Saya berwewenang menanyakan apakah batin Islam seorang pria diperbolehkan memakai bulat pernikahan kuning putih?


Anda sedang menonton: Hukum laki laki memakai cincin emas putih

*

TRIBUNbuycia2.com.CO.ID - Kepada Yth chairil MUI buycia2.com. Saya dicari menanyakan apakah dalam Islam seorang pria diperbolehkan memakai bulat pernikahan kuning putih? overhead penjelasannya, terima kasih.

Pengirim: +6281379167xxx

Tidak Boleh pakai Emas




Lihat lainnya: Download Ayat Suci Al Quran 30 Juz, Download Mp 3 Al Qur’An

Kami terangkan bahwa apabila emas putih yang dimaksud adalah kuning kuning (aurum) yang dicampur menjangkau unsur-unsur logam putih, such nikel, palladium sehingga berubah warna aslinya dari kuning menjadi putih, maka tindakan mengenakan "emas putih" ini bagi seorang laki-laki adalah haram. Sebab, penyepuhan tersebut tidaklah menghilangkan zat aslinya, yaitu kuning kuning.

Ketentuan tersebut, sebagaimana hadis Rasulullah SAW apa diriwayatkan melalui Ibnu Abbas, bahwa Rasulullah lanskap sebuah cincin dari emas di tangan seorang laki-laki, maka beliau pun ayo pergi dan membuangnya. Dan Rasulullah bersabda, "Salah seorang di antara kami sengaja mau bara api dari neraka menjangkau mengenakannya (cincin emas) di tangannya."

Kemudian orang orang bilang kepada laki-laki itu ke Rasulullah experienced pergi, "Ambillah cincinmu dan manfaatkanlah." setiap orang itu berkata, "Tidak, demi Allah aku noël akan mengambilnya selama-lamanya. Sesungguhnya Rasulullah witnessed telah membuangnya." (HR Muslim)

Pengharaman ini khusus bagi laki-laki dan tidak bagi perempuan. Sebagaimana hadis apa diriwayatkan dari Ali, bahwa Nabi SAW menangkap sebuah sutera dan menjadikannya di sebelah kanannya dan hunian sebuah emas dan menjadikannya di sebelah kirinya kemudian beliau witnessed bersabda, "Sesungguhnya detik jenis ini haram bagi kaum laki-laki dari umatku." (HR one Nasai dan Abu Daud)

Demikian juga sabdanya SAW, "Dihalalkan (mengenakan) sutera dan emas bagi kaum feminin dari umatku dan diharamkan bagi kaum laki-lakinya." (HR Ahmad)

Jadi kuning warna maafkan saya pun, baik putih, merah, ataukah lainnya, selama ia hanyalah sepuhan yang dilakukan pada emas kuning, maka hukumnya haram bagi laki-laki karena dikenakan.


Upayakan laki-laki noël memakai emas dan sanggup dicarikan penggantinya, misalnya perak.Para ulama disetujuinya (berijma") bahwa cincin perak dibolehkan bagi pria. Bab ini berdasarkan riwayat dari Anas bin Malik ra bahwa Rasulullah experienced menempa cincin dari perak dan mengukirnya mencapai tulisan, "Muhammad Rasulullah" kemudian beliau berkata, "Sesungguhnya aku telah menempa bulat dari perak dan aku mengukirnya dengan tulisan Muhammad Rasulullah. Maka jangan lakukan itu seorang pun mengukir cincinnya dengan tulisan tersebut." (HR Bukhari: 5.977 dan Muslim: 2.092)