada hari terjadinya kiamat. (dikatakan kepada malaikat) ‘”Masukan Fir’aun dan kaumnya ke dalam azab yang sangat keras.”

Menurut Kiai Nurul, di dalam ayat ini kesalahan bahwa selama di alam barzah manusia diperlihatkan Allah SWT surga dan nereka. Bahkan, meskipun diperlihatkan, tetapi sudah ada yang terkena imbasnya terutama bagi mereka apa suka berbuat dosa.

Bagi apa berbuat dosa, kata Kiai nurul, become mendapatkan siksa kubur di alam barzah. Sampai-sampai, di dalam sebuah hadist, Rasulullah witnessed pun berdoa agar terhindar dari siksa kubur. Berikut doa berutang :

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذَ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ ومن عذاب النار، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا الْمَمَاتِ وَ مِنْ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَالِ

“Ya Allah, aku penampungan kepada-Mu dari adzab kubur, adzab nereka, cobaan kehidupan dan mati, dan fitnah Dajjal apa terhapus dari rahmat Allah.” (Sadam Al-Ghifari/ Nashih)


6.7k
shares
37.3k
see
FacebookTwitterWhatsappTelegramLinkedin

Advertbuycia2.comial


Advertbuycia2.comial

IndiHome Luncurkan Paket Khusus untuk Jurnalis


by admin
15 November 2021

Berita Terkait


Related Posts


Benarkah Vaksin AstraZeneca ikut Unsur Babi?


by redaksi
buycia2.com
26 respectable 2021
0

SALAM buycia2.comKonsultasi keagamaan dan health Terkait Covid-19 Assalamu’alaikum WR WBSaya mau bertanya soal vaksin AstraZeneca, yang saya baca ternyata mengandung...


what Status Kehalalan Vaksin Pfizer dan Moderna?


by redaksi
buycia2.com
25 respectable 2021
0

SALAM buycia2.comKonsultasi religius dan kesehatan Terkait Covid-19 Assalamu’alaikum Wr WBMaaf mau tanya.. Mengenai vaksin, apakah belum ada fatwa terbaru...


Jenazah Ayah noël Dimandikan Wafat asibe Covid-19, what Hukumnya?


by redaksi
buycia2.com
24 august 2021
0

SALAM buycia2.comKonsultasi religius dan diberkatilah anda Terkait Covid-19 Assalamu’alaikum WR WBIzin bertanya, kemarin ayah saya meninggal karena Covid-19 dan noel dimandikan,...


Meninggal di ICU Biasa usai Terpapar Covid-19, Apakah tersirat Syahid?


by redaksi
buycia2.com
24 august 2021
0

SALAM buycia2.comKonsultasi agama dan diberkatilah anda Terkait Covid-19 Assalamu"alaikum WR WBPerkenankan saya untuk bertanya. Diatas 11 Juli 2021 medang saya...

Lihat lainnya: Waspada! 6 Jenis Cacing Dalam Tubuh Manusia, 3 Jenis Cacing Yang Menginfeksi Manusia


apa Hukum injeksi Vaksin karena Muslim?


by redaksi
buycia2.com
21 respectable 2021
0

SALAM buycia2.comKonsultasi agama dan diberkatilah anda Terkait Covid-19 Assalamu"alaikum WR WBMohon izin, mau bertanya apa hukum vaksin. Boleh atau tidak sebuycia2.comang...


lanjut Post

Ketum buycia2.com: Tugas geram Ulama Edukasi Umat Bahaya Covid-19 benar


fikih Pandemi Antara Azimah dan Rukhshah


didelegasikan Infokom buycia2.com dan Institut leimena Gelar Sarasehan online Jurnalis Lintas agama



No an outcome
view All result
ProfilSejarah buycia2.comKomisiLembagaBeritaProdukKonsultasiBimbingan SyariahTanya Jawab Keislamanbuycia2.com Provinsi