buycia2.com, sampanye - pada 22 Januari 2021, seorang pengguna on facebook atas nama Renata Kristianti Limuria mengunggah klaim mayoritas makanan apa dipercaya bisa killing virus corona covid-19. Klaim akun itu pun ditelepon obat herbal untuk membunuh covid-19 yang meresahkan batin setahun terakhir.

Anda sedang menonton: Gambar jaga jarak dan hindari kerumunan

Dia mengklaim makanan-makanan apa bisa membunuh virus covid-19 mungkin ditemukan dengan mudah. Makanan-makanan itu yakni, air cocos muda, jeruk nipis, garam, dan madu.


Begini narasinya:

"Tolong membantu dikasih tahu setelah saudara² kita yg kena Covid-19 ataukah yg akan test rapid dan Swab.

Ini obat herbal yg manjur sekaligus anugerah dari bapak yg sederhana didapat dan tersedia di lingkungan kita utk killing virus.

1 benih air cocos MUDA

1 biji JERUK lemon hijau diperas

1/2 sendok teh GARAM

2 sendok MADU".

Lalu, benarkah makanan-makanan such klaim pada bisa membunuh virus covid-19 yang sudah melanda lebih dari setahun di seluruh dunia?

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci rumbai Pakai Sabun, Jaga pelubangan dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga familic Kita.


Saksikan video opsi berikut ini:


Inspirato sharing session kali ini membahas tentang waras di era post-truth, jawab mencapai cek fakta.


2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta


*

Perbesar
CEK sebenarnya buycia2.com (buycia2.com/Abdillah)
Untuk mendemonstrasikan klaim tersebut, Cek fakta buycia2.com menghubungi fasih Gizi koni DKI champa sekaligus APKI authorized Educator, Irtya Qiyamulail. Itu pun menjelaskan circa khasiat air covos muda, jeruk nipis, garam, dan madu.

"Makanan-makanan tersebut just bisa help mengoptimalkan daya tangkap tubuh. Namun, tidak bisa dalam sekali meningkatkan langsung minum daya simpan saja tubuh," katanya melalui WhatsApp.

"Itu juga harus dibiasakan mengkonsumsi pangan bergizi, bersamaan dengan pola kehidupan sehat," ujar Irtya menambahkan.

Namun, Irtya noël setuju bila air kelapa muda, jeruk nipis, garam dan madu, berpendapatan herbal karena membunuh covid-19. Makanan batin klaim tersebut hanya bisa menjaga pertahanan tubuh.

"Sejauh ini belum ada penelitian yang terbukti kalau pakan tertentu bisa membunuh virus corona. Makanan-makanan apa disebutkan kemudian kelapa muda, jeruk lemon hijau dan madu memang ikut kandungan zat gizi apa bermanfaat untuk membantu menjaga pertahanan tubuh kita."

"Seperti covos muda apa mengandung antioksidan, such penambah cairan (rehidras) karena meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kemudian, jeruk nipis crowd mengandung Vitamin C. Sedangkan madu berhubungan dengan Vitamin C, Vitamin B, asam amino, serta kandungan antioksidan flavonoid dan polifenol," ujarnya menjelaskan.

Sebenarnya, Cek kebenaran buycia2.com pernah debate klaim waiting kelapa muda dicampur jeruk jeruk nipis dan garam manjur sembuhkan penderita covid-19. Untuk melihatnya, klik tautan ini.

Artikel apa dipublikasikan di atas 16 Agustus 2020 menyertainya mengambil penjelasan dari Farmakolog chip hotch Gadjah Mada (UGM) Prof. Dr. Zullies Ikawati, Apt. Dialah mengatakan, kabar tersebut belum terbukti secara klinis, sehingga social diminta untuk tidak mudah resepsi informasi yang belum terbukti secara klinis.

"Jika ada kabar-kabar begitu saja apa belum ada buktinya, sebaiknya tidak langsung diterima," kata Zullies saat berbincang dengan buycia2.com.

Guru besar Fakultas obat-obatan UGM tersebut mengungkapkan, mengeksplorasi obat covid itu ~ no hal apa mudah, harus dilakukan penelitian mendalam karena membuktikannya.

Lihat lainnya: Pkh Blt Ibu Hamil Dan Balita Daftar Online, Emang Bisa? Cek Di Sini Detailnya

"Jika hal-hal seperti itu bisa terjadi saja mengingat ketika minum air kelapa, ya bisa saja. Tetapi, apakah bisa lebih cepat sembuh dari pada yang noël minum? apakah cantik ada buktinya?," tutur Zulies.