Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta details promo terkini dengan berlangganan news kami.

Anda sedang menonton: Hamil 3 bulan naik pesawat


*

Pada umumnya, terbang selagi hamil itu tidak masalah. Namun, untuk menghindari risiko apa dapat membahayakan kehamilan, ada beberapa hal apa wajib diketahui dan dipersiapkan ibu hamil mulai dari sebelum booking tiket hingga saat keberangkatan.


Jangankan medang hamil, penumpang biasa tambahan cenderung mengalami gangguan ringan di dalam penerbangan. Ibu hamil dianggap luaran risiko apa lebih tinggi karena mengalami perambahan ringan hingga risiko yang paling parah yaitu keguguran.


Gangguan yang paling umum dapat berupa kram dan pembengkakan feet atau mata kaki. Halaman ini umumnya terjadi selama penerbangan diatas 3-5 jam. Gangguan apa lebih serius bisa berupa pembekuan darah atau di dalam istilah asingnya panggilan blood clots/thrombosis.


Gejala blood clots adalah: bagian belakang kaki terutama di bawah lutut mengalami pembengkakan, rasa sakit dan merah. Penyebab kedua gangguan tersebut adalah kurang lancarnya peredaran darah.


Kenakan compression stockings (flight socks), yaitu sejenis stocking khusus karena dipakai selama penerbangan. Stocking ini dapat dibeli di apotek. Kenakan mulailah dari bangun pagi dahulu terbang sampai tiba di tujuan.
Tiap satu kota sekali, bangunlah dari deets dan berjalan-jalan sedikit selama 4-5 menit. Stretching sederhana awal dari menggerakkan leher, bahu hingga ujung kaki selama duduk tambahan dapat untuk mengurangi risiko kram dan blood clots.

Ibu hamil sangat dianjurkan berkonsultasi mencapai dokternya silam booking tiket, terutama jika terdepan pernah menanggung beberapa chapter ini:


Saat terbaik karena terbang adalah saat usia kehamilan 14 hingga 27 minggu. Di atas usia kehamilan 14 minggu, ibu hamil sudah melewati masa-masa mual dan sudah lebih kokoh secara fisik.


Sebelum usia kontak mencapai 14 minggu, sebaiknya ibu hamil noel naik pesawat. Di usia awal kandungan, tradisional ibu hamil masih sering mengalami mual dan pusing, apa bisa menimbulkan gangguan dll jika dipaksakan. Selain itu, risiko keguguran also lebih tinggi di usia awal kehamilan.

Lihat lainnya: Peran Ibu Dalam Keluarga Menurut Islam

hamil 3 bulan naik pesawat