Salah satu surat apa sering dibacakan di dalam setiap sholat adalah suratnya Al-Falaq. Suratnya ini terdapat di ~ juz ke-30 atau sering disebut juz amma.

Surat ini merupakan surat makkiyah apa artinya diturunkan silam Nabi Muhammad witnessed hijrah setelah madinah.

Ia terdiri dari tahun ayat apa sangat sarat akan makna. Together dengan suratnya An-Nas, ia disebut such surat al-mu’awwidzatain.

Kedua suratnya tersebut disebuat al-mu’awwidzatain karena luaran kandungan yang berisi keterpurukan (ta’awidz).

Dalam Al-qur’an, surat ini terletak di ~ ayat nanti 113. Namun, bila berdasarkan pada urutan turunnya surat ini down pada urutan ke-20.

Asbabun Nuzul

Asbabun nuzul atau sebab-sebab turunnya surat ini terdapat di atas kitab Dalail An-Nubuwwah karayangan Imam Al-Baihaqi.


*
*
*
sumber: unsplash.com Keutamaan

Lalu, what saja keutamaan surat ini dibandingkan surat yang lain?

1. Kemudian Perlindungan

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa surat al-falaq merupakan surat apa masuk nanti dalam golongan surat al-mu’awwidzatain.

Yaitu surat yang didalamnya berisi perlindungan. Setiap yang membaca surat ini become Allah lindungi dari ragum makhluk.

Anda sedang menonton: Asbabun nuzul surat al falaq

Sebagaimana dalam hadist Nabi SAW,

“Wahai Ibnu Abbas, maukah kamu aku mendemonstrasikan –atau maukah kamu aku beritahu- sesuatu yang paling baik digunakan untuk berlindung?”

Ibnu abbas menjawab, “Iya wahai Rasulullah.” Beliapun bersabda: “Qul a’udzu birabbil falaq dan Qul a’udzu birabbin nas, dua suratnya ini.” (HR. One Nasa’i; shahih)

2. Sebagai Penyembuhan.

Surat Al-Falaq nyatanya tambahan bisa berfungsi seperti penyembuhan. Hal ini berdasarkan pada hadist Nabi SAW.

Dari Aisyah R.A bahwa: “Rasulullah apabila sakit, maka beliau menjadi membacakan karena dirinya sendiri al-mu’awwiddzaat (surat-surat perlindungan implisit al-Falaq) dan meniupkan diatas tubuhnya.

Namun juga sakit menemani itu payah sehingga membuatnya sulit Rasulullah, maka aku (Aisyah) yang membacakannya karena Rasulullah dan kuusapkan kebadan Beliau harapan keberkahan firman Allah itu.

3. Kemudian Dzikir Pagi dan Petang

Salah satu fungsional dari suratnya ini adalah ditujukan kemudian dzikir pagi dan petang. Kalau kamu biasa berdzikir pagi dan petang pasti kamu ini adalah mendapati surat ini.

Termasuk bagi kamu yang terbiasa membaca al-matsurat, nanti membaca surat al-ikhlas 3 kali maka kita membaca surat ini also sebanyak 3 kali.

Berdasarkan hadis dari ‘Abdullah bin Khubaib: “suatu ketika kita keluar di atas malam apa hujan dibawah sangat deras dan malam itu sangat gelap.

Kami disetujui mendatangi Rasulullah dan meminta beliau untuk shalat bersama kami. Kapan saya (Abdullah bin Khubaib) menemui Rasulullah, Beliau menyuruh saya: ‘bacalah!’, namun saya noel membaca apapun.

Lalu beliau menyuruh lagi ‘bacalah’. Dengan tegas saya noel membaca apa-apa. Sampai kepada perintah Rasulullah apa ketiga kalinya, saya lalu bertanya “apa yang harus saya harus baca ya Rasulullah?’

Rasulullah menjawab: ‘bacalah qul huwa Allah ahad (al-Ikhlas) dan al-mu’awwidzatain (al-Falaq dan al-Ikhlas ) pada times pagi dan petang tiga kali, buat sesungguhnya membaca itu telah mencukupkan untuk mu segala sesuatu.”

Kesimpulan

Surat al-falaq adalah surat apa tentunya kita setiap orang hafal. Surat ini meskipun berjumlah 5 ayat tapi pribadi kandungan apa luar biasa.

Lihat lainnya: Eform Bri.Co.Id/Bpum Pakai Ktp Online, Cek Nik Di Eform

Ini also cocok untuk kamu apabila ingin does ruqyah pribadi.

Jika kamu berminat dengan konten keislaman seperti, kamu bisa juga melihat tulisan lainbutuh diTopik Islam.Jika kamu lebih bagus konten video kamu bisa ~ mengunjungiChannel Youtube buycia2.com.