Pendapatan nasional secara sederhana dapat diartikan sebagai jumlahpendapatan sosial suatu negara di dalam satu tahun (periode tertentu). Pendapatan nasional dapat diartikandari tiga pendekatan yaitu pendekatan produksi, pendekatan pedapatan, danpendekatan pengeluaran. Adapunyang mempengaruhi pendapatan nasional adalah keutuhan permintaan danpenawaran, konsumsi dan tabungan, investasi, kualitas bersumber daya manusia,keadaan sumber daya alam, efektivitas modal, dan stabilitas dan kebijakan yangmantap.

Anda sedang menonton: Jika suatu negara memiliki produk nasional bruto

Pelaku aktivitas ekonomi become terus berusaha diperoleh pendapatanuntuk memenuhi semua kebutuhan. Jika seluruh pendapatan ataukah pengeluaran yangdilakukan pelaku ekonomi di batin suatu country dijumlahkan maka akanterbentuklah pendapatan nasional. Besarnya pendapatan nasional dapat diandalkan olehjumlah produk yang dihasilkan melalui para pelaku ekonominya.

2. Manfaat Pendapatan Nasional

Manfaat dari mempelajari pendapatan nasional yaitu sebagai berikut.

a. Mengetahui dan menganalisa strukturekonomi suatu negara dalam hal ini structure ekonomi industri, agraris, atau jasa.

b. Dipungut keadaan perekonomian dariwaktu nanti waktu buat pendapatan nasional dicatat setiap tahun.

c. Membandingkan perekonomian antarnegaradi dunia.

d. Menginstruksikan bagi pemerintah untuk mengambilkebijakan yang berkaitan mencapai pembangunan ekonomi nasional.

Maka tujuan mempelajari pendapatan nasionaladalah karena mengetahui perkembangan perekonomian masyarakat dan hal-hal berikut,yaitu:

a. Diperoleh taksiran akurat mengenainilai barang dan jasa yang dihasilkan social suatu negara dalam satu tahun.

b. Membantu membuat untuk merencanakan danmelaksanakan program pembangunan berjangka buat mencapai tujuan pembangunan.

c. Mengkaji dan mengendalikan faktor-faktoryang mempengaruhi tingkat perekonomian suatu negara.

Konsep-Konsep Pendapatan Nasional

Dalam penghitungan pendapatan nasional suatu negara dikenal beberapakonsep pendapatan nasional, yaitu:

a. Produk Domestik bruto (PDB)/GrossDomestic Product (GDP) Merupakan jumlah produk berupa barang dan jasa yang dihasilkan olehunit-unit membuat di dalam batas kanton suatu bangsa (domestik) selama satutahun, termasuk hasil making barang dan jasa apa dihasilkan melalui perusahaanorang asing apa beroperasi di kanton negara apa bersangkutan. GDP dianggapbersifat bruto/kotor.

ProdukDomestik Regional bruto (PDRB)/Gross regional Domestic Product (GRDP) adalahmenghitung pendapatan nasional batin lingkup wilayah atau daerah.

b. ProdukNasional berbisa (PNB)/Gross Nasional Product (GNP)

Adalahjumlah seluruh produk barang dan jasa suatu negara batin satu tahun, yangmeliputi barang dan jasa apa dihasilkan melalui seluruh burger negara (nasional)baik yang berada di batin negeri maupun di luar negeri. Di dalam pengertian ini,barang dan jasa apa dihasilkan oleh perusahaan asing apa berada di dalamnegeri noël diperhitungkan.

Ada dua aliran pembayaran penggunaanjasa faktor produksi.

1) Apabila hasil produksi perusahaan asingyang berada di dalam negeri lebih terlalu tinggi dari hasil produksi perusahaan nasionaldi luar negeri, maka akan terjadi pembayaran penggunaan jasa faktor produksi keluar negeri. Perbedaan tersebut dinamakan pendapatan neto terhadap luar negeridari faktor making atau net element income to abroad.

2) Apabila hasil membuat perusahaan asingyang berada di batin negeri lebih small daripada membuat perusahaan nasionaldi luar negeri maka become terjadi pembayaran setelah dalam negeri. Selisihnyadinamakan pendapatan neto kedalam negeri dari faktor making atau net factor income domestic.

Jika PDB lebih terlalu tinggi daripada PNB makamenunjukkan bahwa investasi negara asing di batin negeri lebih terlalu tinggi daripadainvestasi negara tersebut di negara lain. Menjangkau demikian menunjukkanperekonomian country tersebut belum maju buat masih menerima kerumunan modal dariluar negeri. Sedangkan sebaliknya jika PDB lebih small daripada PNB makamenunjukkan bahwa investasi bangsa tersebut luarnya negeri lebih besar daripadainvestasi negara lain di di dalam negeri. Bab ini demonstrasi bahwa perekonomiannegara tersebut sudah maju karena mampu menanamkan modalnya lebih terlalu tinggi di luarnegeri daripada resepsi penanaman ibu kota dari negara lain. Dengan demikiandapat dirumuskan:


c. Produk Nasional Neto atau NetNational Product (NNP)

Adalah nilai pasar barangdan jasa apa dihasilkan batin satu tahun.Untuk enumerasi NNP adalah ProdukNasional total (PNB) mutlakdi dengan depresiasi (depreciation).


Penyusutan di sini artinyapenyusutan barang-barang yang digunakan dalam proses membuat atau barangmodal.

d. PendapatanNasional Bersih ataukah Net National earnings (NNI)

Dapatdilihat dari dua sisi. 1) Dari sisi pendapatan, yaitu pendapatan yang dihitungmenurut jumlah balas jasa apa diterima oleh masyarakat sebagai pemilik faktorproduksi. 2) Dari sisi produksi, yaitu sejumlah pengeluaran bersih barang dan jasayang dihasilkan malalui suatu negara. Untuk mengetahui besarnya NNI yaitu NNPdikurangi mencapai pajak tidak langsung. Pajak noël langsung adalah pajak yangpembebanannya dapat dilimpahkan kepada pihak lain, misalnya perpajakan PertambahanNilai (PPN) dan perpajakan Penjualan atas Barang mewah (PPnBM)


e. PendapatanPerorangan/Personal income (PI)

Adalahseluruh pendapatan yang benar-benar diterima melalui masyarakat. Types pendapatanyang noël termasuk batin pendapatan nasional, merupakan pendapatan pribadi. Berikut ini pendapatan apa tergolongdalam pendapatan nasional tetapi tidak termasuk kemudian pendapatan pribadiyaitu:

1)Keuntungan perusahaan yang noël dibagikan,

2)Pajak yang dikenakan otoritas atas manfaat perusahaan,

3)Kontribusi apa dilakukan melalui perusahaan.


PI = NNI- (laba ditahan + iuran jaminan sosial + asuransi + pajak perseroan) + transfer payment PI = NNI- (laba ditahan + iuran dapat diandalkan sosial + asuransi + perpajakannya perseroan) + ayunkan payment


Tranfer payment adalah penerimaan-penerimaan apa bukanmerupakan balas jasa pada lima yang bersangkutan, melainkan diambildari pendapatan lima sebelumnya.

f.Pendapatan Bebas/Disposable Income(DI)

Apabilapendapatan memiliki dikurangi melalui pajak yang harus dibayar melalui para penerimapendapatan, biaya yang tersisa dinamakan pendapatan disposabel. Dengandemikian, di ~ hakikatnya pendapatan disposabel adalah pendapatan apa dapatdigunakan malalui penerimanya, yaitu semua rumah tangga apa ada dalamperekonomian, buat membeli goods dan jasa yang mereka inginkan.


karena memberikangambaran sekitar penghitungan pendapatan nasional, di bawah ini diberikancontoh cara pencacahan pendapatan nasional di ~ suatu negara. Numeral berikuthanya merupakan contoh saja, agar mudah cara berpikir.


*

*

Latihan Soal

silahkan bekerja soal-soal latihan berikut ini.

1. Jumlah barang dan jasa yang dihasilkanoleh seluruh masyarakat batin suatu country selama satu five disebut ....

A. Pendapatan masyarakat

B. Pendapatan every kapita

C. Produk nasional

D. Pendapatan neto

E. Pendapatan perorangan

2. Net national Income pembelian dari ....

A. GNP – replacement

B. NNP – pajak noël langsung

C. NNP – perpajakannya langsung

D. GNP – NNP

E. NNP – replacement

3. Country Indomakmur pribadi pendapatanneto faktor produksi yang bernilai negatif. Fakta tersebut demo bahwa ….

A. Bangsa Indomakmur menggunakan lebihbanyak faktor making dari luar negeri daripada mengirimkan faktor produksi keluar negeri

B. Kebutuhan sosial di negaraIndomakmur bergantung diatas barang dari luar negeri

C. Nilai produk domestik bruto negaraIndomakmur kemiripan dengan nilai produk nasional bruto

D. Biaya produk nasional berbisa negaraIndomakmur lebih besar daripada biaya produk domestik bruto

E. Jumlah faktor produksi yang masuk kenegara Indomakmur lebih small daripada jumlah faktor making yang setelah luar darinegara tersebut

4. Diketahui data milik suatu negarasebagai berikut (dalam miliaran rupiah):

PDB Rp45.900,Pendapatan faktor produksi batin negeri di luar negeri Rp1.800, Depresiasibarang modal Rp6.000, Pajak noël langsung Rp3.500, transfer payment Rp1.500,Pajak perseroan Rp1.800, keuntungan ditahan Rp1.000, Iuran asuransi Rp1.100,Pajak langsung Rp900.

Berdasarkan data tersebut pendapatandisposable country tersebut adalah ….

A. Rp47.700

B. Rp41.700

C. Rp38.200

D. Rp35.700

E. Rp34.900

5. Jika suatu negara luaran ProdukNasional total (PNB) lebih kecil daripada Produk Domestik kasar (PDB), negaratersebut memiliki ciri-ciri ….

A. Nilai impor lebih kecil daripada nilaiekspor sehingga mengalami deficit neraca perdagangan

B. Biaya produksi expat lebih kecildaripada warga di di dalam negeri

C. Kerumunan sektor informal yang nilaiproduksinya noel tercatat di dalam PDB

D. Investasi asing di dalam lebih besar daripadainvestasi bangsa tersebut diluar negeri

E. Pendapatan tenaga kerja dalam negerilebih besar daripada pendapatan tenaga action asing

Kunci

1. C

2. B

3. A

4. E

5. D

Pembahasan Soal:

1. Produk Nasional total adalah jumlahseluruh produk barang dan jasa suatu negara dalam satu tahun, apa meliputibarang dan jasa yang dihasilkan melalui seluruh warga negara (nasional) baik yangberada di dalam negeri maupun luarnya negeri. Batin pengertian ini, barang danjasa apa dihasilkan malalui perusahaan asing yang berada di dalam negeri tidakdiperhitungkan.

2. Rumus-Rumus tesis Pendapatan Nasional

a.GNP= GDP – Faktor Neto Luar Negeri

b.NNP= GNP – (penyusutan + pengganti barang modal)

c.NNI= NNP – pajak noël langsung + subsidi

d.PI= NNI + transfer payment – (pajak perseroan + laba ditahan + iuranjaminan sosial + iuran asuransi)

e.DI= PI – perpajakan langsung

3. Jika PDB lebih terlalu tinggi daripada PNB makamenunjukkan bahwa investasi negara asing di di dalam negeri lebih besar daripadainvestasi bangsa tersebut di country lain. Mencapai demikian menunjukkanperekonomian negara tersebut belum maju untuk masih menerima crowd modal dariluar negeri. Sedangkan sebaliknya jika PDB lebih kecil daripada PNB makamenunjukkan bahwa investasi negara tersebut keluar negeri lebih geram daripadainvestasi negara lain di di dalam negeri.Hal ini demo bahwa perekonomiannegara tersebut siap maju karena mampu menanamkan modal lebih besar di luarnegeri daripada penerimaan penanaman ibu kota dari negara lain.

4.GNP = GDP + Pendapatan faktor neto terhadapluar negeri

=45.900+ 1.800

=47.700

NNP = GNP – Penyusutan

=47.700– 6.000

=41.700

=41.700– 3.500

=38.200

PI = NNI +TP – (Pajak perseroan + untung ditahan + Iuran asuransi)

=38.200+ 1.500 – (1.800 + 1.000 + 1.100)

=35.800

=35.800– 900

=34.900

5. Jika PDB lebih terlalu tinggi daripada PNB makamenunjukkan bahwa investasi negara asing di dalam negeri lebih besar daripadainvestasi bangsa tersebut di negara lain. Mencapai demikian menunjukkanperekonomian negara tersebut belum maju untuk masih menerima kawanan modal dariluar negeri. Sedangkan sebaliknya jika PDB lebih kecil daripada PNB makamenunjukkan bahwa investasi negara tersebut di luar negeri lebih terlalu tinggi daripadainvestasi bangsa lain di di dalam negeri. Halaman ini menunjukkan bahwa perekonomiannegara tersebut siap maju buat mampu menanamkan modalnya lebih geram di luarnegeri daripada resepsi penanaman ibu kota dari bangsa lain.

KEGIATAN PEMBELAJARAN 2

Perhitungan Pendapatan Nasional dan Pendapatan every Kapita

PengertianPerhitungan Pendapatan Nasional melalui Tiga Pendekatan

Hasil penghitungan pendapatan nasional tergantung di atas metode ataupendekatan yang digunakan. Ada tiga pendekatan batin menghitung pendapatannasional yaitu pendekatan produksi, pendekatan pendapatan, dan pendekatanpengeluaran.

a. Pendekatan untuk membuat (ProductionApproach)

Yaitu denganmenjumlahkan nilai produksi tiap-tiap sektor ekonomi ataukah dengan menjumlahkansecara keseluruhan nilai tambah (value added) dari setiap orang kegiatanekonomi yang dihasilkan perusahaan.

Untukmenghindari penghitungan ganda, di dalam menghitung PDB dengan cara produksiyang dijumlahkan adalah pengeluaran tambah tiap-tiap sektor. Pengeluaran tambah adalahsumbangan perusahaannya terhadap untuk membuat nasional. Penghitungan cost tambahadalah cost atau harga berwujud baku output dikurangkan dari harga produkperusahaan ataukah input.

Tabel Contoh Penghitungan nilai Tambah

No

Jenis Kegiatan

Nilai produksi (Rp)

Nilai Tambah (Rp)

1.

Mengambil singkong

120.000

120.000

2.

Membuat tepung

350.000

230.000

3.

Membuat kue

680.000

330.000

Daripenghitungan di atas, besar sumbangan bagi pendapatan nasional adalah jumlahseluruh pengeluaran tambah produk kue sebesar Rp 680.000,00 atau harga di atas dari produk kue dari singkong. Prosespenghitungan mencapai cara menjumlahkan pengeluaran tambah apa dihasilkan berbagaisektor perekonomian bertujuan mengetahui menyumbangkan berbagai sektor ekonomidalam penghitungan pendapatan nasional dan menghindari penghitungan gandakarena yang dihitung hanya cost produk neto.

b. Pendekatan Pendapatan (IncomeApproah)

Yaitu dengancara menjumlahkan seluruh penerimaan atas faktor produksi, kemudian berikut:

1)Upah/gajisebagai menerima bagi tenaga tenaga kerja.

2)Sewasebagai penerimaan pagi pemilik property.

3)Bungasebagai penerima bagi pemilik modal.

4)Labasebagai imbalan atas kerjanya kemudian pengusaha apa di dalamnya termasukdeviden.

Berdasarkanmetode pendekatan pendapatan, besarnya pendapatan nasional dihitung denganmenjumlahkan seluruh pendapatan apa diterima melalui pemilik faktor-faktorproduksi yang used dalam hasilkan barang dan jasa apa diproduksi disuatu negara selama satu tahun. Pendapatan dari faktor making meliputi upahdan gaji, persewaan tanah, bunga modal, dan laba.

Lihat lainnya: Cara Memanjangkan Penis Dengan Cepat, Cara Memanjangkan Penis Dengan Pijat, Amankah

c. Pendekatan Pengeluaran (ExpenditureApproach)

Yaitu dengancara menjumlahkan seluruh pengeluaran yang dilakukan melalui para penerimapendapatan such rumah tangga konsumen, rumah tangga produsen, rumah tangganegara, dan sosial luar negeri.