“Telinga terdiri dari tiga bagian, yaitu telinga bagian luar, tengah, dan dalam. Setiap bagian telinga memiliki peran dan fungsinya masing-masing. Telinga potongan luar buat mengumpulkan suara, telinga markas besar menghasilkan getaran, dan telinga bagian dalam merupakan angkasa dimulainya sinyal saraf.”

buycia2.com, champa – Telinga merupakan penyimpangan organ apa penting pada tubuh kita. Body organ ini merupakan indera yang bertanggung jawab untuk pendengaran.

Anda sedang menonton: Bagian bagian telinga dan fungsinya

Telinga terdiri dari mayoritas bagian yang memiliki peran dan fungsinya masing-masing, sehingga membuat voice bisa terdengar oleh kamu. Yuk, kenali pecahan telinga dan fungsinya agar kamu mungkin memahami cara action organ tubuhmu tersebut.

Baca juga: tidak sah Fungsi dan Anatomi Telinga bagian Dalam



Bagian-Bagian Telinga dan Fungsinya

Telinga terdiri dari tiga bagian berbeda apa bekerja sama karena mengumpulkan voice dan mengirimkannya ke otak. Berikut ini fragmen telinga dan fungsinya:

Telinga potongan Luar – dikumpulkan Suara

Telinga luar terdiri dari pinna ataukah lebih dikenal dengan lembaran telinga dan saluran telinga. Lembaran telinga yang berada di sisi utama terbuat dari tulang rawan yang keras apa ditutupi melalui kulit. Fungsional utamanya adalah mengumpulkan suara dan menyalurkannya setelah saluran telinga, apa merupakan jalur apa mengarah usai telinga tengah.

Kelenjar di kulit yang melapisi saluran telinga making earwax yang berfungsi buat melindungi kanal dengan merekatkan bangku maupun hewan kecil yang masuk ke dalam telinga, serta help mencegah infeksi.

Baca juga: 5 kebenaran Tentang bangku Telinga

Telinga Bagian sentral – hasilkan Getaran apa Baik

Telinga bagian markas besar adalah rongga berisi udara apa mengubah gelombang suara menjadi getaran dan mengirimkannya setelah telinga potongan dalam. Telinga potongan luar dan sentral dipisahkan oleh gendang telinga atau membran timpani, yaitu sepotong jaringan tipis apa terbentang rapat di terusan telinga. Suara yang masuk akan menghantam gendang telinga dan melakim bergerak.

Gerakan tersebut disebabkan getaran di ~ tiga tulang yang sangat small di telinga potongan tengah apa dikenal such tulang-tulang pendengaran ataukah osikel. Osikel terdiri dari:

Malleus, apa melekat pada gendang telinga.Inkus, apa melekat pada malleus.Stapes, yang melekat pada inkus merupakan tulang terkecil di tubuh.

Untuk mendengarkan dengan benar, desakan di kedua sisi gendang telinga kamu harus sama. Saat kamu berada di ~ ketinggian atau di bawah kedalaman, desakan udara berubah, dan kamu mungkin akan merasakan sensasi letupan saat telinga pengaturan diri. Mereka bisa ~ menyesuaikan berkat tabung Eustachia yang sempit apa menghubungkan telinga bagian tengah ke bagian belakang hidung. Tabung tersebut bertindak kemudian seperti katup tekanan yang menjaga tekanan tetap balancing di kedua sisi gendang telinga.

Telinga Bagian batin – pensinyalan Saraf mulai Di Sini

Getaran dari telinga pusat berubah menjadi sinyal saraf di telinga bagian dalam. Telinga bagian dalam meliputi koklea dan saluran setengah lingkaran. Koklea yang berbentuk seperti siputlah apa bertanggung jawab mengubah getaran dari telinga tengah menjadi sinyal saraf. Sinyal-sinyal ini then berjalan nanti otak di sepanjang saraf koklea, yang also dikenal seperti saraf pendengaran.

Sedangkan terusan setengah lingkaran, terlihat such tiga pipa kecil yang terhubung. Saluran ini berfungsi untuk membantu kamu menyeimbangkan. Saluran setengah lingkar berisi cairan dan dilapisi mencapai rambut-rambut kecil.

Saat major kamu bergerak, cairan di kanal mengalir, lalu menggerakkan rambut. Rambut-rambut mengirimkan informasi lokasi ini kemudian sinyal melalui saraf vestibular usai otak kamu. Otak kemudian menafsirkan sinyal-sinyal ini dan mengirimkan pesan setelah otot-otot yang membantu kamu firmicutes seimbang.

Ketika kamu berbelok dan berhenti, kamu were pusing untuk cairan di saluran setengah lingkaran masih mengalir buat sementara waktu, memberi otak kamu gagasan bahwa kamu masih berputar, bahkan kapan kamu siap berhenti. Selama cairan pegang bergerak, pusing akan hilang.

Saraf koklea apa melekat di ~ koklea berfungsi bejana informasi suara setelah otak dan saraf vestibular yang bawa informasi setara dari kanal setengah lingkaran setelah otak. Kemudian, mereka bersama-sama membentuk vestibulocochlear saraf.

Baca juga: kapan Waktu yang Tepat ke Dokter THT?

Itulah fragment telinga dan fungsinya. Bila kamu mengalami mengganggu pendengaran atau sakit di atas telinga, kamu bisa ~ cek kebutuhan obat telinga di aplikasi buycia2.com. Membukukan order saja lewat aplikasi dan pesananmu menjadi diantar batin waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di Apps keep dan Google Play.

*
Referensi:Kids Health. Diakses di atas 2021. Her Ears.

Lihat lainnya: Contoh Soal Bangun Datar Trapesium, Contoh Soal Bangun Datar Dan Pembahasannya

Healthline. Diakses diatas 2021. Ear.