SEORANG anak kecil yang selamat tertimbun kecelakaan rumah apa ambruk acibe gempa bumi untuk dirawat oleh keluarganya di Desa Sumelap, kota Tasikmalaya, sabtu 16 Desember 2017. Gempa berkekuatan 6,9 skala richter dan berpotensi tsunami dilaporkan terjadi diatas Jumat 15 Desember 2017 kota 23:47:58 WIB di wilayah Tasikmalaya.*

BANDUNG, (PR).- Sebagian terlalu tinggi masyarakat, mungkin baru saja terlelap tidur selagi gempa menggoyang sebagian besar wilayah di pulau Jawa. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan fisika bumi (BMKG) menyatakan bahwa gempa bumi tektonik berkekuatan 6,9 Skala Richter (SR) terjadi pada Jumat 15 Desember 2017 kota 23.47 WIB.

Anda sedang menonton: Gempa tanggal 15 desember 2017

Hasil dianalisis BMKG demo bahwa gempa bumi terjadi dengan koordinat episenter pada 7,75 lintan selatan (LS) dan 108,11 bujur timur (BT). Sentral gempa tepatnya berlokasi di darat di ~ jarak enam kilometer arah tenggara Bantarkalong, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat, pada kedalaman 107 kilometer.

Seperti mengutip dari bureau Beria Antara, kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Moch Riyadi, pada sabtu 16 Desember 2017 dini hari, mengumumkan berdasarkan atlas tingkat guncangan (shakemap) BMKG demo bahwa kerusakan gempa bumi berupa guncangan dirasa di berbagai daerah. Jakarta, Bandung, Depok, Kebumen, hingga Yogyakarta adalah apa masuk di dalam pemantauan BMKG.

Hingga sabtu 16 Desember 2017 jam 1.05.39 WIB, gawangnya monitoring BMKG, telah demo adanya aktivitas gempa bumi melanjutkan (aftershock) sebanyak tiga kali mencapai kekuatan terbesar 3,4 SR. BMKG ~ sempat mengeluarkan peringatan dini tsunami noël lama usai terjadinya gempa.

Peringatan dini tersebut, bertujuan buat meningkatkan kesiapsiagaan sosial di sejumlah wilayah di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Yogyakarta.


*

Potensi tsunami

Menurut sasaran pemodelan apa dilakukan melalui BMKG, gempa bumi tersebut berpotensi tsunami di selatan Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Yogyakarta.

Namun, kota 2.30 WIB, ataukah beberapa jam nanti terjadinya gempa, peringatan dini tsunami tersebut speech telah berakhir. Kemudian, BMKG menyampaikan bahwa kondisi siap aman dari potensial tsunami.

Lihat lainnya: Jual Buku Paket Kimia Kelas 10 Kurikulum 2013 ) Kelas 10 Sma

BMKG karena itu mengumumkan bahwa masyarakat cantik dapat kembali beraktivitas normal seperti biasa. Namun demikian masyarakat diimbau agar firmicutes waspada dan menghindari bangunan apa berpotensi rubuh.