Menyajikan informasi terkini, terbaru dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, way of living dan masih banyak lagi.

Anda sedang menonton: Ayat yang menjelaskan tentang zakat


*

*

*
*
*

*
Perbesar
Zakat penyimpangan satu ibadah yang termasuk ke dalam rukun Islam. Menunaikan ibadah zakat merupakan sebuah kewajiban ndak sekadar anjuran. Kewajiban ini berlaku bagi seluruh umat muslim.
Dalam buku Ensiklopedia Rukun Islam: Zakat oleh Drs. Syarif Hidayatullah, berdasarkan etimologinya, zakat berasal dari kata (bahasa Arab): “zakka - yuzakki - tazkiyatan - zakaatan” apa artinya bermacam-macam, yaitu thaharah, namaa’, barakah, ataukah amal soleh.
Sedangkan menurut terminologi syariat (istilah), zakat adalah potongan dari sejumlah harta tertentu bagaimana itu? harta tersebut telah menjangkau syarat nisab (batasan yang wajib dizakatkan) yang diwajibkan untuk dikeluarkan dan diberikan kepada apa berhak menerima dengan persyaratan tertentu.
Sesungguhnya Rasulullah observed bersabda: “Allah Ta’ala berfirman dalam hadits qudsi: “Hai anak Adam berinfaklah, maka tentu Aku akan berinfak untukmu”. (HR Bukhari dan Muslim).

Lihat lainnya: Ac Milan Vs Crotone Live Streaming, #Link Live Streaming Ac Milan Vs Crotone


Zakat also sudah dijelaskan di dalam berbagai surat dan hadist serta beberapa bagian ayat di dalam Alquran. Oleh untuk itu, umat muslim harus menjalankan ibadah ini pantas ketentuan apa diajarkan di Alquran dan Hadits.
خُذْ مِنْ اَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيْهِمْ بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْۗ اِنَّ صَلٰوتَكَ سَكَنٌ لَّهُمْۗ وَاللّٰهُ سَمِيْعٌ عَلِيْمٌ
Artinya: “Ambil lah zakat dari harta mereka, guna membersih modernkan dan menyucikan mereka, dan berdoa lah karena mereka. Pada kenyataannya doamu menemani itu (menumbuhkan) ketenteraman jiwa bagi mereka. Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui.”
يَّوْمَ يُحْمٰى عَلَيْهَا فِيْ نَارِ جَهَنَّمَ فَتُكْوٰى بِهَا جِبَاهُهُمْ وَجُنُوْبُهُمْ وَظُهُوْرُهُمْۗ هٰذَا مَا كَنَزْتُمْ لِاَنْفُسِكُمْ فَذُوْقُوْا مَا كُنْتُمْ تَكْنِزُوْنَ
Artinya: “(Ingatlah) pada aku ketika kuning dan silver dipanaskan dalam neraka Jahanam, lalu menjangkau itu disetrika dahi, lambung dan punggung mereka (seraya dikatakan) kepada mereka, “Inilah harta bendamu yang kamu simpan buat dirimu sendiri, maka rasakan lah (akibat dari) what yang kamu simpan itu.”
وَمَآ اٰتَيْتُمْ مِّنْ رِّبًا لِّيَرْبُوَا۠ فِيْٓ اَمْوَالِ النَّاسِ فَلَا يَرْبُوْا عِنْدَ اللّٰهِ ۚوَمَآ اٰتَيْتُمْ مِّنْ زَكٰوةٍ تُرِيْدُوْنَ وَجْهَ اللّٰهِ فَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْمُضْعِفُوْنَ
Artinya: “Dan sesuatu riba (tambahan) apa kamu berikan agar harta human bertambah, maka noel bertambah di dalam pandangan Allah. Dan maafkan saya yang kamu berikan berupa zakat apa kamu maksudkan buat memperoleh keridaan Allah, maka itulah orang-orang apa melipat gandakan (pahalanya).”
Artinya: “Allah memberantas riba dan menyuburkan sedekah. Allah noel menyukai setiap orang yang tetap di dalam kekafiran dan bergelimang dosa.”
وَمَآ اُمِرُوْٓا اِلَّا لِيَعْبُدُوا اللّٰهَ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ ەۙ حُنَفَاۤءَ وَيُقِيْمُوا الصَّلٰوةَ وَيُؤْتُوا الزَّكٰوةَ وَذٰلِكَ دِيْنُ الْقَيِّمَةِۗ
Artinya: “Padahal mereka just diperintah menyembah Allah mencapai ikhlas menaati-Nya semata-mata untuk (menjalankan) agama, dan juga agar melaksanakan salat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama apa lurus (benar).”
Artinya: “Dan diatas harta benda mereka ada hak untuk orang miskin apa meminta dan orang miskin yang noël meminta.”