Dalam dunia penulisan, sering kita temui teks laporan dan deskripsi. Maafkan saya sebenarnya apa membedakan keduanya? Kali ini kita menjadi membahas mengenai pengertian dan ciri penggunaan bahasa diatas teks deskripsi, tak dilupakan dilengkapi tambahan dengan contohnya agar kamu lebih menyudahi memahaminya.

Anda sedang menonton: Ciri penggunaan bahasa teks deskripsi


Teks deskripsi memiliki dua sisi bila dipandang dari ciri-cirinya, yakni ciri secara umum dan ciri penggunaan bahasa pada teks deskripsi. Karena memhami semuanya, sebaiknya kita mulai dari pengertian teks penjelasan dahulu.
Teks keterangan adalah satu di antara teks dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Di dalam Kamus terlalu tinggi Bahasa Indonesia (KBBI), konotasi kata deskripsi adalah pemaparan atau penggambaran dengan prasasti secara jernih dan terperinci. Teks deskripsi merupakan teks apa menggambarkan ataukah memaparkan suatu objek secara clearly dan terperinci. Jadi, pembaca seolah dapat melihat langsung atau merasakan apa yang ditulis malalui penulis.
Tujuan teks keterangan ialah dijelaskan objek dengan detail secara subjektif ataukah melukiskan terms objek dari sudut pandang penulis. Penulis sebaiknya mampu menggambarkan objek sekonkret mungkin sehingga pembaca seakan-akan melihat, mendengarkan hingga merasakan.
Berikut adalah ciri penggunaan bahasa di ~ teks keterangan menurut Buku Siswa Bahasa Indonesia dan Portal-Ilmu, 2020.
Sedangkan ciri-ciri umum diatas teks deskripsi sebagai yang dilansir dari secara baik Super complete SMP/MTs 7, 8, 9, Elis Khoerunnisa, S. Pd, 2020 adalah:
Berisi mengenai penjabaran atau penggambaran suatu objek sebagai benda, tempat, suasana dan sebagainya.
Berisi penjelasan yang melibatkan seluruh panca indra mulai dari penglihatan, pendengaran, hingga perabaan.
*
Perbesar
Nasi goreng adalah deviasi satu memberi makan khas apa bisa ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Disajikan di dalam berbagai varian rasa yang dapat disesuaikan dengan keinginan para konsumen. Errol khas dari bumbu nasi goreng ini adalah membuat siapapun yang menciumnya dirasa kelaparan.

Lihat lainnya: Buku Paket Bahasa Jawa Kelas 8 Kurikulum 2013, Buku Basa Jawa 2 Untuk Smp/Mts Kelas 8 K13 Revisi


Nasi Goreng pribadi warna cokelat khas dari kecap, namun ada juga yang memiliki warna kuning, ungu, merah, kuning dan hitam warna-warna tersebut sekitar muncul di publik.
Gunung Bromo berbohong di perbatasan Malang dan probolinggo Jawa Timur. Gunung ini tingginya 2.392 meter pada permukaan laut. Bepergian menuju Gunung ini bisa kita wisata dari mayoritas kabupaten, yaitu Malang, Pasuruan, Probolinggo, dan Lumajang.
Bromo dikenal such salah satu secara spasial wisata utama di Jawa Timur. Secara spasial ini berbohong di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, di sebelah timur town Malang. Menyaksikan matahari terbit di sini adalah peristiwa apa menarik. Para pengunjung rela menunggu mulai kota 05.00 agar noël kehilangan momen spesial ini.
Saat thiên cerah, dari mereka bisa melihat bola matahari. Awalnya, matahari terlihat sebagai korek api, kemudian perlahan-lahan mischer sampai membentuk lingkaran jenuh dan mencerahkan. (DNR)