Jakarta, IDN times - Pada moon Oktober ini, mayoritas zona musim wilayah Indonesia diperkirakan become memasuki monsoon hujan. Peningkatan curah hujan seiring dengan awal musim hujan ini disertai dengan muka akumulasi curah hujan akibat La Nina yang berpotensi dulu pemicu bencana, sebagai banjir dan negara longsor.

Anda sedang menonton: Akibat dari el nino adalah

La Nina sendiri merupakan fenomena turunnya melunakkan permukaan laut di Samudera Pasifik, sehingga suhunya dulu lebih rendah. Bien historis demonstrasi bahwa La Nina dapat disebabkan terjadinya muka akumulasi jumlah curah hujan di Indonesia hingga 40 persen diatas normalnya.

Terdapat dua fenomena iklim di dunia, yakni El Nino dan La Nina. Keduanya merupakan bagian dari sistem iklim global apa terjadi ketika Samudera pasifik dan atmosfer di atasnya berubah dari keadaan netral were beberapa musim berbeda di setiap negara.

Lalu, maafkan saya beda El Ninodan La Ninadan dampaknya nanti Indonesia?


*
Petugas BMKG. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Nama El Nino dan La Nina berasal dari bahasa Spanyol. El Nino sendiri luaran arti kemudian “anak kecil” dan La Nina diartikan seperti “gadis kecil”. Meski pun keduanya merupakan fenomena iklim, namun El Nino dan La Nina memiliki perbedaan yang cukup kontras.

Dikutip dari laman bmkg.go.id, El Nino adalah pemanasan melunakkan permukaan laut di atas kapak normalnya apa terjadi di Samudera pasifik bagian tengah. Fenomena El Nino memicu terjadinya kapak kekeringan karena wilayah Indonesia secara umum.

Sedangkan La Nina berbeda, koknya suhu permukaan laut di Samudera Pasifik akan mengalami pendinginan pada bagian tengahnya. Tabrakan fenomena gasthof La Nina ialah curam curah hujan di kanton Indonesia secara umum.


*
Petugas BMKG stasiun kereta Meteorologi maritim Tanjung emas memantau ketinggian ombak di laut Jawa. Fariz Fardianto/IDN Times

Dikutip dari jagranjosh.com, El Nino memiliki suhu permukaan laut yang lebih hangat. Hal ini merupakan pemanasan Samudera pasifik antara Amerika Selatan dan garis penanggalan waktu Internasional.

El Nino berpusat secepatnya di mendayung khatulistiwa dan bergerak persimpangan beberapa tingkat garis lintang di kedua sisi khatulistiwa. Sementara itu, melunakkan permukaan laut La Nina justru various sebab La Nina memiliki suhu permukaan laut apa lebih cold dari biasanya. Fenomena ini biasanya terjadi di ekuator antara Amerika Selatan dan panas penanggalan waktu internasional.

Lihat lainnya: Sebutkan 3 Tujuan Diselenggarakan Konferensi Asia Afrika Di Bandung

Tekanan udara antara El Nino dan La Nina tambahan berbeda. El Nino memiliki tekanan permukaan udara yang tinggi di pacific Barat, sedangkan La Nina mengandung tekanan permukaan udara yang rendah di pacific Timur.