Pengertian Deskripsi, Ciri, Jenis, structure & 4 Contoh Teks deskripsi – Deskripsi merupakan suatu tipe tulisan yang berhubungan mencapai suatu penulis karena memberikan berupa perincian objek apa digambarkan.

Anda sedang menonton: Ciri ciri teks deskripsi bahasa jawa


Pengertian deskripsi berasal dari istilah latin yaitu “describe” yang berarti “menulis tentang atau membeberkan suatu hal“. Di dalam bahasa jawa, pengertian penjelasan adalah kang nggamabarake obyek (barang, pawongan, utawa, kahanan).
Sebaliknya, kata deskripsi also dapat dimaksudnya menjadi pemerian, yang berasal dari kata perim-emerikan yang berarti ‘melukiskan sesuatu hal’.
Sedangkan menurut Kamus terlalu tinggi Bahasa Indonesia (KBBI), bahwa pengertian keterangan adalah pemaparan atau penggambaran dng inskripsi secara jelas dan terperinci;
Menurut pendapat Akhadiah dalam Suparno dan Yunus (2006: 48) mengungkapkan bahwa deskripsi yang baik dituntut tiga hal yaitu:
mencapai kecermatan pengamatan dan kelaluasaan pengetahuan akan sifat, ciri dan wujud objek apa dideskripsikan.
luaran kemampuan pilihan secara detail khusus apa dapat menunjang adanya ketepatan dan hayatnya deskripsi”
Menurut Kurniasari bahwa pengertian penjelasan adalah pengalaman apa digambarkan secara jelas dimana pembaca ataukah pendengar merasakan sendiri such melihat, mendengar, atau menyentuh.
Menurut Keraf (1981: 93) bahwa pengertian penjelasan adalah sebuah bentuk tulisan yang bertalian mencapai usaha para penulis untuk membeberkan perincian dari objek apa sedang dibicarakan.
Menurut Notoatmodjo (2012) bahwa pengertian keterangan adalah apa disarankan buat mendeskripsikan atau menguraikan suatu keadaan di batin suatu komunitas atau masyarakat.
Adapun hasil dari teks penjelasan adalah untuk memberikan penjelasan yang utuh kepada pembaca dengan gawangnya agar mampu memahami bentuk pembicaraan apa jelas dalam karangan teks deskripsi baik dalam hal bentuk fisika ataupun wujud apa abstrak sebagai sikap, rasa dan lain sebagainya.
hal demikian terjadi, sebab dalam membuat teks deskripsi keuntungan hasil pengamatan/observasi sehingga batin menyajikan informas baik itu benda atau objek ataukah sesuatu hal pantas dengan data dan sebenarnya yang ada.
Secara umum, karangan deskripsi luaran ciri-ciri adalah: (1) menggambarkan atau melukiskan sesuatu, (2) melakukan penggambaran apa dilakukan sejelas-jelasnya dengan melibatkan adanya kesan indera, dan (3) untuk membuat pembaca ataukah pendengar dengan merasakan individu ataupun juga mengalami sendiri.
Paragraf deskripsi luaran ciri-ciri yang isinya menggambarkan suatu benda, tempat, makhluk hidup, atau sesuana tertentu.
keterangan berciri dengan does penggambaran dengan manfaat panca india diantaranya india pengelihatan, india pendengaran, indera penciuman, indra pengecapan, atau india perabaan.
hasil membaca paragraf deskripsi, yakni agar membaca atau diceritakan ikut merasakan dan lanskap sendiri objek yang dimaksud.
Menurut Shinigami (2013), di dalam Wikipedia memaparkan bahwa Struktur karangan deskripsi terdiri overhead identifikasi, klasifikasi, dan deskripsi bagian.

Maksud dari teori Shinigami pendapatnya kyung struktur teks deskripsi adalah:


Identifikasi diartikan such suatu structure paragraf deskripsi yang terdiri overhead berisi ciri, benda, tanda, dan sebagainya yang ada batin teks apa diamati.
Sedangkan untuk arti Deskripsi bagian diartikan sebagia suatu yang berisi tentang gambaran-gambaran bagian di di dalam teks tersebut.
Judul. Dalam judul, dituliskan mayoritas kata apa mewakili isi dari teks penjelasan dan objek apa dideskripsikan.
Deskripsi Umum. Pada diagram deskripsi umum menjelaskan tentang definisi/identitas objek yang dideskripsikan
Deskripsi Bagian. pada deskripsi bagian, menjelaskan tentang suatu pengklasifikasian objek apa dideskripsikan dengan memberikan gambaran-gambaran yang jelas.
batin membuat teks atau paragraf deskripsi, terdapat unsur-unsur yang were penyusun atau apa terdapat di dalam karangan deskripsi. Bukti dari unsur tersebut dapat diterawang di dalam contoh-contoh teks atau paragraf deskripsi.

Lihat lainnya: New Battle Royale Changes In Call Of Duty Battle Royale Works In Cod Mobile


seperti salah satu contohnya, Burhan (1974:100) menyampaikan bahwa dalam pembuatan karangan itu sekurang-kurangnya tercakup lima unsur yaitu,
Agar dapat mencapai sasaran mengarang apa baik, terdapat banyak saran apa berupa langkah atau töre dalam mengarang apa harus diperhatikan.
*
Ilustrasi:Pengertian Deskripsi, Ciri, Jenis, struktur & 4 Contoh Teks Deskripsi

Adapun langkah-langkah demikian di dalam menyusun paragraf keterangan adalah: