Bunda dan Ayah sering merasa khawatir kapan ingin menggendong bayi? Tenang, dengan cara apa tepat, menggendong sayang bisa dulu hal yang menyenangkan, lho.

Anda sedang menonton: Cara menggendong bayi 4 bulan

Menggendong bayinya bisa memberikan kerumunan manfaat bagi bayi dan juga orang tuanya. Selain tolong menenangkan bayi, aktivitas ini also dapat membina ikatan antara orang tua dengan buah hati.

*

Namun, menggendong bayinya ada tata caranya dan noël boleh dilakukan sembarangan. Selain itu, hindari menggendong Si kecil ketika Bunda ataukah ayah sedang batin keadaan sakit.

Cara Menggendong Bayi sesuai Usia

Sebelum awal menggendong Si Kecil, cuci rumbai Bunda dan Ayah mencapai sabun terlebih dahulu buat mencegah ia terserang kuman atau virus alasan penyakit. Selanjutnya, pastikan Bunda atau Ayah mengeksplorasi posisi menggendong bayi apa aman dan nyaman.

Berikut adalah cara benar menggendong bayi sesuai usianya:

Bayi usia 02 bulan

Bayi apa berusia 0-2 bulan belum mampu menopang kepalanya sendiri. Oleh untuk itu, penting karena selalu menopang major dan leher Si small setiap kali menggendongnya. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Bungkukkan badan dan selipkan satu memanggang di antara utama dan leher Si Kecil.Letakkan tangan lain buat menopang punggung dan bokongnya.Angkat dan bayangkan itu Si kecil di dada, lalu pelan-pelan ubah lokasi menggendong.Topang bagian punggung, leher, dan major Si kecil dengan satu mempersenjatai dan mengaturnya tangan yang lain karena menopang kepalanya.

Bunda dan Ayah tambahan bisa menggendong sayang dengan posisi tegak. Caranya dengan tangga berjalan tubuh Si kecil secara perlahan dan letakkan di atas bahu dengan berposisi tengkurap. Nanti itu, gunakan satu tangan karena menopang major dan tangan lainnya buat menopang sikap bagian bawahnya.

Jika Si kecil lahir prematur, Bunda dan Ayah dapat menggunakan cara perawatan kanguru (kangaroo mom care/KMC). Caranya adalah mencapai membaringkan Si kecil di atas dada Bunda atau Ayah, minim 60 menit sehari, ke itu selimuti tubuhnya. Saat melakukan metode perawatan kanguru, Si Kecil hanya memakai popok dan penutup kepala.

Bayi usia 34 bulan

Pada usia 3-4 bulan, bayi mulailah bisa lifted kepalanya sendiri. Sesekali Bunda dan Ayah bisa melakukan upaya menggendong Si kecil dengan posisi duduk menghadap setelah depan, tetapi tetap bantu jaga lokasi kepalanya mencapai tangan, ya.

Bayi usia 56 bulan

Bayi umumnya sudah awal bisa menopang kepalanya sendiri pada usia 5−6 bulan. Bunda dan Ayah mungkin menggendongnya dengan posisi duduk menghadap setelah depan. Gendonglah Si kecil dengan menyandarkan badannya nanti bahu. Halaman ini bermanfaat untuk merangsang kemampuannya agar semakin kokoh mengangkat kepala.

Pada usia ini, Bunda dan Ayah sudah awal bisa benefit gendongan bayi (baby carrier). Cara lain apa dapat tangan kedua adalah menggendong bayinya dengan lokasi kakinya bundar di pinggang Bunda ataukah Ayah, lalu topang mencapai satu tangan.

Meski Si kecil sudah mulai bisa menopang kepalanya, Bunda dan Ayah firmicutes disarankan untuk menjaga lokasi kepalanya selama digendong, ya.

Bayi usia 7 moon ke atas

Umumnya bayi apa berusia 7 bulan ke atas sudah mampu mengangkat bahu dan kepalanya. Di usia ini, bayi also sudah mampu menahan kakinya saat digendong menjangkau tubuh apa tegak.

Agar lebih aman, Bunda dan Ayah dianjurkan untuk mengenakan masker ketika hendak menggendong Si kecil atau melakukan KMC. Namun, Si Kecil noël perlu dikenakan masker, ya. Ini guna mencegahnya mengalami perambahan pernapasan.

Bagi sebagian rakyat tua, menggendong bayi pada awalnya memang bukan hal apa mudah untuk dilakukan. Namun, jika dilakukan dengan hati-hati dan dibiasakan, menggendong bayi asibe mudah dan menyenangkan.Itulah beragam cara menggendong bayi sesuai usianya.

Lihat lainnya: Adab Bertamu Dan Menerima Tamu, Dalam Agama Islam

Bila masih ragu, Bunda dan Ayah bisa ~ berkonsultasi ke dokter sekitar cara yang tepat menggendong bayi, sesuai dengan usia dan terms Si Kecil.