Jakarta -

Salah satu amalan sunnah yang bisa dikerjakan di bulan Muharram adalah sholat tahajud. Sholat ini merupakan salah satu ibadah sunnah apa dicontohkan melalui Rasulullah SAW. Karena melaksanakannya, ada niat sholat tahajud apa harus dibaca.

Anda sedang menonton: Bacaan dan niat sholat tahajud

Sholat tahajud adalah sholat sunnah yang dilakukan usai tidur meskipun hanya sebentar. Dikutip dari buku Panduan Sholat wajib & Sunnah Sepanjang Masa Rasulullah observed karya Ustadz Arif Rahman, sholat sunnah ini noël dapat disebut sebagai sholat tahajud bila noël didahului mencapai tidur. Melainkan hanya disebut menjangkau sholat malam biasa.

Adapun cara mengerjakan sholat tahajud sama such sholat sunnah lainnya. Perbedaannya hanya terletak di ~ bacaan niat saja. Berikut bacaan niat sholat tahajud beserta artinya.


Baca juga: Niat Sholat Subuh Kesiangan, semoga Nggak sering Dibaca Ya

Bacaan Niat Sholat Tahajud Beserta Artinya

اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

Bacaan latin: Ushalli sunnata-t-tahajjudi rak"ataini lillahi ta"ala. Allahu akbar

Artinya: Saya beriniat mengerjakan sholat sunnah tahajud dua rakaat karena Allah Ta"ala. Allah Maha Besar.

Selain seperti ibadah sunnah apa dicontohkan melalui Rasulullah, sholat tahajud memiliki berbagai keutamaan. Kutipan dari booker 4 Shalat Dahsyat (Tahajud, Fajar, Subuh, Dhuha) apa ditulis malalui Puspa Swara dan Ahmad Erkan, terdapat empat keutamaan di dalam sholat tahajud sebagai buah usaha untuk bangun di malam hari, di antaranya:

1. Dijanjikan ruang angkasa terpuji

Keutamaan pertama adalah mendapat glory dari Allah SWT. Kemuliaan ini berupa janji Allah kepada orang yang mengerjakan sholat tahajud untuk ditempatkan usai dalam gologan orang-orang terpuji.

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَىٰ أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

Artinya: "Dan di ~ sebahagian malam hari shalat tahajudlah kamu kemudian suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu tangga berjalan kamu usai tempat apa terpuji." (QS. Al Isra: 79).

2. Waktu paling dekat dengan Allah

Di antara waktu-waktu yang mustajab untu berdoa yakni sepertiga malam. Sholat tahajud adalah satu di antara waktu tersebut. Sholat tahajud merupakan deviasi satu bentuk pendekatan ourselves dari hamba kepada Allah SWT. Rasulullah saw bersabda:

"Seorang hamba berada paling dekat dengan Rabb-Nya ialah kapan ia sedang bersujud. Maka perbanyaklah berdoa ketika itu." (HR. Muslim).


Baca juga: Shalat Sunnah Rawatib dan chapter Penting yang Perlu Diperhatikan

3. Dijanjikan surga

Surga Allah just akan diberikan kepada orang yang bersungguh-sungguh di jalan-Nya. Termasuk bagi orang apa mengabiskan times malamnya menjangkau sholat tahajud. Sebagaimana batin suatu riwayat hadits:

"Dirikanlah sholat di times malam ketika umat ​​manusia sedang tidur, dan masuklah surga dengan kedamaian," (HR. Ahmad, Ibnu Hibban, dan Hakim).

4. Jaminan ampunan

Keutamaan terakhir yang Allah berikan kepada orang apa mengerjakan sholat tahajud adalah dapat diandalkan ampunan dari-Nya. Deviasi satu hadits apa menegaskan hal tersebut adalah such berikut:

عَلَيْكُمْ بِقِيَامِ اللَّيْلِ فَإِنَّهُ دَأَبُ الصَّالِحِينَ قَبْلَكُمْ، وَإِنَّ قِيَامَ اللَّيْلِ قُرْبَةٌ إِلَى اللَّهِ، وَمَنْهَاةٌ عَنْ الإِثْمِ، وَتَكْفِيرٌ لِلسَّيِّئَاتِ، وَمَطْرَدَةٌ لِلدَّاءِ عَنِ الجَسَدِ

Artinya: "Hendaklah kita mengerjakan qiyamullail (sholat tahajud), karena hal menemani itu merupakan kebiasaan rakyat sholeh sebelum kalian. Qiyamullail (tahajud) menemani itu mendekatkan ourselves kepada Allah, prevalensi dari perbuatan dosa, menghapus kesalahan-kesalahan, serta mencegah penyakit dari tiubuh." (HR. Ahmad, Tirmidzi, Hakim).

Lihat lainnya: Sebutkan Ciri Ciri Pertumbuhan Dan Perkembangan Pada Tumbuhan

Setelah mengetahui keutamaan-keutamaan di atas, enim jangan terlupakan amalkan sholat tahajud dan bacaan niat sholat tahajud beserta artinya ya. Semoga bermanfaat, Sahabat Hikmah.

(rah/erd)
sholat tahajudsholat sunnahamalan sunnahsholat malamqiyamul lailmuharramkeutamaan sholathikmah