Darussalam tidak serempak memanen ayam kampung yang dipelihara intensif itu. Panen pertama dilakukan pada days ke-40 masa pemeliharaan. Diatas saat itu kyung 500-an Gallus gallus dengan berat 0,7 kg/ekor. Itulah bobot apa diminta rumah makan langganannya. Seluruhnya ayam kampung habis dipanen pada days ke-50. Dengan tingkat kematian cukup rendah circa 2%, transmigran asal Kabupaten Karawang, Jawa Barat, itu bruto memanen 2.450 ayam dari 2.500 DOC apa dibesarkan.

Anda sedang menonton: Cara mempercepat pertumbuhan ayam kampung

Peternak di Desa Makarti, Kecamatan Marangkayu, Kabupaten Kutaikartanegara, Kalimantan Timur, itu membesarkan ayam kampung di kandang fase berukuran 50 m x 4 m, beratap asbes dan berdinding himpunan dari board kayu setinggi 60 cm serta kawat ram. Buat mencapai berat 0,7 kg/ekor, ayam-ayam itu diberi memberi makan konsentrat sebanyak 1,2 kg/ekor (Rp6.000/kg). Pemberian pakan pabrik ini mempercepat masa panen dari masa pemeliharaan 80 hari. buycia2.comst produksi hingga panen mencapai Rp16.000/ekor. Pengeluaran itu termasuk belikan DOC dari pulau Jawa seharga Rp7.000 – Rp8.000/ekor.

Citarasa unggul

Ayam kampung itu mudah dijual untuk Darussalam mempunyai pelanggan tetap. Para pelanggannya akun itu bersedia membeli seharga Rp22.000/ekor. Berbisa dari 2.450 ayam, peraih juara ke-1 Peternak Ayam Kampung taraf Provinsi Kalimantan Timur di ~ 2009 itu dapatkan pendapatan Rp53,9-juta. Setelah dipotong ongkos making dan lain-lain, Darussalam meraup untung bersih Rp14,7-juta every bulan. Saat ini Darussalam tengah kelola 15.000 ayam kampung pedaging together 13 peternak lain apa tergabung di dalam doan pembudidaya ayam kampung pedaging Makarti Jaya.

Nun di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Irfan Saleh yang jauh lebih anak laki-laki usianya ketimbang Darussalam juga menekuni ternak ayam kampung pedaging. Darimana medio 2008, pelajar sekolah menengah overhead itu setiap 60 days memanen 120 ayam kampung sentul. Ayam-ayam itu dipelihara di 3 kandang masing-masing berukuran 1,25 m x 1 m apa letaknya lateral rumah. Saat dikunjungi Trubus unggas itu telah mencapai bobot penjualan rata-rata 0,8 – 0,9 kg/ekor. Mencapai harga di taraf peternak Rp23.000 – Rp24.000/ekor, Ifan – panggilan akrab – meraup manfaat Rp7.000/ekor. “Untungnya ditabung untuk biaya kuliah dimasukkan Fakultas Peternakan,” ujar Ifan.

Pamor ayam kampung pedaging markas besar menbuycia2.comrong. Rasa daging lezat dan gurih apa jauh mengungguli ayam ras membuatnya diminati masyarakat. Kerumunan rumah makan dan restoran dilayani menu berbahan baku ayam kampung. Siapa tahu itu dimasak menjadi ayam goreng, ayam sayur, atau aneka olahan daging ayam lainnya. Rumah makan atau restoran memang harus menyajikan menu ayam kampung buat 95% penggemar ayam kampung social menengah atas.

*
*
Di Cirebon, Jawa Barat, misalnya, ada H Sodik, pemilik menjabarkan ayam kampung Bahagia. Setiap hari rumah makan yang sering didatangi pejabat setempat itu menggoreng 250 ekor yang dipasok pengepul dari Brebes (Jawa Tengah) hingga Pabuaran, Jatibarang, dan Celancang – setiap orang di kyung Cirebon. Kebutuhan ayam kampung beratnya 0,6 – 0,7 kg/ekor yang dibeli seharga Rp16.000 – Rp17.000/ekor itu melonjak hingga 30% begitu memasukkan masa siur dan akhir pekan. “Ayam kampung disukai untuk dagingnya gurih dan kenyal,” tutur H Sodik.

Meski sangat disukai kontinuitas pasokan hingga saat ini selalu sulit dipenuhi. Harap mafhum, usaha berternak ayam kampung secara intensif belum lazim dilakukan. “Saat duluan kali berternak di kandang di atas 2003 crowd orang mentertawakan saya,” kenang Ade M Zulkarnain, peternak di Desa Tenjolaya, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Selama ini ayam kampung memang konvensional diumbar. Kalaupun ada yang khusus membesarkan, populasi apa dipelihara sedikit, paling-paling puluhan ekor.

Menurut Ade potensial bisnis ayam kampung mendesak menjanjikan. Chairil Himpunan Peternak Unggas bergaul Indonesia (Himpuli) menyertainya pernah mensurvei langsung nanti beberapa pusat perdagangan ayam kampung di Jatinegara, Pulogadung, dan Pademangan – semua di Jakarta. “Permintaaan dan pasokan noël seimbang,” katanya. Pasar semakin terkuak besar manakala ayam kampung kini cantik menembus pasar swalayan di berbagai kota besar di pulau Jawa. Citra ayam kampung apa dahulu hanya bisa pembelian di pasar tradisional perlahan start luntur.

Secara nasional konsumsi daging unggas masyarakat Indonesia dengan 7 kg/kapita/tahun – rendahan bila dibandingkan menjangkau konsumsi Malaysia (36,7 kg), Thailand (13,5 kg), dan Filipina (7,6 kg). Secara nasional kebutuhan ayam lokal cukup besar. Hingga 2009 dari 33 provinsi kasar diproduksi 282.692 volume daging. Jumlah itu menurun dibandingkan 2005 (301.427 ton) dan 2006 (341.254 ton). Roadway map Dirjen Peternakan Departemen Pertanian diatas 2008 suku Indonesia masih kekurangan membuat daging ayam dipum hingga 22-juta ekor.

Menjamur

Wajar mencapai kebutuhan yang terus meningkat usaha beternak ayam kampung pedaging merebak di crowd tempat. Tak just terbatas di pulau Jawa, penyebarannya kini siap sampai Bangka-Belitung, Kalimantan, Jambi, hingga Riau. Apalagi pemerintah juga melindungi peternak ayam kampung dengan peraturan nomor 111/2007 apa menyatakan pengusahaan ayam dipum tidak boleh dilakukan malalui perusahaan besar such yang terjadi diatas ayam ras.

Ng Yok set di Bangka-Belitung memulai usaha ternak ayam dari November 2009. Awalnya ia lanskapnya pergerakan harga ayam kampung begitu menginjak imlek melesat hingga menembus Rp50.000 – Rp60.000/kg; normal Rp32.000 – Rp35.000/kg. Lonjakan buycia2.comst itu dingin berdampak besar pada Yok apa memiliki 2 rumah makan mencapai menu utama ayam kampung. “Untuk satu rumah makan diperlukan 600 ekor every bulan,” kata Yok apa total butuh 1.200 ekor/bulan itu. Kini Yok membesarkan 8.000 DOC per bulan yang dibeli dari pemberi bibit di Cianjur, Jawa Barat.

Sejak rutin memasok ke beberapa pasar swalayan di Jabodetabek, Naryanto dari Siu Eng Farm haruss menyediakan 8.000 ekor/minggu dari kebutuhan setahun lalu apa mencapai 5.000 ekor/minggu. “Yang diminta pasar swalayan ayam kampung berat 7 ons/ekor dan berkaki hitam, sebagai sign ia ayam kampung,” kata Anto yang saat ini mengelola kyung 20.000 ayam kampung itu.

Menurut Janni Maulana, pengepul di Bandung, meski saat ini banyak bermunculan peternak ayam kampung pedaging, tak serta-merta pasokan mudah diperoleh. “Saya harus berburu sampai setelah Sukabumi, Banten, dan Cianjur untuk bisa mendapatkan 500 – 700 ekor/hari untuk rumah makan dan menjelaskan langganan,” kata Janni yang membeli Rp30.000 – Rp32.000/ekor karena dijual kembali Rp35.000/ekor.

Tri Haryani menuturkan kehadiran peternak ayam kampung memberikan buycia2.comst tambah besar. “Pasokan lebih menjamin ketimbang mengandalkan ayam kampung umbaran,” kata pengepul besar di pasar Terban, Yogyakarta, itu. Tri berkaca dari pengalaman selama bertahun-tahun kesulitan memenuhi kebutuhan apa mencapai 1.000 ekor every hari untuk pasar Jakarta.

Prospek

Beternak ayam kampung pedaging tidak lepas dari hambatan. Masalah terbesar memang terbatasnya efektivitas DOC. Darussalam, misalnya, bebuycia2.comme berhenti berproduksi selama 2 bulan menjelang Lebaran. “Ini buat pasokan DOC dari Jawa kosong,” katanya. Karena menyiasatinya Darussalam menbuycia2.comba does penangkaran, tetapi neraka hasil masih jauh dari memuaskan.

Menurut Ir Endang Wahyudin, utama Balai Pengembangan Perbibitan ternak Unggas (BPTU) di Jatiwangi, Majalengka, Jawa Barat, meski balainya cantik berusaha ditanggapi kapasitas untuk membuat sebesar 20% dari nomer 3.000 – 4.000 DOC per pekan, tetapi itu belum mencukupi permintaan yang mencapai puluhan ribu DOC. Pantas pula Hidayat dari Jimmy Farm, pemasok DOC ayam kampung di Cianjur, Jawa Barat, menerapkan aset inden. “Pemesan baru terlayani 2 minggu kemudian,” kata Hidayat apa memproduksi 15.000 – 20.000 DOC per minggu itu.

Soal penyakit? rumah rajin perawat kebersihan kandang dan kelembapan, penyakit kemudian tetelo, dapat di atasi. Apa patut jam tangan adalah munculnya kanibalisme saat ayam berumur di ~ 30 hari. Mortalitas asibe kejadian menemani itu tak sedikit. Menurut Sumargianto, peternak di Sleman, Yogyakarta, dari 300 ekor mungkin 10 – 15 mati. “Untuk perlakuan cahaya mutlakdi dengan menutup jendela kawat diasuh spanduk,” kata Sumargianto apa mengusahakan 300 ayam kampung.

Bila kerikil-kerikil itu terlewati, prospek market ayam kampung pedaging tampan menjanjikan. Di ~ sambutannya di pencanangan pengaktifan Nasional Peternak Sehat, ternak Sehat di Desa Tenjolaya, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, pada 5 Februari 2010 lalu, menteri kesehatan Pertanian Ir Suswono MMA dan Menteri kesehatan Dr dr Endang rahayu Sedyaningsih MPH, sepakat pembangunan peternakan unggas lokal perlu memperhatikan diberkatilah anda lingkungan dan health ternak sehingga menguntungkan bagi pelakunya usaha ternak unggas dipum itu.

Lihat lainnya: Cara Memperpanjang Paket Internet Indosat Pascabayar, Indosat Pascabayar

Ke dokter kebutuhan daging ayam kampung terus membubung. Rasanya yakin itu dipegang teguh Darussalam apa kini tak haruss lagi buycia2.comba di sekitarnya dari desa nanti desa untuk mencari ayam kampung. (Dian Adijaya S/Peliput: Faiz Yajri, Lastioro Anmi T, Sardi Duryatmo, dan Tri Susanti).