Kekayaan ikan lautnya di indonesia kerumunan hilang dicuri melalui nelayan ekstrateritorialitas karena...

C. Wilayah laut mendesak luas Pembahasan: Indonesia adalah buycia2.comuntry maritim, dengan luas daratan Indonesia adalah 2,1 million km2, namun memiliki tentang 3,25 million km2 wilayah laut teritorial dan lebih dari 2,55 juta km2 laut di Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE). Wilayah lautan yang sangat secara luas ini memberi potensi perikanan yang besar. Namun wilayah apa luas ini also terancam dengan maraknya pencurian ikan. Kementerian Kelautan dan Perikanan memperkirakan bahwa pencurian atau penangkapan ikan ilegal merugikan Indonesia sebesar Rp 30 triliun (sekitar 3,11 miliar dolar AS) setiap tahun. Kebanyakan kapal pencuri ikan ini berasal dari Vietnam, Thailand, Malaysia dan Filipina. Kapal penangkap ikan ekstratritorial kebanyakan masuk melalui kanton perbatasan Indonesia dengan negara tetangga. Misalnya kapal Vietnam memasukkan melalui lautnya disekitar kepulauan sinana sedangkan kapal dari Filipina memasukkan lewat lautnya Sulawesi. Karena itu itupenggunaan harus pengayaan patroli TNI karena mencegah masuknya kapal pencuri ikan. u00a0Para pencuri ikan apa tertangkap harus ditindak tegas, mencapai disidang dan dipenjara atau didpeortasi nanti negara asal. Kapal pencuri ikan harus ditenggelamkan, agar noël dapat lainnya digunakan buat menangkap ikan. Bila kapal just disita dan dilelang, ada kemungkinan kapal bebuycia2.comme dibeli dan tangan kedua lagi melalui pencuri ikan. Tindakan tegas ini dilakukan buat memberikan efek jera dan preventif kembalinya pencuri ikan. ----------------------------------------------------------------------------------------- Pelajari lebih lanjut: 1. Potensi apa dapat dikembangkan daratan atau lahan lautan? buycia2.buycia2.comm/tugas/6768620 u00a0 2. Deviasi satu alasan rendahnya untuk membuat di bifang perikanan yaitu.. buycia2.buycia2.comm/tugas/21585780 u00a0 Detail jawaban: u00a0Kode: 11.8.1 Kelas: XI Mata Pelajaran: geografi u00a0 u00a0Materi: bab 1 - Indonesia sebagai Poros maritim Dunia Kata Kunci: Penangkapan Ikan Ilegal "}>" data-test="answer-box-list">

*

Kekayaan ikan lautnya di indonesia kawanan hilang dicuri melalui nelayan ekstrateritorialitas karena...

Anda sedang menonton: Kekayaan ikan laut di indonesia banyak hilang dicuri oleh nelayan asing karena

C. Kanton laut sangat luas

Pembahasan:

Indonesia adalah negara maritim, dengan luasbutuh daratan Indonesia adalah 2,1 juta km2, namun memiliki sekitar 3,25 million km2 kanton laut teritorial dan lebih dari 2,55 million km2 laut di Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE).

Wilayah lautan apa sangat diskursif ini memberi potensi perikanan apa besar. Namun wilayah yang luas ini tambahan terancam menjangkau maraknya pencurian ikan.

Kementerian Kelautan dan Perikanan memperkirakan bahwa pencurian atau penangkapan ikan ilegal merugikan Indonesia sebesar Rp 30 triliun (sekitar 3,11 miliar dollar AS) setiap tahun. Kebanyakan kapal pencuri ikan ini berasal dari Vietnam, Thailand, Malaysia dan Filipina.

Lihat lainnya: Ciri Lidah Buaya Yang Beracun, Pha Dan Sea: Topics By Worldwidescience

Kapal penangkap ikan ekstratritorial kebanyakan dimasukkan melalui wilayah perbatasan Indonesia dengan negara tetangga. Misalnya kapal Vietnam masuk melalui laut disekitar kepulauan natuna sedangkan kapal dari Filipina memasukkan lewat laut Sulawesi. Karena itu kita harus pengayaan patroli TNI untuk mencegah masuknya kapal pencuri ikan.

Para pencuri ikan apa tertangkap harus ditindak tegas, mencapai disidang dan dipenjara atau didpeortasi ke negara asal. Kapal pencuri ikan harus ditenggelamkan, agar noël dapat lagi digunakan karena menangkap ikan. Bila kapal hanya disita dan dilelang, ada kemungkinan kapal akan dibeli dan tangan kedua lagi oleh pencuri ikan. Tindakan tegas ini dilakukan untuk memberikan memengaruhi jera dan preventif kembalinya pencuri ikan.

-----------------------------------------------------------------------------------------