Nabi Adam dan Hawa sebelum diturunkan nanti bumi adalah membukukan di surga. Di apa surga yang ditinggali manusia pertama ini, di thiên atau di bumi? foto ilustrasi/ist
Sebelum diturunkan Allah Subhanahu wa ta"ala, Nabi Adam dan Siti Hawa adalah tinggal di surga. Untuk memakan buah khuldi, maka Adam dan Hawa memvonis Allah karena tinggal di bumi. Kematian Nabi Adam dan Hawa ini sudah sering kita dengar, namun pernahkah kita bertanya, di surga manakah sebenarnya Adam dan Hawa tinggal dahulu diturunkan ke bumi?Menurut Imam Ibnu Katsir dalam kitabnya "Kisah Para Nabi", ada selisih pendapat ulama terutama mengenai surga apa ditinggali melalui Nabi Adam, apakah berada di thiên atau di bumi. Baca juga: Istri Mukminah ini adalah Menolong suaminya di Akherat Kelak Jumhur ulama berpendapat bahwa surga apa ditinggali melalui Nabi Adam adalah surga yang ada di langit, yaitu surga Ma"wa, surga keabadian. Pasalnya ayat-ayat Al-Qur"an dan hadis Nabi demonstrasi hal itu. Contohnya firman Allah, وَيٰۤاٰدَمُ اسۡكُنۡ اَنۡتَ وَزَوۡجُكَ الۡجَـنَّةَ فَـكُلَا مِنۡ حَيۡثُ شِئۡتُمَا وَلَا تَقۡرَبَا هٰذِهِ الشَّجَرَةَ فَتَكُوۡنَا مِنَ الظّٰلِمِيۡنَ"Wahai Adam! Tinggallah engkau bersama istrimu di dalam surga dan makanlah maafkan saya saja yang kamu setia sukai. Tetapi janganlah kamu setia dekati pohon yang satu ini. (Apabila didekati) kamu setia termasuk orang-orang yang zhalim."(QS Al A"raf : 19)Yang mana alif lam diatas kata "al-jannah" (surga) noël menunjukkan karena makna umum dan tidak juga dikenali secara lafazhh, namun dikenali secara nalar yakni surga Ma"wa apa sering used dalam syariat.

Anda sedang menonton: Dimana nabi adam dan siti hawa diturunkan

Baca juga: Inilah Doa Harian apa Sering Terlupa diamalkan Pembuktian lainbutuh adalah notes Nabi Musa kepada Nabi Adam, "Apa motivasi apa membuatmu mengeluarkan dirimu personally dan kalian semua dari surga?."Imam Muslim juga meriwayatkan batin Kitab Shahihnya, dari Abu Malik Al-Asyja"i (nama awal adalah Saad bin Thariq), dari Abu Hazim Salamah bin Dinar, dan deskriptif pula dari Abu Hurairah dan Abu Malik, dari Rib"i, dari Hudzaifah, mereka berkata, Rasulullah bersabda, "Hari itu Allah akan dikumpulkan seluruh manusia. Kemudian orang-orang yang beriman berdiri selama surga sudah semakin menjauh their lalu mereka datang kepasa Nabi Adam dan berkata, "Wahai bapak kami, mintalah agar pintu surga dibuka untuk kami." Lalu Nabi Adam berkata, "Apakah kita dikeluarkan dari surga hanya untuk kesalahan bapak kalian saja?" (HR.Muslim)Baca juga: Lakukan 2 Amalan Ini dahulu Tidur, akan Dapat Pahala geram Hadis ini sangat jelas demo bahwa surga yang dimaksud adalah surga Ma"wa, namun noel terlalu kuat untuk tidak diperdebatkan.Ulama go mengatakan, bahwa surga apa ditinggali malalui Adam selagi itu bukanlah surga keabadian, untuk di sana ia masih mendapat pelarangan, yaitu untuk tidak mendekati sanose terlarang. Nabi Adam also tidur teres dan telah terjadi dari sana, bahkan gudang di bawah tanah pun masuk ke dalamnya. Ini setiap orang menunjukan bahwa surga yang dimaksud bukanlah surga selama-lamanya atau surga Ma"wa.Baca juga: Menko Luhut: BPPT Dapat menjadi Otak Pemulihan Ekonomi Penafsiran ini disampaikan melalui Ubay bin Ka"ab, Abdullah bin Abbas, Wahab bin Munabbih, Sufyan bin Uyainah dan diunggulkan melalui Ibnu Qutaibah batin kitabnya "Al-Ma"arif", juga oleh Al-Qadhi Mundzir bin stated Al-Baluthi dalam kitab tafsirnya, bahkan dibahas secara terpisah. Penafisran ini juga menjadi pendapat dari Imam Abu Hanifah dan murid-muridnya.Abu Abdillah Muhammad bin Umar Ar-Razi bin khatib Ar-Ray also menukilkan penafsiran ini batin kitab tafsirnya dari Abul Qasim Al-Balkhi dan Abu Muslim Al-Asfahani dan dinukilkan pula malalui Qurthubi dalam kitab tafirnya dari dicuri Mu"tazilah dan Qadariyah.

Lihat lainnya: Lirik Lagu I Will Rain Dan Terjemahan, Lirik Lagu It Will Rain Dan Terjemahan

Baca juga: Gelar Perkara Unlawful Killing laskar FPI Dilakukan days Ini Perbedaan pendapat mengenai permasalahan ini also dituliskan secara penuh oleh Abu Muhammad bin Hazm dalam kitabnya "Al-Milal wa An-Nihal", juga oleh Abu muhammad bin Athiyah di dalam kitab tafsirnya, tambahan oleh Abu Isa Ar-Rummami di dalam kitab tafsirnya, serta Abul Qasim Ar-Ragib dan Al-Qadhi Al-Mawardi dalam kitab tafsirnya.Al-Mawardi mengatakan " Ada dua pendapat various dari para ulama mengenai surga apa ditempati malalui Nabi Adam dan Hawa. Pertama menyatakan bahwa menemani itu adalah surga keabadian, sedangkan yang kedua menyatakan bahwa akun itu adalah surga apa diperuntukkan bagi keduanya such tempat ujian, bukan surga keabadian apa telah dikhususkan melalui Allah seperti tempat ganjaran."
*

وَمَا كَانَ لِنَفۡسٍ اَنۡ تَمُوۡتَ اِلَّا بِاِذۡنِ اللّٰهِ كِتٰبًا مُّؤَجَّلًا ؕ وَ مَنۡ يُّرِدۡ ثَوَابَ الدُّنۡيَا نُؤۡتِهٖ مِنۡهَا ‌ۚ وَمَنۡ يُّرِدۡ ثَوَابَ الۡاٰخِرَةِ نُؤۡتِهٖ مِنۡهَا ‌ؕ وَسَنَجۡزِى الشّٰكِرِيۡنَ
Dan setiap yang bernyawa noël akan mati kecuali dengan kebenaran Allah, seperti ketetapan yang telah ditentukan waktunya. Barangsiapa menghendaki pahala dunia, niscaya kalian berikan kepadanya pahala (dunia) itu, dan barangsiapa menghendaki pahala akhirat, kalian berikan (pula) kepadanya pahala (akhirat) itu, dan Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur.(QS. Ali "Imran:145)
*

Artikel Terkait
*

BACA JUGA
Hadits that The Day
Dari Anas bin Malik radhiyallahu "anhu bahwa Nabi shallallahu "alaihi wasallam bersabda:  "Tiga perkara apa apabila ada di atas diri seseorang, ia akan mendapatkan manisnya iman, yakni:  Dijadikannya Allah dan Rasul-Nya lebih dicintainya dari selain keduanya.  Jika ia mencintai seseorang, dia noël mencintainya kecuali untuk Allah.  Dan dialah benci bagian belakang kepada kekufuran, kemudian dia benci bila dilempar nanti neraka"(HR. Bukhari No. 15)