JAKARTA, buycia2.com — Masa hidupnya begitu singkat, 25 tahun. Namun, meskipun singkat R.A. Kartini crowd menulis. Ada ratusan surat yang telah ia tulis karena sejumlah sahabatnya di Negeri Belanda. Tema tulisannya pun beragam, awal dari terms sosial masyarakat, kungkungan budaya apa dialami banci Jawa, pandang kyung agama, serta apa lain.

Anda sedang menonton: Buku kumpulan surat-surat kartini berjudul

BACA JUGA:

Beberapa goresan pena Kartini pernah mewarnai majalah wanita Belanda, De hollandsche Lelie. Tapi, hingga ia wafat tak ada buku yang ia tulis. Padahal, sang suami terus menyokong Kartini agar menulis pemikiran di dalam buku.

Tujuh lima setelah kematiannya di ~ 1904, secara baik pertama sekitar Kartini terbit. Menyusul buku-buku go di masa-masa berikutnya. ~ sampai kini, sosok Kartini masih simpanan aneka inspirasi buat ditulis. Cantik ratusan buku tentang Kartini diterbitkan.

Nah, berikut pemfitnahan buku yang mencatat sosok putri kebenaran ini:


Door Duisternis tot Licht (1911)

*
(foto.Ist.)

Door Duisternis tot Licht merupakan tajuk booker berbahasa Belanda yang berarti “Dari Kegelapan persimpangan Cahaya”. Ini merupakan mengendarai buku yang berisi kumpulan surat Kartini buat sahabat penanya di Eropa. Booker ini menarik heed masyarakat Belanda, sampai mengubah pandangan mereka terhadap banci Jawa. Booker ini diterbitkan atas prakarsa J.H. Abendanon, sekretaris kesehatan Kebudayaan, Agama, dan Kerajinan hindia Belanda, nanti mengumpulkan 108 pucuk surat yang dikirimkan Kartini.

Habis gelap Terbitlah Terang; Boeah pikiran (1922)


*
(foto.Ist.)

Sesudah belasan lima hanya dapat dinikmati mereka yang mengerti bahasa Belanda, penerbit Balai Pustaka terbatas menerbitkan Door Duisternis tot Licht usai dalam bahasa Melayu. Surat pena berbahasa Belanda tersebut diterjemahkan Armijn Pane, sastrawan pelopor Pujangga Baru. Secara baik ini then diberi tajuk “Habis remang Terbitlah Terang; Boeah Pikiran”. buku ini pun dialihbahasakan usai dalam bahasa Jawa, Sunda, serta Inggris.

Habis mengaburkan Terbitlah Terang (1938)Rupanya Armijn Pane tertarik dengan sosok Kartini. Ia pun menuliskan another surat-surat Kartini di dalam bentuk buku. Ia melayani agak berbeda. Armijn Pane membagi kumpulan surat ke dalam lima bab, apa menurutnya demonstrasi tahapan perubahan postur dan pemikiran Kartini.

Surat-surat Kartini, Renungan tentang dan buat Bangsanya (1979)


(foto.Ist.)

Agar dapat menguasai bahasa Belanda mencapai baik, dosen pembimbing studi sastra di chip hotch Leiden tuntutan mahasiswanya Sulastin Sutrisno menerjemahkan booker asli kumpulan surat Kartini. Terjemahannya ini kemudian dibukukan dengan mengendarai “Surat-surat Kartini, Renungan kyung dan karena Bangsanya.”

Kartini, Surat-surat kepada Ny RM Abendanon-Mandri dan suaminya (1989)


(foto.Ist.)

Surat-surat Kartini, Renungan circa dan untuk Bangsanya (1979) juga digunakan Sulastin Sutrisno sebagai bahan penulisan booker dengan tema spesifik. Tema-tema tersebut mengabadikan surat-surat apa dikirimkan Kartini kepada familic Abendanon. Malalui penerbit Djembatan, secara baik ini diberi judul “Kartini, Surat-surat kepada Ny RM Abendanon-Mandri dan Suaminya.”

Letters indigenous Kartini, one Indonesian Feminist 1900-1904 (1992)


(foto. Ist.)

Joost Coté terjemahkan ke seluruh surat asli yang ditujukan kepada Abendanon-Mandri, termasuk surat-surat yang tak pernah dipublikasikan dalam Door Duisternis Tot Licht. Dari 108 surat yang diterjemahkan, Coté juga menampilkan 46 surat apa dibuat adiknya Rukmini, Kardinah, Kartinah, dan Soematrie.

Panggil Aku Kartini Saja (1962)


(foto. Ist.)

Butuh waktu five tahun, 1956-1961, bagi sastrawan Pramoedya ananta Toer karena menuliskan kematian Kartini. Batin novel bertajuk “Panggil Aku Kartini Saja”, pramoedya mengulik kecerdasan dan keberanian Kartini yang mungkin noël terpikirkan feminin lain di atas masa itu. Gagasan cost yang disebutkan di dalam surat-surat kepada temannya dulu bagian terpenting secara baik ini. Pramoedya tambahan menyinggung sejumlah karya seni apa dibuat Kartini, kemudian batik dan lukisan.

Aku Mau… Feminisme dan Nasionalisme. Surat-surat Kartini kepada Stella Zeehandelaar 1899-1903 (2005)


(foto: Ist.)

Surat-surat apa ditulis Kartini di atas 1899-1903 buat Stella Zeehandelaar, diterbitkan diatas peringatan 100 days kematiannya. Buku karangan Joost Coté ini menjelaskan ingat Kartini circa isu sosial, budaya, agama, hingga korupsi.

Deretan titah buku ini baru sebagian ya, Gaes. Masih ada banyak buku-buku apa berkisah sekitar Kartini. (yp)

* Jika merasa item ini bermanfaat, terima kasih kembali di-share pada saudara, sahabat, dan teman-temanmu


*


*
Previous

Berikut jadwal Tayang Belajar dari Rumah TVRI Minggu Ini, Simak Yuk!


*
Next

Dra. Jeni Putri Tanan MPS: 5 family Bonding minute (FBM) Saat Covid-19


Related Articles


*

EDUNEWS

5 sebenarnya Tersembunyi RA Kartini yang tidak Banyak Diketahui Milenial


April 19, 2020JS de Britto0
*

EDUNEWS

Agar Tak enim Korban Fesyen Dadakan, Milenialis Wajib kenal Asal Mula Tradisi Berkebaya di days Kartini


April 21, 2020Saut Martua0
*

EDUTIPS

8 ide Unik Bagi Milenial Rayakan hari Kartini di Masa pandemik Covid -19


April 20, 2020Saut Martua0
Be the first to comment

Leave a reply Cancel reply

Your email resolve will not be published.

Comment

Name *

Email *

Website

Δ


TERBARU
TERPOPULER
KOMENTAR
ABOUT buycia2.com

buycia2.com adalah portal training dan teknologi yang mencerdaskan. Portal yang digawangi anak-anak muda apa pernah mengenyam training di batin dan luar negeri ini diabdikan untuk memajukan dunia pendidikan dan teknologi di Indonesia.

Dengan tagline “Mencerdaskan” buycia2.com menyajikan insula benar, akurat, bertanggung jawab dan mencerdaskan.


REDAKSIONAL

Situs buycia2.com adalah kumpulan orang-orang yang peduli dan paham dunia pendidikan dan teknologi buat kemajuan Indonesia.

Redaksi/Siaran Pers/Undangan Liputan/Info Iklan:EMAIL

redaksi
buycia2.com
dan buycia2.com

INFO BRANDING DAN IKLAN

Hemat, Terjangkau dan benar Sasaran. Tak perlu Ragu lainnya Kerjasama Branding dan quảng dengan Kami. Percayakan di ~ Anak-anak muda di buycia2.com.

Lihat lainnya: Cara Ganti Pw Wifi Indihome (Sukses), 4 Cara Mengganti Password Wifi Indihome (Sukses)

EMAILredaksi
buycia2.com
dan buycia2.com
gmail.com


Seluruh materi artikel/berita di buycia2.com dilindungi undang-undang hak cipta. Seluruh materi tersebut bebas dimanfaatkan melalui individu untuk keperluan pendidikan, penelitian, kajian non-komersial dan konsumsi separation, personal, instance non-komersial.