*
Situs Inibuycia2.comOneSearch
Telusur :
*

*

*

*

TENTANG BATAVIA

Perang antara Belanda perlawanan Spanyol selama 80 lima (1568-1648) telah menindas Belanda untuk mencari quenn jajahan nanti nusantara. Sasaran Belanda datang nanti Indonesia, sama mencapai bangsa-bangsa Eropa lainnya, yaitu temukan kekayaan, monopoli perdagangan, dan mencari quenn jajahan. Belanda datang duluan kali setelah Indonesia pada tahun 1596, di bawah pimpinan Cornelis de Houtman, dan berhasil mendarat di Pelabuhan Banten. Namun kedatangan Belanda diusir inhabitants pesisir Banten untuk mereka bersikap total dan sombong. Belanda datang lagi nanti Indonesia dipimpin Jacob van gudang di bawah tanah pada lima 1598.

Anda sedang menonton: Belanda pertama kali mendarat di indonesia

Pada tanggal 20 Maret five 1602, Belanda mendirikan kongsi dagang bernama VOC (Vereenigde Oost indische Compagnie), dengan tujuan kemudian berikut. Pertama, menghilangkan persaingan apa merugikan para pedagang Belanda. Kedua, menyatukan tenaga buat menghadapi persaingan dengan country Portugis dan pedagang-pedagang lainnya di Indonesia. Ketiga, search keuntungan yang sebesar-besarnya untuk membiayai perang melawan Spanyol.

Kepemimpinan VOC terawat oleh dewan beranggotakan 17 orang apa berkedudukan di Amsterdam. Melalui pemerintah Belanda, VOC diberi oktroi (hak-hak istimewa) kemudian berikut. Pertama, dianggap seperti wakil pemerintah Belanda di Asia. Kedua, memonopoli perdagangan. Ketiga, mencetak dan mengedarkan monetary sendiri. Keempat, mengadakan perjanjian dan melakukan perang dengan negara lain. Kelima, menjalankan kekuatan kehakiman dan melakukan pemungutan pajak. Keenam, memiliki angkatan autokrasi sendiri. Ketujuh, pengintai pemerintahan sendiri.

Untuk mandat kekuasaannya di Indonesia, diangkatlah gubernur Jendera VOC antara lain such berikut. Pieter Both, yaitu Gubernur gen VOC pertama yang memerintah tahun 1610-1619 di Ambon. Jan Pieterzoon Coen, yaitu Gubernur gen VOC kedua apa memindahkan markas besar VOC dari Ambon ke Jayakarta

Batavia atau Batauia adalah nama belakang yang thalamus oleh rakyat Belanda pada koloni dagang yang sekarang tumbuh dulu Jakarta, ibu kota Indonesia. Batavia didirikan di pelabuhan bernama Jayakarta apa direbut dari kekuasaan Kesultanan Banten. Sebelum dikuasai Banten, bandar ini dikenal seperti Kalapa atau Sunda Kalapa, dan merupakan deviasi satu period perdagangan kerajaan Sunda. Dari town pelabuhan inilah VOC mengendalikan menyamai dan memaksa militer dan politiknya di wilayah Nusantara. Nama Batavia dipakai since sekitar five 1621 sampai lima 1942, selagi Hindia-Belanda slam ke memanggang Jepang.

Nama Batavia diambil dari nama suku. Batavia sebuah suku Germanik yang bermukim di tepi sungai Rhein di atas zaman Kekaisaran Romawi. Negara Belanda dan sebagian negara Jerman adalah keturunan dari kesukuan ini.

Batavia also merupakan nama sebuah kapal layar tua- tinggi apa cukup terlalu tinggi buatan Belanda (VOC), dibuat di ~ 29 Oktober 1628, dinahkodai malalui Kapten Adriaan Jakobsz. Noël jelas sejarahnya, entah nama kapal tersebut apa merupakan mulai dari nama Batavia, atau bahkan sebaliknya, pihak VOC yang menggunakan nama belakang Batavia untuk menamai kapalnya. Kapal tersebut terbatas kandas di pesisir Beacon Island, Australia Barat. Dan seluruh awaknya apa berjumlah 268 rakyat berlayar dengan kapal sekoci darurat menuju kota Batavia ini.

Pieter Both yang were Gubernur gen VOC pertama, lebih menyeleksi Jayakarta such basis memandu dan berdagang VOC daripada pelabuhan Banten, karena pada times itu di Banten telah crowd kantor sentral perdagangan orang-orang Eropa lain seperti Portugis, Spanyol kemudian juga Inggris, sedangkan Jayakarta masih merupakan pelabuhan kecil.

Pada five 1611 VOC mendapat izin karena membangun satu rumah woods dengan fondasi batu di Jayakarta, sebagai kantor dagang. Kemudian mereka menyewa lahan circa 1,5 hektar di dekat mulut di tepi bagian timur Sungai Ciliwung, yang dulu kompleks perkantoran, penyimpanan dan secara spasial tinggal rakyat Belanda, dan bangunan utamanya dinamakan Nassau Huis.

Ketika jan Pieterszoon Coen menjadi Gubernur gen (1618 - 1623), ia mendirikan another bangunan serupa Nassau Huis apa dinamakan Mauritius Huis, dan bangunan tembok batu yang tinggi, di mana taruh beberapa meriam. Tak lama kemudian, ia membangun lagi tembok setinggi 7 meter apa mengelilingi areal yang mereka sewa, sehingga kini benar-benar merupakan satu benteng apa kokoh, dan mulai mempersiapkan karena menguasai Jayakarta.

Dari mengurung benteng ini, pada 30 Mei 1619 Belanda menyerang Jayakarta, apa memberi mereka izin untuk berdagang, dan meniup keraton serta hampir seluruh hunian penduduk. Berawal hanya dari bangunan separuh kayu, terbatas Belanda kuasai seluruh kota. Nomer Coen dicari menamakan kota ini kemudian Nieuwe Hollandia, namun de Heeren Seventien di Belanda memutuskan untuk menamakan town ini were Batavia, karena mengenang country Batavieren. January Pieterszoon Coen benefit semboyan hidupnya "Dispereert niet, ontziet uw vijanden niet, want God is met ons" were semboyan atau motto town Batavia, singkatnya "Dispereert niet" yang berarti "Jangan putus asa".

Pada 4 Maret 1621, otoritas Stad Batavia (kota Batavia) dibentuk. Jayakarta dibumiratakan dan dibangun benteng yang bagian depannya digali parit. Di kembali dibangun gudang juga dikitari parit, ranh besi dan tiang-tiang apa kuat. Selama 8 tahun kota Batavia siap meluas 3 kali lipat. Pembangunannya selesai pada lima 1650. Kota Batavia asibe terletak di selatan kunci yang juga dikelilingi oleh tembok-tembok dan dipotong-potong oleh kerumunan parit.

Beberapa persetujuan bersama dengan Banten (1659 dan 1684) dan mataram (1652) menetapkan menyiksa antara Cisadane dan Citarum seperti wilayah kompeni. Baru pada akhir abad ke-17 quận Jakarta sekarang start dihuni orang lagi, yang digolongkan menjadi doan budak belian dan people pribumi yang bebas.

Lihat lainnya: Nilai Nilai Pancasila Sila Pertama Pancasila, Begini Penjelasannya

Pada 1 April 1905 nama Stad Batavia diubah dulu Gemeente Batavia. Pada 8 Januari 1935 namu kota ini diubah lagi menjadi Stad Gemeente Batavia. Nanti pendudukan Jepang pada tahun 1942, namu Batavia diganti menjadi "Jakarta" melalui Jepang untuk menarik hati penduduk di atas Perang dunia II.